Bisnis Es Bubble Drink Trend Dalam Bisnis Minuman Dingin

Bisnis Es Bubble Drink Trend Dalam Bisnis Minuman DinginBisnis es bubble drink beberapa tahun belakangan ini menjadi trend dalam bisnis minuman dingin di Indonesia. Salah satu produsen powder bubble adalah Magic Bubble Drink. Awalnya pada Februari 2014, Indra Sofyan mendapat tawaran untuk mengisi segala macam produk bubble, seperti gelas cup, dan pernak pernik bubble lainnya.

Melihat tingginya permintaan, Indra Sofyan menangkap peluang emas dalam bisnis es bubble ini, maka ia mulai memproduksi powder bubble secara mandiri dengan modal awal Rp 50 juta yang diambil dari tabungan pribadi dan pinjaman orang tua. Untuk bisnis manufaktur semacam powder bubble, modal Rp 50 juta tergolong minim, namun Indra mengakalinya dengan menciptakan inovasi produk.

Artikel lain yang mungkin menarik untuk Anda baca dengan tema Bisnis Makanan Yang Menjanjikan Dengan Konsep Ready To Cook.

Berbekal optimisme, bisnis powder bubble yang awalnya hanya memanfaatkan salah satu ruang di rumahnya, kini menempati sebuah ruko dua lantai di bilangan Cisauk Serpong Tangerang Selatan. Lantai atas digunakan sebagai produksi sablon kemasan cup minuman bubble, sedang lantai bawah digunakan sebagi ruang produksi powder bubble.

Cara membuat bubble powder dibutuhkan kemampuan khusus. Indra berani menjamin kualitas produknya, sebab semua bahan baku yang digunakan sudah bersertifikat GMP Good Manufactory, COE, dan telah memiliki ISO. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir lagi dengan produk Magic Bubble Drink.

Selama dua tahun menekuni bisnis es bubble drink, Indra telah melahirkan setidaknya 35 varian rasa, diantaranya: chappuccino, coklat, strawbery, vanila, blueberry, anggur, green tea, hazelnut, cokelat nutela, tiramisu, dan lain-lain. Dari semua varian rasa, minuman bubble yang paling banyak digemari konsumen adalah cokelat dan green tea.

Keahlian Indra dalam meracik dan membuat bubble drink diperolehnya dari pengalaman saat masih kuliah di IPB jurusan Sosial Ekonomi. Terkadang Indra dibantu dan diberi masukan oleh temannya lulusan Teknologi Pangan yang juga jebolan IPB.

Kelebihan powder bubble milik Indra ketimbang pesaing terdapat pada isi produk yang tidak dicampur gula, sehingga terasa kuat cita rasanya. Kelebihan lain terdapat pada berat bersih produk powder 1 kg, berat tersebut bersih merupakan berat powder bubble, diluar bobot kemasan. Karena kemasan sendiri bisa memiliki berat 10-17 gram.

Cara Membuat Es Bubble Drink Yang Nikmat

Jika Sahabat PoBis tertarik untuk menekuni bisnis minuman dingin dengan bisnis es bubble drink. Cara membuat es bubble hingga siap konsumsi sangatlah mudah. Pertama ambil 20 gram atau 2 sendok makan powder bubble drink ke dalam gelas, lalu tambahkan 50 ml air hangat. Tujuan pemberian air hangat adalah untuk melarutkan powder sehingga tidak menggumpal. Selanjutnya tambahkan gula cair dan es batu, lalu kocok hingga tercampur. Bisa pula dengan cara diblender. Caranya setelah powder dan air hangat menyatu, tambahkan 40 ml gula cair dan 20 gram es batu, lalu blender hingga semua bahan tercampur.

Lantas bagaimana cara bikin bubble powder? Dalam membuat satu varian rasa bubble drink, setidaknya dibutuhkan 7 sampai 8 komposisi bahan baku, antara lain gula, cokelat, dan cream. Bahan baku dibeli di seputaran Jabodetabek, sebagian ada yang titip import pada temannya di Taiwan dan Jepang. Dalam seminggu Magic Bubble Drink melakukan dua kali belanja sebanyak 50 kg setiap kali belanja.

Tahapan produksi powder bubble drink dilakukan dengan mix satu bahan dengan bahan lainnya, seperti cokelat dengan creamy. Pengerjaan mix bahan dilakukan dalam ruangan yang mempunyai sirkulasi udara bagus dengan suhu 34 derajat celcius. Hindari ruangan yang terlalu dingin atau terlalu panas, karena hasilnya bisa beku dan basah.

Strategi Pemasaran Bisnis Es Bubble Drink

Menurut Indra, pangsa pasar dalam bisnis es bubble drink sangatlah menjanjikan, dan ia optimis akan cepat mendatangkan keuntungan. Karenanya kemudian Indra mendirikan usaha hilir, yaitu Chai Tea. Berupa minuman bubble tea, berbahan dasar teh siap saji dalam kemasan. Semua masyarakat Indonesia suka teh, karena itu bisnis es bubble tea ini akan selalu memiliki prospek yang bagus.

Strategi pemasaran bisnis es bubble drink yang digawangi Indra ini mengandalkan teman dan klien-klien terdahulu sebagai sarana untuk memasarkan produknya. Karena kualitas powder bubble cocok dengan lidah kebanyakan orang, maka nama Magic Bubble Drink pun semakin nyaring terdengar di kalangan distributor dan supplier makanan dan minuman. Pemasaran dari mulut ke mulut merupakan strategi pemasaran yang efektif.

Konsumen tetap powder bubble adalah kalangan distributor dan supplier yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, diantaranya: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Medan, Solo. Dengan menggandeng distributor dan supplier, otomatis sekali pengambiolan dalam jumlah banyak, karena mereka akan mendistribusikannya ke agen-agen mereka. Para distributor juga mendistribusikan powder bubble ke berbagai cafe, resto, dan hotel. Sehingga bisa dibilang target powder bubble adalah kalangan menengah ke atas.

Guna menjaga loyalitas konsumen, Indra tidak mencantumkan nama Magic Bubble Drink pada kemasan yang diorder oleh pihak distributor. Dengan cara ini nama distributor tetap terlindungi, dan meminimalisir potong kompas agen yang langsung order ke Magic Bubble Drink.

Setiap bulan Magic Bubble Drink memproduksi hingga 1 ton powder bubble. Sehingga berhasil mengumpulkan omset sebesar Rp 100 juta, dengan keuntungan bersih 20%. Pada musim kemarau permintaan akan mengalami peningkatan sebesar 75%. Pembelian minimali 20 kg akan mendapatkan potongan harga, sehingga harganya menjadi Rp 58 ribu per kilo.

Bagaimana Sahabat PoBis? Apakah Anda tertarik dengan bisnis minuman dingin ini? Semoga tulisan saya mengenai bisnis es bubble drink ini dapat menginspirasi Anda.

sumber gambar: mrpopobubbledrink.blog.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bisnis Es Bubble Drink Trend Dalam Bisnis Minuman Dingin

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bisnis Es Bubble Drink Trend Dalam Bisnis Minuman Dingin