Usaha Makanan Yang Menguntungkan Dengan Pancake Durian

Usaha Makanan Yang Menguntungkan Dengan Pancake DurianMendengar nama pancake durian saja sudah bikin kita menelan ludah membayangkan kelezatannya, apalagi jika disulap menjadi usaha makanan yang menguntungkan, profitnya pasti juga bikin ngiler. Belakangan usaha makanan kecil memang sedang naik daun. Makanan kecil dengan beragam kreasi dan keberanian muncul di pasaran. Dan salah satu yang belakangan cukup banyak diminati di pasar adalah pancake durian.

Usaha makanan yang menguntungkan ini bisa kami katakan sebagai ide brilian. Pertama karena faktanya banyak orang memang memang menggilai buah dengan aroma dan rasa kuat ini. Kedua ide menghadirkan durian pasta dalam bungkusan pancake tipis aneka warna dilengkapi pula dengan aneka rasa akan memberi alternatif lain bagi penggila durian dalam menikmati buah tropis ini dengan cara yang modern dan unik.

Terbukti meski kini usaha ini sudah menjamur dan banyak diduplikasi oleh pelaku usaha makanan di berbagai kota di Indonesia, tidak lantas bisnis ini kehabisan peluang. Terbukti dengan kisah sukses salah satu pelaku usaha makanan yang menguntungkan satu ini.

Adalah Ussy yang bernama asli Rossita Nadya, seorang wanita usia matang yang sebelumnya sudah menjalankan kariernya di salah satu perusahaan televisi swasta di Indonesia. Satu kesempatan ketik beliau ditugaskan untuk kunjungan kerja di kota Medan mempertemukannya dengan salah satu camilan khas dari kota ini di tahun 2011. Kala itu pancake durian memang belum banyak dikenal luas seperti sekarang kecuali di kawasan Medan.

Baca juga: Usaha Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan Dalam Bidang Kuliner

Meski mengaku bukan penggila durian, rasa unik dari pancake durian sukses memikatnya. Dan berbekal kegemarannya dalam berkutat di dapur, ketertarikannya akan pancake durian di Medan mendorongnya membuat sendiri sajian ini di rumah dan menjadikannya sebuah usaha makanan yang menguntungkan.

Merasa berhasil dengan uji cobanya, Ussy mulai mencoba menjual dan menawarkan pancake durian buatannya ini ke rekan-rekan kerjanya di kantor dan di kantor sang suami. Ussy juga tidak ragu untuk melemparkan penawaran ke tetangga dan kerabat terdekatnya. Modal awalnya padahal sangat mepet, hanya 300 ribu saja.

Idenya sebenarnya memang hanya sekedar iseng namun ternyata dari satu pelanggan yang puas dengan cepat menyebarkan pancake durian Ussy ini ke rekan-rekannya. Efek ketok tular manual ini rupanya sangat efektif. Ditambah dengan proyek pemasarannya melalui media sosial dalam beberapa bulan saja, pancake durian yang harus diproduksinya bisa bertambah dari 2000 buah menjadi 5000 buah.

Dalam 5 bulan Ussy mengaku bisa mencapai omset sekutar 60 jutaan tiap bulan. Dan kini setelah usahanya berjalan selama beberapa tahun, usahanya tetap berkembang sampai mencapai omset 200 jutaan tiap bulan. Menurutnya dengan harga jual sekitar 10 ribu sampai 12 ribu, Ussy bisa menghasilkan margin sekitar 27%.

Itu sebabnya dengan beralasan potensi usahanya yang makin membesar, Ussy memilih untuk kelua dari pekerjaan tetapnya. Pesanan yang terus meningkat memaksanya untuk berkonsentrasi lebih baik pada usaha makanan yang dia kelola ini.

Demi meluaskan usahanya, Ussy kemudian bereksperimen untuk menghasilkan pancake durian dengan aneka rasa. Sekarang setidaknya telah ada 12 rasa yang terdiri dari rasa original, durian choco, durian strawberry, durian blueberry, durian tiramisu, surian sunkist, durian melon, durian minty, choco cheese, choco almond, tiramisu choco chip, choco melt chip.

Penambahan varian rasa merupakan upayanya untuk bertahan ditengah gempuran persaingan yang harus dihadapinya. Dalam satu tahun usahanya berjalan, mulai banyak pelaku usaha serupa yang memproduksi pancake durian di pasaran, bahkan dengan berani membanting harga. Bagi Ussy menurunkan harga justru tidak akan memberinya hasil optimal dalam menghadapi persaingan. Karenanya Ussy malah memilih menambah varian rasa.

Pasalnya, pasar dari pancake durian Ussy adalah kalangan karyawan kelas menengah yang tidak sayang dengan harga asal mereka bisa mendapatkan kualitas terbaik dari produk yang mereka nikmati. Dengan menjual lebih rendah, artinya Ussy harus memotong biaya produksi yang artinya juga bisa mengurangi kualitas produk. Itu jelas bukan kebijakan yang tepat untuk pasar yang dimiliki oleh Ussy.

Ussy malah memilih cara lain untuk meningkatkan pendapatan usaha makanan yang menguntungkan, yakni dengan memperluas pasar melalui sistem keagenan. Tidak sedikit agen yang kini sudah bekerja sama dengannya, dan cabang yang dimilikinya sudah mencapai ke berbagai kota di luar Jakarta termasuk Bogor, Bandung, Karawang hingga Sorong dan Palembang.

Kini Ussy masih harus memperjuangkan bisnis makanannya ini, supaya tidak lekang dimakan jaman. Ketika bisnis serupa mulai meredup dan menutup dapur mereka, Ussy masih mengibarkan bendera Celebrity Pancake Durian miliknya dan mulai memiliki beberapa outlet di berbagai mall dan pusat perbelanjaan. Dan masih ada banyak upaya lain yang akan dikembangkan Ussy untuk mempertahankan usaha makanan yang menguntungkan ini.

sumber gambar: fullandstarving.wordpress.com

Artikel Bisnis Pilihan

Usaha Makanan Yang Menguntungkan Dengan Pancake Durian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Usaha Makanan Yang Menguntungkan Dengan Pancake Durian