Bisnis Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil, Produksi Case Ponsel

Bisnis Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil Dengan Produksi Case PonselBerikut ini salah satu contoh bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil dengan produksi case ponsel. Ide usaha kadang bisa muncul dari hal-hal kecil yang muncul dari sekitar Anda. Anda hanya perlu melihat celah dari setiap situasi dan kesempatan akan muncul dengan sendirinya. Kelihatannya klise, tetapi itulah fakta yang kerap muncul di lapangan. Sebagaimana kisah sukses seorang pemuda dengan bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil ini

Kisah sukses ini diawali hanya dari sebuah ide sederhana. Seorang pria muda bernama Aswin yang memiliki profesi sebagai merchandiser di sebuah departemen store di kota Yogyakarta. Kala itu sang adik yang masih terhitung ABG berkeinginan untuk memiliki sebuah wadah ponsel atau case ponsel dengan gambar wajah idolanya. Sepertinya ini memang sedang menjadi trend di kalangan anak muda, termasuk sang adik.

Demi memenuhi keinginan sang adik yang kebetulan sedang berulang tahun, Aswin kemudian mencoba mencari informasi via internet untuk mengetahui cara-cara membuat case ponsel bergambar idola. Dan akhirnya pria berusia 28 tahun ini menemukan cara mencetak custom pada kulit imitasi jenis bahan Oscar, termasuk lokasi di mana dia bisa memesan khusus cetakan custom semacam ini di kota Yogya.

Kemudian Aswin secara khusus berburu gambar kualitas poster di Google Image dan mencetaknya secara custom. hasil cetak custom tadi dijahitnya sendiri menjadi wadah ponsel berbentuk hardcase yang mungil berlapis kulit imitasi untuk kemudian menjadikannya hadiah ulang tahun khusus untuk sang adik. Kebetulan sekali Aswin memang sudah memiliki 1 unit mesin jahit mesin tinggalan masa kuliahnya dulu.

Baca juga: Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan

Rupanya dompet unik buatan Aswin menarik minat teman-teman sekolah sang adik dan membuat adiknya mendapatkan banyak pertanyaan seputar dompet ponsel barunya. Menyadari mendapat tanggapan positif, Aswin kemudian mengajak sang adik kerjasama untuk menjadikan usaha case ponsel ini sebagai ide bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil.

Setiap pesanan bebas menentukan desain dan corak dari cetak kulit yang ingin mereka miliki. Dan pesanan baru akan digarap setelah mendapat 15 pesanan, demi bisa menekan biaya cetak, mengingat Aswin masih menyerahkan urusan percetakan kulit pada pihak ketiga.

Pesanan yang masuk malah di luar estimasi awal, pesanan pertama yang masuk malah mencapai 50 buah dan ini membuat Aswin untung lebih karena mendapatkan potongan harga dari pihak percetakan. Pesanan juga sangat beragam, mulai dari corak gambar idola, pemandangan, hewan, manga sampai bunga vintage.

Setiap case ponsel dihargai antara 40 ribu sampai 100 ribu tergantung ukuran ponsel. Aswin juga melayani pesanan case untuk tablet, netbook dan notebook. Beruntung Aswin adalah lulusan dari akademi desain fashion di kota Yogyakarta. Latar belakang pendidikannya ini memberinya cukup bekal dalam memproduksi case. Bahkan Aswin mengaku modal usahanya tak lebih dari 2,5 juta di awal usahanya dan itupun dengan segera bisa kembali balik modal ketika barang jadi.

Biasanya untuk membuat case tetap kaku, Aswin menggunakan bahan fiberglass khusus yang cukup tebal yang dibungkus dengan sejenis busa tipis, baru kemudian dibungkus kembali dengan bahan kulit imitasi. Busa tipis ini akan membantu memberi efek redam bila ponsel terjatuh bersama dengan casenya.

Tak sulit bagi Aswin untuk mengembangkan usahanya. Karena diakuinya di masa serba digital, semua orang memang menggenggam ponsel dan lebih dari setengahnya adalah pengguna smartphone yang merupakan kebanyakan konsumen dari case ponselnya.

Terbukti kini Aswin  dapat meluaskan bisnisnya dengan cepat. Dalam hitungan 2 tahun saja, Aswin mengaku dalam satu bulan bisa menggarap pesanan antara 200 – 300 case aneka ukuran dan seluruhnya custom. Ini artinya kini dalam satu bulan Aswin menerima omset lebih dari 15 juta dari bisnis yang menguntungkan dengan modal kecil yang dirintisnya.

Dulu di awal usahanya, margin yang bisa diperolehnya hanya sekitar 20% saja, namun setelah berhasil mendapatkan pinjaman dari pihak bank dan membeli mesin cetak seharga 45 juta, kini Aswin sudah bisa menekan biaya produksi dan meningkatkan margin keuntungan hingga 40%.

Baca juga: Cara Berbisnis Dengan Modal Kecil Dan Praktis

Aswin sendiri tidak membuka gerai resmi demi menekan biaya operasional. Apalagi Aswin belum memiliki cukup waktu untuk mengoperasikan sebuah gerai atau toko. Ruang produksinya saja masih dia tempatkan di salah satu ruang di rumah pribadinya dengan 3 orang tenaga kerja. Aswin sendiri masih belum meninggalkan pekerjaan lamanya di Departemen Store.

Meski tanpa gerai usaha Aswin tetap menunjukkan hasil gemilang. Untuk konsep pemasaran, Aswin hanya menjalin kerjasama dengan beberapa penjualan ponsel di kota Yogyakarta juga cara lama dengan metode keagenan pada anak-anak SMA dan kuliah. Meski usahanya hanya mengandalkan pemasaran semacam ini, terbukti Aswin tetap sukses dengan bisnis yang menguntungkan dengan modal kecilnya ini.

sumber gambar: alibaba.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bisnis Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil, Produksi Case Ponsel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bisnis Yang Menguntungkan Dengan Modal Kecil, Produksi Case Ponsel