Pro Kontra Cara Membangun Usaha Dengan Dana Kartu Kredit (Bag.1)

Pro Kontra Cara Membangun Usaha Dengan Dana Kartu KreditCara membangun usaha dengan menggunakan dana kartu kredit sebagai modal usaha memang masih menjadi polemik. Memilih untuk memenuhi kebutuhan modal usaha Anda dengan dana dari kartu kredit sebenarnya bukanlah ide buruk sama sekali. Asal Anda sudah mempertimbangkan dengan matang mengenai tingkat suku bunga dan cara mengelola keuangan usaha yang Anda jalani.

Sebenarnya setiap sumber modal sah saja sebagai cara membangun usaha yang menurut Anda cukup tepat. Kadang bagi beberapa start up, pilihan ini bisa jadi adalah satu-satunya pilihan selain angel investor atau pinjaman non bank.

Namun demikian meskipun Anda sangat membutuhkan modal usaha tersebut, Anda tetap harus mempertimbangkan dengan cerdas berbagai pilihan alternatif sumber permodalan. Kartu kredit merupakan salah satu solusi alternatif untuk Anda yang butuh bantuan modal usaha.

Tetapi tentu saja Anda tidak bisa gegabah memilih solusi ini sebagai pilihan cara membangun usaha Anda. Anda harus cukup baik dulu mengenali kelebihan dan kekurangan dari pilihan sumber dana ini. Ada banyak pro kontra dari banyak penasehat bisnis berkaitan dengan permodalan dari kartu kredit. Setidaknya tentu saja ketika Anda mengambil keputusan untuk menarik modal dari kartu kredit, Anda tahu benar resiko yang perlu Anda hadapi dan kelebihan dari solusi ini untuk bisnis Anda.

Dan kali ini untuk menjadi rujukan Anda dalam mengambil keputusan, berikut ni kami akan sengaja mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan dari pilihan sumber permodalan dari kartu kredit untuk bisnis Anda. Kali ini kami akan mengulas dulu kelebihan dari sumber modal dari kartu kredit, sedang di kesempatan berikutnya kami akan mengulas mengenai kekurangan dari kartu kredit.

Baca juga: Butuh Modal Usaha Tanpa Jaminan, Cermati 3 Cara Pintar Ini

Cara Membangun Usaha Dengan Dana Kartu Kredit

sumber gambar: gesektunaimalang.com

Cara Membangun Usaha Dengan Dana Kartu Kredit

    • Bebas agunan
      Bagi Anda yang tidak memiliki aset yang sekiranya bisa dijadikan agunan atau jaminan pada pihak perbankan, maka jelas ide satu ini akan menjadi pilihan menarik. Karena dengan permodalan dari kartu kredit Anda tidak akan dituntut jaminan apapun. Akan menjadi pilihan sangat mudah ketika masalah agunan menjadi kendala Anda mencari modal pinjaman.
    • Bisa Anda dapatkan sewaktu-waktu
      Kadang sebuah proyek datang secara mendadak dan Anda membutuhkan kucuran modal secepatnya. Bahkan ketika Anda sudah memiliki rekanan yang siap meminjamkan modal untuk usaha Anda, tak akan bisa dengan sekonyong-konyong menurunkan dana secara mendadak begitu.
      Sedang dengan kartu kredit, Anda bisa melakukan pembelanjaan dengan mudah, bahkan ketika mendadak Anda memerlukannya. Bebas proses bertele-tele dan prosedur yang panjang dan rumit. Anda bisa menggunakannya untuk belanja usaha dan untuk tarik tunai saat itu juga.
    • Memaksimalkan hak kepemilikan
      Beberapa pelaku usaha menyadari bahwa dengan menjalin hubungan ikatan investasi dengan pihak pemodal, artinya kepemilikan Anda atas usaha bersangkutan juga akan terpotong. Hak kepemilikan selalu berkaitan dengan kekuasaan dalam usaha dan tentu saja nilai keuntungan.
      Dan karenanya solusi kartu kredit bisa menjadi pilihan terbaik untuk kebutuhan modal yang Anda hadapi. Anda bisa mendapatkan modal tanpa berurusan dengan masalah prosentasi hak milik Anda atas perusahaan.

      Baca juga: Tips Aman Untuk Mendapat Pinjaman Cepat Tanpa Jaminan

      Pro Kontra Cara Membangun Usaha Dengan Dana Kartu Kredit

sumber gambar: kreditgogo.com

  • Pencatatan yang terkoordinasi
    Bagi pelaku usaha kecil, pembelanjaan yang dilakukan dengan kartu kredit akan membantu Anda mendapatkan pencatatan yang jelas untuk setiap transaksi keluar Anda. Ini jelas sebuah bantuan pembukuan yang praktis terutama untuk Anda yang awam dan mengalami kesulitan dengan urusan pencatatan keuangan.
  • Harga promosi
    Beberapa bank penyedia kartu kredit memberikan penawaran khusus untuk nasabah mereka. Mulai dari potongan harga sampai kredit 0%. Ini jelas keuntungan besar untuk pelaku usaha.
    Dan akan menjadi cara membangun usaha yang lebih efisien, karena Anda bisa membayar secara kredit namun dengan harga yang ringan dan cicilan bulanan yang sesuai kemampuan keuangan dari usaha Anda.
  • Pemberian kredit yang terkelola
    Dalam sistem pembayaran kartu kredit, pihak bank memberikan Anda keleluasaan lebih luas untuk urusan pembayaran. Jadi Anda bisa menentukan besaran cicilan perbulan, melakukan perpanjangan pembayaran dan pelunasan sesuai dengan kondisi keuangan usaha Anda dengan cukup leluasa.
    Ini akan sangat membantu Anda meringankan masalah pembayaran. Sekaligus membantu Anda memutar dana dengan lebih efektif dalam usaha ketimbang harus Anda alokasikan sepenuhnya untuk pembayaran tagihan. Dengan azas prosentasi Anda bisa bagi dengan cukup efektif pendapatan Anda untuk pembayaran termin dan untuk peningkatan dana operasional usaha Anda.

Ada cukup banyak alasan realistis kenapa Anda bisa menjadikan permodalan dari kartu kredit sebagai cara membangun usaha Anda. Tetapi tentu saja setiap keputusan juga mengandung resiko. Anda bisa menemukan beberapa resiko yang bisa muncul dengan penggunaan kartu kredit sebagai sumber modal dalam membangun usaha. Dan beberapa resiko tersebut akan kami ulas dalam kesempatan kami berikutnya.

Artikel Bisnis Pilihan

Pro Kontra Cara Membangun Usaha Dengan Dana Kartu Kredit (Bag.1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pro Kontra Cara Membangun Usaha Dengan Dana Kartu Kredit (Bag.1)