Pro Kontra Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Dengan Kartu Kredit (Bag.II)

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Dengan Kartu KreditPinjaman modal usaha tanpa jaminan bisa diperoleh dari berbagai sumber. Salah satu sumber modal usaha tanpa jaminan adalah dengan memanfaatkan kartu kredit. Alternatif penggunaan kartu kredit sebagai modal usaha merupakan jalan pintas yang terbilang mudah, meski tidak murah dan mengandung banyak resiko.

Pada kesempatan sebelumnya kami telah mengulas mengenai beberapa kelebihan dalam memanfaatkan kartu kredit sebagai sumber modal Anda. Untuk mendapatkan sudut pandang yang berimbang, Anda harus membacanya silakan klik disini. Nah, kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana pemanfaatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dengan memanfaatkan kartu kredit dapat mengandung cukup banyak resiko yang harus Anda waspadai.

Meski diakui bahkan oleh pakar ekonomi mikro pilihan berbisnis dengan kartu kredit bukan ide yang buruk, tetapi tetap saja ada resiko yang harus Anda tanggung. Anda harus mengenali setiap resiko sebagaimana Anda juga perlu mengenai kelebihannya sebelum Anda mengambil keputusan.

Dengan melihat dua sudut pandang secara berimbang, diharapkan Anda dapat mengambil keputusan yang obyektif. Diantara sisi positif dan negatif tersebut, Anda dapat menimbang apakah penggunaan kartu kredit sebagai sumber modal usaha cukup sesuai dengan usaha yang Anda jalani.

Sebuah keputusan tanpa pertimbangan matang bisa membuat resiko yang Anda hadapi akan meningkat dua kali lebih berat. Dan untuk itu berikut ini adalah beberapa resiko penggunaan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dengan sumber kartu kredit untuk cara membangun usaha.

Resiko Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Dengan Kartu Kredit

  1. Tidak ada pemisahan keuangan antara pribadi dan perusahaan
    Karena setiap kartu kredit akan di atas namakan personal, maka kerap kali sebuah kartu kredit terpaksa digunakan ganda untuk keperluan perusahaan dan pribadi. Ketika keuangan usaha dan personal tidak dipisahkan Anda akan kesulitan mengendalikan aliran uang sekaligus melakukan pencatatan.
    Sangat disarankan untuk tetap memisahkan antara kartu kredit untuk keperluan usaha dan pribadi. Fungsi kemudahan dalam pembukuan sebagaimana sudah kami ulas dalam kelebihan sumber dana kartu kredit juga baru bisa Anda dapatkan hanya bila pemisahan ini dilakukan.
  2. Kredibilitas akun personal Anda dipertaruhkan
    Tidak ada agunan dan jaminan memang merupakan kelebihan dari kartu kredit bagi sumber permodalan usaha. Hanya saja sebenarnya ada jaminan lain yang menjadikan pihak bank dengan mudah memberikan kreditnya pada Anda, yakni akun pribadi Anda. Pinjaman modal usaha tanpa jaminan menjadikan reputasi Anda pribadi sebagai jaminannya.
    Dan sekali saja Anda melakukan mangkir pembayaran maka kredibilitas akun pribadi Anda akan tercoreng. Ini bisa membuat Anda bahkan masuk dalam daftar hitam dunia perbankan, terlibat dengan masalah hukum, dikejar-kejar debt kolektor dari dua pihak dan lain sebagainya.
    Padahal masalah mangkir pembayaran dalam dunia bisnis bisa saja terjadi apalagi Anda masih menjalankan start up. Ada saja situasi keuangan dalam sebuah usaha start up yang menyebabkan Anda tidak punya pilihan lain selain mengundurkan waktu pembayaran.
  3. Akun personal Anda bisa menjadi rintangan Anda
    Sebagaimana masalah pengunduran pembayaran bisa merusak kredibilitas akun pribadi Anda, maka kini kredibilitas akun pribadi Anda terkait aksi mangkir pembayaran pada kredit masa lalu yang pernah Anda lakukan justru bisa menjadi masalah untuk Anda dalam menurunkan dana dari kartu kredit.
    Beberapa bank memberikan kebijakan khusus berupa penurunan batas hutang dan penarikan uang atau pengurangan termin pelunasan ketika mereka menemukan catatan buruk dalam histori akun personal Anda. Masalah ini jelas bisa mengacaukan rencana keuangan Anda dalam usaha.
  4. Batasan pinjaman yang rendah
    Aspek negatif selanjutnya dari pinjaman modal usaha tanpa jaminan dengan kartu kredit adalah batasan/limitnya yang cenderung rendah. Karena bebas agunan dan cenderung sangat mudah diperoleh, tentu saja pinjaman dana dari kartu kredit hanya bisa memberikan Anda suntikan dana dalam jumlah yang kecil. Sehingga jelas Anda akan menjadi tidak banyak berpengaruh kalau kebutuhan dana Anda relatif besar.
    Bagi Anda yang sedang memulai bisnis dari skala kecil, mungkin cakupan dana yang bisa disediakan oleh kartu kredit akan cukup untuk menutup kebutuhan dana. Hanya saja ketika bisnis Anda mulai berkembang Anda jelas membutuhkan sumber permodalan yang lebih besar untuk usaha Anda.
  5. Membuat Anda lengah dengan hutang Anda
    Kemudahan dalam menarik dana dan melakukan pembelanjaan, kemudahan dalam mengatur prosentasi pembayaran kerap kali justru menjadi jebakan untuk Anda yang masih pemula dalam dunia bisnis.
    Anda akan kehilangan kendali akan budgeting yang sebelumnya sudah Anda susun. Anda bisa menjadi membeli dengan terlalu agresif atau malah melakukan penundaan pembayaran tanpa perencanaan matang.
    Padahal bagaimanapun hutang Anda dalam kartu kredit tak akan berbeda dengan hutang dengan perbankan biasa, dimana Anda akan dikenakan bunga, denda dan biaya administrasi. Dan bukan tidak mungkin penundaan Anda akan berbuah denda serta bunga tambahan yang semakin memberatkan bisnis Anda.

Jadi kini Anda memiliki bayangan bukan? Imbangi dan bandingkan nilai resikonya dengan nilai keuntungannya untuk Anda jadikan rujukan pengambilan keputusan untuk cara membangun usaha. Apa saja resiko yang mengintai dengan memanfaatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dengan kartu kredit.

sumber gamba: entrepreneur.com

Artikel Bisnis Pilihan

Pro Kontra Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Dengan Kartu Kredit (Bag.II)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pro Kontra Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan Dengan Kartu Kredit (Bag.II)