Potensi Besar Bisnis Ayam Petelur

bisnis ayam petelur potensi besar menguntungkan di desaTelur termasuk dari jenis makanan pokok yang paling dicari. Permintaan telur dari tahun ke tahun selalu menunjukan nilai yang tinggi bahkan meninggalkan permintaan terhadap daging ayam itu sendiri. Dan itu pula sebabnya, bisnis ayam petelur bisa menjadi pilihan peluang usaha yang sangat potensial. Dan merupakan salah satu contoh usaha yang menguntungkan di desa.

Bisnis ayam petelur akan menjadi pemasok dari berbagai permintaan yang berkembang di pasar. Karena telur ayam tidak hanya dikonsumsi oleh rumah tangga. Berbagai usaha industri kuliner dan bisnis makanan membutuhkan telur sebagai salah satu bahan baku. Mulai dari bisnis warung makan sampai skala restoran. Juga oleh bisnis kue kering dan bakery baik dari skala rumahan sampai skala besar seperti kelas hotel, catering, penerbangan dan pelayaran.

Inilah yang memicu permintaan terhadap telur ayam memiliki nilai yang berkali lipat dari permintaan daging ayam itu sendiri. Dan membuatnya memiliki potensi besar. Bahkan bisa berkembang sampai omset puluhan atau ratusan juta.

Salah satu contohnya adalah seorang pemuda beruia 22 tahun asal Tuban bernama Asrori. Pria muda ini sudah mencicipi sukses di usianya yang belia dengan bisnis telur petelurnya. Kini dalam satu bulan tak kurang dari 60 juta sukses dicetaknya sebagai omset usaha.

Setiap ayam petelur bisa menghasilkan telur setidaknya rata-rata 2 – 4 buah perharinya. Tingginya produktvitas ayam petelur dalam menghasilkan telur membuat tidak sulit mendapatkan stok yang mampu memenuhi permintaan yang tinggi.

Dengan membudidayakan sekitar 1000 ekor ayam petelur, Asrori dapat menghasilkan tak kurang dari 4000 butir telur tiap harinya, bahkan lebih. Angka ini sama dengan kisaran 230 kg  telur ayam dengan harga pasaran sekitar Rp 18 ribu perkilo. Tak heran kalau omset yang dicetak Asrori demikian menggiurkan.

Menurut Asrori rahasia utama dalam menjalankan bisnis ayam petelur adalah pakan yang tepat. Bila ayam mendapat pakan yang tepat, produksi telur akan baik dan tinggi. Kualitas telur baik dan memiliki nilai jual tinggi. Karenanya tak kurang dari 900 ribu biaya yang harus Asrori keluarkan untuk pemberian pakan ayam tiap harinya. Ditambah biaya 100 ribu untuk pengeluaran lain-lain seperti obat, desinfektan dan beberapa jenis vitamin khusus.

Asrori juga sempat berbagi tips dalam pemberian pakan dan vitamin. Menurut Asrori, pakan terbaik untuk bisnis ayam petelur adalah hasil campuran dedak, bekatul, jagung yang ditepung kasar dan sayuran yang ditepung.  Pakan diberikan tiap 3 kali sehari dengan minum juga 3 kali sehari.

Untuk menambah kualitas telur, ayam mendapatkan asupan protein berupa bekicot yang dihaluskan dan dicampur dedak untuk mengurangi efek lendir. Asupan lain dengan menambahkan cacing darah pada menu makanan ayam petelur setidaknya 1 -2 kali dalam 1 minggu.  Asupan protein akan membantu produksi telur menjadi lebih aktif dan meningkatkan kualitas telur yang dihasilkan. Protein juga membantu ayam petelur tetap fit dan tidak mudah lemas.

Selai tips dalam pemberian pakan, Asrori juga berbagi tips dalam menjual produksi telurnya. Demi bisa mendapatkan permintaan tinggi dan memastikan produksi telurnya bisa terpasok sempurna ke pasar, Asrori juga sempat melakukan penawaran ke berbagai pembuat kue rumahan dan bakery professional di sekitar kota.

Kini lebih dari 1/3 stok telur tiap harinya diarahkan untuk memenuhi permintaan dari kalangan pelaku industri kue. Selebihnya atau sekitar 2/3 dari seluruh stok ayam hariannya dilempar ke pasar konsumsi. Beliau memasok setidaknya 4 pasar di kawasan Tuban dan sekitarnya yang dilakukan dengan bergiliran.

Demi bisa mendapatkan hasil penjualan yang tinggi, Asrori sengaja menyediakan sendiri pick up pengangkut telur untuk melakukan pengiriman ke berbagai pasar dan industri kue di kota Tuban dan sekitarnya. Cara ini membantunya menghemat biaya pengiriman. Asrori juga melakukan sendiri pengemasan telur pada kotak .

Semua proses usahanya beliau jalankan dengan memanfaatkan beberapa tenaga kerja dari warga sekitar peternakan. Cara ini membuat usaha peternakaannya juga membantu meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. Karena banya karyawan yang bekerja pada usaha ternaknya.

Inilah kisah sukses seorang belia dalam menjalankan bisnis ayam petelur, sukses dengan hasil 60 juta dan sukses pula mengentaskan warga desa di sekita lokasi usahanya.

sumber gambar: antaranews.com

Artikel Bisnis Pilihan

Potensi Besar Bisnis Ayam Petelur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Potensi Besar Bisnis Ayam Petelur