Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan Dengan Modal Sabun Mandi

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan Dengan Bunga SabunSabun mandi bukan hanya berguna untuk membersihkan badan. Di tangan orang kreatif, sabun mandi bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Letti Haryati berhasil mengembangkan bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan dengan modal sabun mandi.

Awalnya hanya iseng membuat bunga dari sabun mandi untuk mengisi waktu luang. Ternyata buah isengnya itu bisa memberi pemasukan tambahan bagi keluarganya. Meski pernah gagal menjalankan usaha konveksi dan usaha bakso, namun Letti tidak pernah menyerah. Dan sekarang bisa menjual 100 bunga sabun setiap bulan.

Awalnya Letti berusaha mencari kegiatan yang bisa dikerjakan di rumah sambil mengurus anak-anaknya. Ia mulai iseng-iseng menemukan sulam pita dan sabun bunga. Namun karena proses pembuatan sulam pita tergolong rumit. Kemudian dia lebih memilih untuk fokus berkreasi dengan bunga sabun.

Dibutuhkan waktu sekitar 1 bulan bagi Letti untuk bisa benar-benar mahir dalam membuat sabun menjadi kreasi bunga cantik untuk dijadikan hiasan rumah. Setelah jadi, Letti menaruh hasil kreasinya di ruang tamu. Dan tidak disangka, ternyata banyak yang menyukainya, dan mulai memesan.

Melihat peluang tersebut, sejak 2015 Letti mulai mengembangkan bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan dengan memasarkan produk bunga sabun buatannya ke masyarakat. Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak, hanya ratusan ribu rupiah saja yang digunakan untuk memebeli bahan baku sabun dan pot bunga.

Letti Haryati mengembangkan bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan dengan modal KREATIFITAS.

Dibandingkan dengan bunga buatan berbahan kertas, lilin, atau bahan lain. Bunga sabun kreasi Letti memiliki keunggulan, mungkin karena keunggulan itulah bunga sabun banyak disukai. Bukan hanya kecantikannya yang menghias ruangan, bunga sabun ini juga mengeluarkan aroma wangi yang bisa mengharumkan ruangan.Keharuman tersebut muncul dari berbagai jenis wangi buah maupun bunga yang dihasilkan dari bahan baku sabun yang digunakan.

Keunggulan lain dari bunga sabun adalah keawetannya. Semakin lama bunga sabun akan semakin mengeras. Sehingga tampilannya akan terus cantik dalam waktu yang lama. Keharuman bunga sabun bisa bertahan hingga beberapa bulan. Sedangkan bentuk bunga sabun bisa tahan hingga beberapa tahun.

Pajangan bunga sabun buatan Letti sangat beraneka ragam. Mulai dari bunga mawar, melati, dan berbagai jenis bunga lainnya yang bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen. Bukan hanya dari bentuk bunganya saja yang bisa disesuaikan. Pemilihan warna, keharuman dan juga jenis pot yang digunakan juga bisa menyesuaikan keinginan konsumen.

Soal harga, bunga sabun ini dibanderol dengan harga beragam, mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 300 ribu. Harga jual tersebut tergantung pada ukuran dan tingkat kerumitan dalam pembuatannya. Dalam satu hari ibu rumah tangga ini bisa menghasilkan 1-3 bunga cantik.

Kendala Bisnis Bunga Sabun

Selama beberapa bulan menjalankan usaha, ada dua kendala utama yang dihadapi Letti, yaitu: kendala pengiriman dan kendala tenaga kerja.

Kondisi bunga sabun yang mudah rusak ketika baru selesai dibuat, membuat Letti harus ekstra hati-hati dalam mengemas produk yang akan dikirim ke konsumen. Salah perlakuan dalam mengemas barang akan berakibat fatal, produk bisa rusak dalam pengiriman.

Bukan hanya itu, semakin banyaknya pesanan yang datang, mengharuskan Letti mencari karyawan yang dapat membantunya memproduksi bunga sabun. Namun mencari karyawan ini bukanlah hal yang gampang. Karena dibutuhkan ketrampilan dan kreatifitas untuk dapat membuat bunga sabun yang cantik. Karyawan akan langsung dilatih oleh Tetti hingga bisa menghasilkan bunga sabun yang cantik, tak jarang proses pelatihan ini membutuhkan waktu yang lama.

Pemasaran Bunga Sabun

Bunga sabun buah dari bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan ini memang tidak dipasarkan secara khusus. Karena memang usaha ini masih dikerjakan sendiri sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga. Pemasarannya terutama dengan menawarkannya pada orang terdekat. Dan menggunakan berbagai media sosial, seperti Facebook, Instagram, Blackberry Messenger, dan media sosial lainnya.

Berbagai cara pemasaran tersebut diatas dianggap cukup efektif. Hal ini tentu saja juga ditunjang oleh keunggulan produk, yang cantik dan harum. Sehingga sangat cocok digunakan untuk pajangan rumah dan sebagai souvenir yang unik.

Karena itu tak heran, meski baru menginjak 4 bulan usia usaha ini sudah bisa menjual 100 bunga per bulan. Dengan beragam tingkat harga yang disebutkan di atas, maka omset yang diperoleh Letti dengan kreasi bunga sabun mencapai sekitar Rp 15 juta per bulan. Karena itu usaha ini saya kategorikan dalam bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan. Karena bisa dikerjakan secara sambilan sebagai ibu rumah tangga, dengan modal ratusan ribu bisa mendatangkan omset Rp 15 juta. Menguntungkan bukan?!

sumber gambar: stylepinner.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan Dengan Modal Sabun Mandi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menguntungkan Dengan Modal Sabun Mandi