Solusi Alternatif Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha

Bantuan Modal Usaha Gratis Dengan Bantuan permodalan dari instansiBerikut ini beberapa solusi alternatif bantuan modal usaha untuk Anda yang butuh suntikan tambahan modal usaha. Ada kalanya usaha Anda membutuhkan suntikan modal usaha untuk membantu melancarkan usaha Anda. Masalahnya, tak semudah itu mendapatkan modal usaha tambahan apalagi kalau Anda sendiri tidak memiliki agunan yang memadai. Dan di saat seperti itu, mungkin Anda akan tertarik dengan ide untuk menemukan solusi alternatif bantuan modal usaha gratis.

Kondisi semacam ini sebenarnya sangat biasa terjadi pada Anda yang tengah menjalankan bisnis. Misalkan saja ketika Anda memiliki usaha pakaian muslim. Di kala menjelang lebaran bisa jadi permintaan yang masuk akan meningkat bahkan hingga 300% dan akan menuntut Anda menyiapkan lebih banyak persediaan. Membeli lebih banyak barang dagangan akan membuat Anda membutuhkan modal lebih besar.

Kasus lain bisa Anda temukan pada pelaku usaha stationeri, ketika mereka harus berhadapan dengan musim kenaikan kelas. Mereka bisa jadi akan membeli persediaan buku dan alat tulis hingga 10 kali lipat dari persediaan di hari biasa. Dan lagi-lagi akan membuat pemilik usaha perlu menyediakan modal besar.

Di saat usaha butuh modal tambahan seperti itulah, kadangkala menjadi kendala untuk kemajuan sebuah usaha. Bagaimana kalau modal usaha tak kunjung diperoleh? Adakah solusi alternatif bantuan modal usaha tanpa jaminan untuk menanggulangi kebutuhan modal usaha ini?

Berikut ini saya akan coba bantu Anda dengan beberapa solusi alternatif untuk mendapatkan bantuan modal usaha tanpa agunan. Mungkin beberapa solusi berikut bisa menjadi pilihan menarik atas permasalahan permodalan yang sedang Anda hadapi.

Baca juga: Pinjaman Modal Usaha Dari Pemerintah Melalui Bantuan PNM

5 Solusi Alternatif Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha

  1. Temukan investor

Bantuan Modal Usaha Gratis Menemukan Investor Yang Tepat

sumber gambar: blog.mycorporation.com

Siapkan proposal yang sudah dilengkapi dengan gambaran rencana penggunaan dana dan beberapa estimasi keuntungan. Lalu gunakan proposal usaha ini untuk mendapatkan modal usaha dari berbagai pihak. Ada beberapa lembaga non profit, koperasi sampai personal yang siap membantu Anda dengan kebutuhan modal usaha Anda asalkan Anda memang cukup matang dengan perencanaan dan estimasi Anda. Bagi pihak investor, ide besar dan peluang yang Anda ungkapkan menjadi kesempatan bagi mereka menambah nilai dari dana mereka tanpa perlu repot-repot terlibat dalam urusan operasional usaha.

Baca juga: 5 Sumber Pinjaman Tanpa Jaminan Dan Tanpa Kartu Kredit

  1. Hutang pada suplier

Bantuan Modal Usaha Gratis Dengan Berhutang pada suplier

sumber gambar: fleetnews.co.uk

Bila hubungan kerjasama Anda dengan pihak suplier sudah berjalan cukup baik, Anda bisa menghubungi mereka secara khusus untuk meminta sistem pembayaran yang lebih ringan untuk Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan suplai sesuai kebutuhan namun dengan sistem pembayaran tunda. Anda bisa meminta termin pembayaran jatuh pada masa pasca musim ketika dana Anda sudah mencukupi untuk melunasi seluruh hutang.

Baca juga: 7 Tanda Kegagalan Bisnis Yang Harus Anda Waspadai

  1. Menjalin kerjasama

Bantuan Modal Usaha Gratis Dengan Menjalin Kerjasama

sumber gambar: crimsonmarketing.com

Anda bisa menemukan beberapa lembaga baik itu profit atau nonprotif hingga pemodal personal untuk menjadi mitra dari usaha Anda Sistem kemitraan akan memberi Anda suntikan dana untuk pengembangan usaha termasuk memodali proyek atau rencana usaha Anda. Di sisi lain pihak mitra akan memperoleh bagian keuntungan dari total keuntungan yang Anda peroleh dari usaha. Beberapa pemodal membutuhkan ide besar dan siap menjadi eksekutor bersama di lapangan, karena ide besar datang dari Anda, Anda dianggap sudah memiliki share modal yang dalam akuntansi disebut goodwill. Dengan demikian, modal Anda dianggap setara, inilah yang membedakan konsep kerjasama dengan sistem investasi.

Baca juga: Pilihan Pinjaman Tanpa Kartu Kredit Pada Lembaga Non Bank

  1. Bantuan permodalan dari instansi

Bantuan Modal Usaha Gratis Dengan Bantuan permodalan dari instansi

sumber gambar: antarafoto

Ada banyak bantuan modal usaha dari pemerintah yang belakangan dengan mudah dapat Anda akses. Mulai dari permodalan dari pihak perbankan dengan sistem pinjaman payroll dan lembaga non perbankan dengan program KUR, PNM, program permodalan pengabdian masyarakat sampai koperasi dibawah pemerintahan desa. Yang Anda perlukan adalah memenuhi beberapa persyaratan dan persyaratannya. Biasanya untuk permodalan dalam nilai yang kecil hingga menengah kebutuhan modal Anda akan dengan mudah Anda dapatkan.

Baca juga: Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan Tanpa Kartu Kredit

  1. Pinjaman tanpa agunan

Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan Tanpa Kartu Kredit

sumber gambar: blog.duitpintar.com

Beberapa laman di dunia maya memang belakangan menyediakan pembiayaan dan sistem pinjaman untuk membantu Anda mendapatkan modal dengan cepat. Kalau Anda membutuhkan modal dengan tempo yang cepat dan tak sempat berurusan dengan prosedural yang rumit, ide bantuan modal usaha tanpa agunan ini bisa jadi pilihan. Tak sepenuhnya gratis sebenarnya karena biasanya konsep ini akan memaksa Anda membayar bunga yang relatif tinggi, jadi pastikan perolehan keuntungan Anda akan lebih besar dari besaran bunga itu sendiri. Ada beberapa yang menyediakan sistem pembayaran termin dan yang lain memberikan sistem kredit.

Bagaimana menurut Anda? Adakah solusi alternatif bantuan modal usaha di atas bisa menjadi pilihan solusi kebutuhan modal Anda? Harus diakui sebenarnya tidak ada perolehan modal usaha yang tanpa biaya biasanya pihak pemberi modal akan menuntut bunga atau pembagian keuntungan. Hanya saja prosedurnya bisa menjadi relatif lebih mudah dan tanpa jaminan agunan sebagaimana pada perbankan.

Artikel Bisnis Pilihan

Solusi Alternatif Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solusi Alternatif Cara Mendapatkan Bantuan Modal Usaha