Cara Usaha Sendiri Dengan Bisnis Penyalur Pembantu Rumah Tangga

Cara Usaha Sendiri Dengan Bisnis Penyalur Pembantu Rumah TanggaSahabat PoBis, kali ini kita akan belajar cara usaha sendiri dari mantan TKW yang membuka usaha penyalur pembantu rumah tangga. Di zaman modern seperti sekarang, kebanyakan orang terpaksa menyerahkan urusan pekerjaan rumah tangga pada asisten rumah tangga yang kemudian lebih akrab kita sebut dengan pembantu. Tuntutan ekonomi dan gaya hidup membuat kebanyakan masyarakat modern tak lagi sempat untuk mengerjakan sendiri pekerjaan rumah tangga ditengah kesibukan mereka dalam menjalankan karier.

Adalah Maezaroh yang kemudian melihat fakta ini sebagai sebuah peluang usaha yang menarik. Dengan modal nol soal pengetahuan mengenai cara usaha sendiri, tak membuat wanita berusia 38 tahun ini mengurungkan niatnya memulai usaha sepulangnya merantau sebagai TKW di Arab Saudi selama 10 tahun.

Maezaroh justru menjadikan pengalamannya sebagai pembantu rumah tangga di keluarga kerajaan Arab Saudi itu sebagai modal awal cara usaha sendiri versinya sendiri. Beruntung merantau sepuluh tahun berhasil membuatnya memiliki cukup tabungan untuk memulai usaha sendiri.

Beruntung Meazaroh berasal dari daerah Banyumas yang memang dikenal sebagai salah satu sumber tenaga kerja TKW dan pembantu di kota-kota besar. Jadi soal perekruitan jelas bukan masalah bagi Maezaroh. Malah banyak wanita dari kampungnya yang tertarik menjadi pembantu ketimbang sebagai TKW bila memang ada jaminan ekonomi yang cukup layak.

Jangan ketinggalan baca ini: Cara Membuat Usaha Sendiri Sengan Emping Sutra

Bagaimanapun kebanyakan orang memiliki keraguan untuk merantau jauh sampai ke negeri orang meski dengan iming-iming hasil yang menggiurkan. Apalagi banyak pula kasus penyiksaan TKW yang kerap mengancam para TKW ini.

Cara usaha sendiri dalam bisnis penyaluran pembantu versi Maezaroh cukup menarik. Karena beliau memilih penyaluran tenaga kerja yang direkruitnya dengan penawaran via internet. Wanita ini memang sudah terbiasa melek internet sejak merantau jauh ke Arab Saudi.

Wanita ini memulai usahanya ini dengan merekruit 5 orang tenaga kerja wanita usia 18 tahun, melatih mereka selama 2 bulan secara intensif supaya layak dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga. Tak tanggung-tanggung, Maezaroh melatih mereka dasar-dasar merawat anak dan manula, memasak dan urusan standar perawatan rumah.

Di awal usaha, Maezaroh sengaja menjalankan usahanya sendiri demi menghemat biaya. Setelah ke lima tenaga kerja tadi dirasa sudah cukup siap, wanita ini mulai menawarkannya via media jual beli online. Meski di awal tak mudah menembus pasar dengan cara ini, namun dengan kesabaran rupanya akhirnya ke lima tenaga kerja pertamanya ini sukses “laku” di pasaran.

Kiat utamanya yang menjadi cara jitu Maezaroh memikat pasar adalah dengan mengantarkan sendiri setiap tenaga kerja yang dia tawarkan langsung kepada konsumennya. Cara usaha sendiri yang dilakukan Maezaroh memang terbilang sederhana. Diakuinya kebanyakan konsumen ragu dengan layanannya karena tingginya kasus penipuan dan penculikan serta pencurian yang dilakukan oleh tenaga kerja pembantu macam ini di kota besar.

Untuk itu penting untuk Maezaroh membangun kepercayaan konsumen dengan menyediakan hot line yang siap dihubungi 24 jam, termasuk pula layanan antar tenaga kerja langsung kepada majikan mereka. Cara ini akan menguatkan konsumen akan itikad baik dari Maezaroh selaku pengelola usaha untuk memberikan layanan terbaiknya terhadap konsumen.

Ide inilah yang kemudian mengembangkan usahanya hingga kini menjadi cukup besar. Setelah berjalan 5 tahun Maezaroh kini bisa menyalurkan tenaga kerja sampai 5 orang bahkan 15 orang dalam satu bulan. Kadang di bulan tertentu permintaan bisa sangat besar sampai terpaksa membuat Maezaroh menolak permintaan.

Untuk satu orang tenaga kerja, Maezaroh memasang tarif 400 ribu  untuk penyaluran. Sedang bagi tenaga kerja beliau mengenakan tarif 100 ribu selama 6 bulan. Ini artinya dalam satu bulan Maezaroh bisa menghasilkan omset antara 7 sampai 10 juta tiap bulan. Sedang untuk bayaran tenaga kerja, Maezaroh memasang tarif bayaran antara 1, 3 juta sampai 2 juta tiap bulan tergantung pekerjaan dan pengalaman tenaga kerja.

Biasanya untuk jaminan, Maezaroh sengaja menahan ijazah supaya tenaga kerja yang disalurkan tidak melakukan tindakan menyimpang yang akan merugikan sang majikan dan merusak nama baik usaha Maezaroh.

Kini dengan tingginya permintaan yang harus dilayani Maezaroh, wanita berusia 38 tahun ini merekruit beberapa bekas tenaga kerja lamanya yang kini sudah kembali pulang ke kampung karena alasan berumah tangga. Mereka dipekerjakannya sebagai pelatih dan untuk urusan mengantar tenaga kerja.

Sebuah cara usaha sendiri yang mungkin tak banyak dilirik orang namun rupanya bisa menhasilkan keuntungan yang tidak kecil. Menurut pengalaman yang dikisahkan Maezaroh, cara usaha sendiri yang paling jitu adalah dengan menemukan kemampuan diri dan menjadikannya sebagai modal utama dalam memulai sebuah usaha.

sumber gambar: hiltonheadmonthly.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Usaha Sendiri Dengan Bisnis Penyalur Pembantu Rumah Tangga

6 COMMENTS

  1. Bisa di jelakan lebih detil prihal penyaluran tenaga krja..
    Contoh , sperti mematok jasa antar tenaga kerja nya yg baik dan sopan sperti apa ??

  2. jika anda mau bangun rumah baru atau mau merenovasi rumah hubungi saya winarno, menerima borongan atau harian hp : 081280069642/083820451220/ whatsApp : 085846147419/087847458310

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Usaha Sendiri Dengan Bisnis Penyalur Pembantu Rumah Tangga