Software Akuntansi Paling Populer Yang Memudahkan Pekerjaan Anda

software akuntansiSoftware akuntansi bermunculan untuk memudahkan pelaku usaha besar maupun kecil untuk mencatat keuangan hasil usaha. Sebagaimana selalu saya tekankan, bahwa arus kas adalah urat nadi dalam sebuah entitas bisnis, apapun jenis dan skala bisnis Anda.

Akuntansi adalah suatu proses mencatat, mengklasifikasi, meringkas, mengolah dan menyajikan data, transaksi serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan. Tujuan dari kegiatan akuntansi ini adalah agar data yang tercatat dapat digunakan untuk pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya.

Secara konvensional proses pencatatan dilakukan dalam buku. Kita mengenal istilah buku besar, jurnal, ledger, dan semacamnya. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, sistem pelaksanaan akuntansi bisa dilakukan secara terkomputerisasi menggunakan perangkat lunak atau software tertentu.

Selain software berbayar, Anda juga dapat memanfaatkan software akuntansi gratis. Tapi namanya juga software gratis, mungkin tidak bisa menjawab kebutuhan akuntansi Anda. Tapi untuk skala usaha kecil, biasanya sotfware gratis tersebut sudah memadahi untuk mencatat setiap transaksi keuangan.

Dengan bantuan software akuntansi, kegiatan mencatat keuangan tidak lagi serumit dulu. Anda tinggal memasukkan datanya saja. Selanjutnya software yang akan menyulapnya menjadi laporan laba rugi, neraca, dan laporan keuangan lainnya.

Software Akuntansi Yang Banyak Digunakan

Berikut ini 5 software akuntansi paling populer yang paling banyak digunakan:

  1. MYOB

Perangkat lunak MYOB kependekan dari Manage Your Own Bussiness. Software ini merupakan tool yang membantu perhitungan akuntansi modern, baik digunakan oleh usaha kecil hingga besar. Software ini dimanfaatkan dalam memasukkan data transaksi akuntansi, melakukan pembukuan serta menampilkan laporan keuangan secara lengkap, akurat dan efisien. MYOB merupakan software akuntansi paling populer.

  1. Payroll

Software Payroll merupakan aplikasi akuntansi berupa adminstrasi penggajian yang termasuk sebagai pekerjaan rutin dan termasuk bagian penting dari suatu perusahaan yang mempunyai pegawai. Manfaatnya dari penggunaan aplikasi ini yaitu untuk mengatur, mengelola, menghitung, serta membantu menentukan gaji karyawan suatu badan usaha atau perusahaan.

  1. DacEasy

Software akuntansi komputer ini dirancang untuk memudahkan pencatatan pembukuan transaksi pada perusahaan jasa. Software ini mambantu meminimalisir terjadinya kesalahan pencatatan pembukuan transaksi. Dalam mengoperasikan aplikasi DacEasy harus menguasai akuntansi konvensional, misalnya jurnal, jurnal khusus, buku besar, neraca saldo, neraca lajur, neraca penyesuaian, laporan keuangan (laporan laba rugi, laporan arus kas, dan lainnya)

  1. Simply Accounting

Software akuntansi ini cocok digunakan bagi bisnis usaha kecil atau rumah tangga. Aplikasi ini memungkinkan untuk memasukkan data transaksi dari data sumber, misalnya faktur, slip setor,dan nota-nota lainnya. Simply Accounting dapat digunakan tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu dan bisa otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laoran lainnya sewaktu-waktu.

  1. General Ledger

Aplikasi ini jika digunakan untuk mencatat segala transaksi jurnal, buku besar, hingga menghasilkan laporan keuangan seperti neraca, laporan laba rugi laporan arus kas, secara otomatis.

Dengan menggunakan software akuntansi memungkinkan penggunanya untuk lebih mudah dalam melakukan pencatatan transaksi serta membuat berbagai laporan keuangan dibandingkan jika dilakukan secara manual. Dengan belajar komputer akuntansi melalui penggunaan software akuntansi ini harapannya kemampuan ilmu akuntansi dari seseorang bisa terus berkembang dan bisa diterapkan dalam bidang usaha yang didirikannya.

 

Artikel Bisnis Pilihan

Software Akuntansi Paling Populer Yang Memudahkan Pekerjaan Anda

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Software Akuntansi Paling Populer Yang Memudahkan Pekerjaan Anda