5 Sumber Pinjaman Tanpa Jaminan Dan Tanpa Kartu Kredit

Sumber Pinjaman Tanpa Jaminan Dan Tanpa Kartu KreditTak jarang modal menjadi penghalang dalam mengarungi dunia usaha, mungkin Sahabat PoBis juga pernah mengalami hal ini. Banyak orang memiliki ide untuk memulai usaha, beberapa bahkan sudah mengantungi sebuah ide bisnis yang brilian. Tetapi semua terbentur oleh masalah permodalan yang kosong. Benar memang bila modal bukan segalanya, tetapi memulai bisnis tanpa modal juga jelas berat bahkan hampir mustahil.

Tetapi Anda masih bisa sebenarnya memulai usaha dengan modal yang datang dari pihak lain. Misalkan dengan memanfaatkan pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit. Cara ini bisa menjadi solusi untuk Anda mendapatkan modal usaha tanpa harus ketakutan kehilangan aset Anda atau terbelit bunga berbunga yang mengerikan ketika Anda menjalankan pembayaran kredit.

Tetapi adakah sebenarnya model pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit? Sebagian besar sistem peminjaman dana yang biasa muncul di dalam sistem finansial selalu berkaitan dengan agunan yang menjadi jaminan resmi bagi pihak peminjam dalam hal ini lembaga keuangan. Atau bilapun bebas agunan maka setidaknya Anda sudah memiliki kartu kredit yang selama ini tidak memiliki rekam jejak buruk dalam satu tahun.

Namun, ternyata bila Anda jeli, masih ada banyak layanan sumber pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit yang bisa Anda andalkan sebagai modal usaha.

5 Ide Sumber Pinjaman Tanpa Jaminan Dan Tanpa Kartu Kredit

  1. Pinjaman modal usaha dari pemerintah
    Pemerintah sebenarnya sudah banyak mengelola program-program bantuan modal usaha skala kecil yang disalurkan melalui pemerintahan daerah terdekat. Biasanya Anda dapat mengaksesnya melalui kelurahan atau kecamatan terdekat. Pinjaman ini ada yang dikelolakan kepada perwakilan dari RW, atau langsung dikelola oleh kelurahan. Besaran modal biasanya hanya sektar 1,5 juta sampai 5 jutaan dalam periode pembayaran yang pendek dan bunga yang relatif kecil. Beberapa membutuhkan proposal usaha resmi untuk pengajuannya, sedang beberapa sifatnya umum perkepala rumah tangga.
  2. Pinjaman karyawan
    Beberapa perusahaan biasanya menjalin kerjasama kredit dengan pihak perbankan. Tidak ada jaminan yang perlu Anda agunkan, hanya di sini pihak bank akan mengisyaratkan penyertaan slip gaji. Jaminan berasal dari perusahaan tempat Anda bekerja, karena biasanya secara otomatis perusahaan akan memotong gaji Anda sebesar angka kredit Anda tiap bulan. Sementara itu, pinjaman yang Anda ajukan memunculkan kewajiban bagi Anda untuk terikat dengan perusahaan sampai pelunasan Anda rampungkan.
  3. Pinjaman dari lembaga pengabdian masyarakat
    Beberapa perusahaan besar berskala nasional dan internasional biasanya membangun lembaga khusus pengabdian masyarakat sebagai bentuk kewajiban mereka terhadap masyarakat. Salah satu lini dari lembaga ini adalah penyaluran dana sebagai modal usaha untuk para pelaku usaha UKM. Anda bisa mendapatkan modal usaha dengan bunga kecil, bebas agunan dan tanpa kartu kredit dari jalur ini cukup dengan pengajuan proposal dan memenuhi beberapa persyaratan administratif. Hanya saja Anda perlu melalui serangkaian uji kelayakan untuk kemudian dianggap layak mendapat bantuan modal usaha.
  4. Pinjaman koperasi swadaya
    Jadilah anggota koperasi rakyat swadaya yang dibangun di kota Anda atau di kawasan pemukiman Anda. Dengan menjadi anggota Anda akan diharuskan membayar sejumlah iuran wajib dan sukarela sebagai bentuk partisipasi Anda terhadap modal koperasi. Dari partisipasi ini, Anda berhak untuk mengajukan sejumlah pinjaman tanpa agunan dan tanpa kartu kredit dalam jumlah terbatas disertai masa pelunasan yang pendek dan bunga yang terbatas. Anda bisa jumpai ini pada koperasi yang dikelola kelompok pertemuan warga, koperasi karyawan, koperasi pengusaha, koperasi UKM , KUD dan lain sebagainya. Berhati-hati dengan tajuk koperasi, karea banyak lembaga keuangan yang mengusung nama koperasi untuk menyamarkan aksinya dalam menerapkan sistem pinjaman yang akhirnya mencekik.
  5. Pinjaman dari badan amal
    Beberapa lembaga pengelola dana amal atau zakat dibawah organisasi agama, biasanya juga memiliki program khusus bantuan usaha. Biasanya mereka membantu kelompok ekonomi lemah untuk memulai usaha. Anda juga bisa mendapatkan bantuan ini bila Anda memang ama sekali tidak memiliki sumber modal alternatif. Biasanya mereka juga bisa mengolah ide-ide bisnis dengan pengajuan proposal selama bisnis yang diajukan bermanfaat bagi masyarakat atau umat agama bersangkutan. Besar modal biasanya terbatas dan beberapa sifatnya berupa pnjaman bebas bunga atau dengan model kesepakatan bagi hasil.

Siapa bilang mustahil mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit. Asal Anda juga cukup jeli untuk tidak mudah tergiur dengan banyaknya penawaran semacam ini di dunia maya yang kadang sekedar aksi tipu-tipu.

sumber gambar: tanjungpinangpos.co.id

Artikel Bisnis Pilihan

5 Sumber Pinjaman Tanpa Jaminan Dan Tanpa Kartu Kredit

1 COMMENT

  1. mohon bantuannya sy usaha di bidang kantin sekolah, butuh dana untuk melengkapi alat alat sekolah dan biaya untuk menambah barang barang makanan dan minuman serta etalase untuk buku buku dan alat tulis tapi saya tidak cukup modal mohon pemerintah memberi bantuannya,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 Sumber Pinjaman Tanpa Jaminan Dan Tanpa Kartu Kredit