Peluang Usaha Rumahan Di Desa, Usaha Penggilingan Padi

Peluang Usaha Rumahan Di Desa Dengan Usaha Penggilingan PadiBisnis dalam bidang pertanian dan agro selalu memiliki potensi besar bila Anda kembangkan di pedesaan. Tak hanya seputar urusan usaha bercocok tanam atau peternakan, tetapi juga usaha yang berkaitan dengan penyediaan sarana usaha pertanian. Dan salah satunya juga bisa menjadi satu contoh menggiurkan peluang usaha rumahan di desa.

Bila desa Anda adalah penghasil padi, maka peluang usaha rumahan di desa satu ini bisa menjadi pilihan Anda. Usaha jasa penggilingan padi. Bisnis satu ini memiliki keunggulan dalam banyak sisi sehingga memberi Anda alasan kuat untuk tertarik menjalankannya.

Usaha ini tidak memakan modal yang terlalu berat, Padahal bisa menjanjikan Anda hasil dengan  beberapa sumber ganda dari satu usaha ini. Jangan kaget kalau Anda menemukan pelaku usaha jasa penggilingan padi di pedesaan bisa  menggantungkan hidup dari usahanya dan sudah bisa menghidupi satu keluarga.

Salah satu pemilik usaha penggilingan padi dari daerah Kebumen bernama bapak Fais adalah satu contoh sukses dari keberhasilannya membuka peluang usaha rumahan di desa dengan hanya mengandalkan sebuah usaha penggilingan padi. Beliau membukanya cukup dengan membangun sebuah bangunan penggilingan tepat di pekarangan depan rumahnya sendiri.

Baca juga: Contoh Dan Jenis Usaha Yang Cocok Di Pedesaan

Bapak Fais memulai usaha penggilingan padinya sekitar 3 tahun lalu. Usaha ini awalnya milik sang ayah namun menurunkannya pada bapak Fais ketika akhirnya meninggal dunia. Ayah bapak Fais hanya bermodal 50 juta yang diperolehnya dari hasil penjualan kayu jati miliknya di kebun. Namun belum sempat beliau menikmati hasil usaha barunya, sang ayah keburu dipanggil sang khalik sehingga akhirnya roda usaha diteruskan oleh sang anak.

Kala itu, dana 50 juta di alokasikan menjadi mesin giling senilai 32 juta dan bangunan bedeng tepat di pekarangan depan rumah dari sisa modal. Kebetulan, selama ini di desa tempat mereka tinggal belum ada satupun pelaku usaha jasa giling padi. Selama ini kebanyakan petani di desa hanya menunggu jasa giling padi keliling yang datang tidak tentu. Hal ini merupakan peluang usaha rumahan di desa yang bisa dimanfaatkan.

Inilah yang menyebabkan sambutan warga desa dengan berdirinya usaha ini cukup baik. Dalam bulan-bulan awal saja, Bapak Fais sudah sukses mereguk hasil 2 jutaan tiap bulan. Bahkan terus menanjak hingga setidaknya 3 – 5 juta tiap bulan.  Ini berasal dari jasa penggilingan padi dengan tarif Rp 700 perkilo gabah basah.

Sebagaimana kami sampaikan usaha penggilingan padi tidak hanya mengandalkan penyediaan jasa giling saja. Pendapatan mereka juga bisa diperoleh dari penjualan gabah kosong dan dedak yang biasa dimanfaatkan sebagai bahan pupuk alami dan pakan ternak.  Dari kedua bahan tadi, bapak Fais bisa menjual sampai 2 jutaan perbulan.

Bapak Fais menyadari usahanya tidak akan berkembang bila dibiarkan tanpa perkembangan. Karenanya demi mengembangkan usaha, Bapak Fais juga membeli satu lagi alat giling padi jenis selep, jenis satu ini lebih kecil dengan kapasitas lebih sedikit. Tetapi disertai roda dan mesin motor sehingga bisa menjadi jasa giling padi keliling. Ukurannya lebih kecil dan kompak jadi lebih mudah memasuki gank-gank kecil dan masuk ke kawasan pelosok desa.

Baca juga: Usaha Rumahan Modal Kecil Menguntungkan Dengan Susu Kefir

Dengan alat selep ini, Bapak Fais bisa mencapai kosumen yang berada jauh dari lokasi rumahnya berada. Operasional usahanya dijalankan oleh sang adik dengan sistem bagi hasil. Setidaknya Bapak Fais tetap pada prinsipnya menjalankan usaha tanpa keluar dari rumah.

Untuk sebuah alat selep ini Bapak Fais mengeluarkan uang  sebesar 18 juta namun dalam 1 bulan beliau bisa membukukan keuntungan bersih tak kurang dari 1,5 juta. Bukan investasi yang kecil bukan? Dan faktanya peluang usaha rumahan di desa dengan jasa giling padi miliknya justru semakin berkembang

Siapa yang menyangka sebuah peluang usaha rumahan di desa dengan bermodal kisaran 60 – 70 jutaan bisa menghasilkan keuntungan setidaknya 8 jutaan tiap bulan, Beliau bahkan juga sudah memiliki 4 orang tenaga karyawan yang diambilnya dari keluarganya sendiri untuk membantunya menjalankan usaha giling padi miliknya. Apakah Anda juga tertarik menjalankan usaha penggilingan padi ini di rumah Anda?

sumber gambar: tokoberasalvi.wordpress.com

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Rumahan Di Desa, Usaha Penggilingan Padi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Rumahan Di Desa, Usaha Penggilingan Padi