Pinjaman Modal Usaha Dari Pemerintah Melalui PNM

Pinjaman Modal Usaha Dari Pemerintah Permodalan Nasional MadaniKesulitan modal usaha? Sahabat PoBis dapat memanfaatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah. Tak dapat dipungkiri, modal usaha tak ubahnya dengan aliran darah. Meski seseorang bisa memulai bisnis tanpa modal, tetapi ketika bisnis mulai berjalan modal tetap berperan besar untuk memastikan roda usaha tetap berjalan dan berkembang. Bahkan untuk meningkatkan kapasitas usaha dan layanan modal pun memiliki kontribusi yang terbilang besar.

Dan ketika usaha Anda terbentur dengan masalah permodalan, salah satu solusi bisa Anda temukan dari pinjaman modal usaha dari pemerintah. Ada banyak sebenarnya program permodalan yang dikeluarkan pemerintah, dan salah satu yang banyak diperbincangkan adalah bantuan modal dari PNM atau PT Permodalan Nasional Madani.

Pada laman resmi dari PT PNM Anda bisa temukan informasi mengenai pemberian pinjaman modal usaha dengan beban bunga ringan. Rentang pembiayaan bisa antara 1 juta hingga 200 juta, dengan orientasi utama kisaran peminjaman pada angka dibawah 50 juta, demi alasan pemerataan. Program ini diberi tajuk ULaMM atau Unit Layanan Modal Mikro yang sengaja mengincar kebutuhan modal dari kalangan pelaku UMKM atau Unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Program ini tidak hanya terfokus pada peminjaman modal usaha, karena unit layanan ini juga memberikan pembimbingan bagi anggotanya. Sehingga UMKM akan mendapatkan pelatihan, pengarahan dan bantuan penyaluran selain juga membantu memberikan bantuan modal.

Sistem pembayaran juga sangat fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan dan daya bayar dari nasabah. ULaMM menerapkan pembayaran bulanan sampai mingguan dengan tingkat suku bunga ringan sekitar 1% sampai 2%. Pihak PT PNM sendiri juga telah membuka sistem pinjaman konvensional dan sistem pinjaman syariah.

Lalu bagaimana cara mendapatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah satu ini? Berikut ini proses pengajuan pinjaman modal usaha dari pemerintah melalui PT PNM dengan sistem ULaMM.

  1. Pengajuan kredit
    Anda bisa mendatangi kantor cabang PT PNM terdekat di kota Anda dan mengajukan konsultasi usaha dengan pihak staff pelayanan, termasuk pengajuan kebutuhan pinjaman. Kadang justru pihak PT PNM yang membuka penawaran pinjaman kepada perusahaan yang dirasa layak mendapatkan pinjaman.
  2. Survei ke lokasi usaha
    Pihak PT PNM akan memgadakan survey langsung ke lokasi. Di sini setiap sisi dari usaha Anda akan mendapatkan pemeriksaan kelayakan, mulai dari konsep usaha, produk, nilai jual, nilai ekonomi, konsep produksi, ruang usaha, potensi pasar, pencapaian penjualan dan lain sebagainya. Akan lebih baik kalau Anda bisa menyusun proposal untuk Anda sertakan sebagai pertimbangan pihak PT PNM yang memuat materi rencana bisnis Anda, kebutuhan biaya, estimasi keuangan dan pendapatan.
  3. Syarat administrasi
    Sebagai lembaga resmi di bawah pemerintah, sudah wajah bila PT PNM juga meminta Anda menyertakan seluruh berkas terkait administrasi dan data pribadi Anda, seperti :

    1. Anda adalah WNI
    2. Usaha sudah berjalan setidaknya selama 1 tahun
    3. Usia calon debitur sudah mencapai 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal usia 65 tahun pada saat jatuh tempo pinjaman.
    4. Kartu identitas KTP dari calon debitur dan istri atau suami.
    5. Fotokopi kartu keluarga
    6. Fotokopi surat nikah (untuk yang sudah menikah)
    7. Fotokopi rekening listrik/ telepon dan PBB
    8. Fotokopi jaminan atau agunan sesuai dengan barang atau aset yang diagunkan
      (SHM/SHGB/SHGU/BPKB/Surat Kios/Akta Jual Beli)
    9. Surat keterangan usaha.
  4. Kelayakan Jaminan
    Biasanya di sini pihak PT PNM akan mengadakan penilaian harga aset yang menjadi agunan atau jaminan dan membandingkan dengan nilai usaha, potensi keuntungan dan pengajuan pinjaman. Perlu proses studi kelayakan selama 3 – 5 hari untuk memastika kelayakan pinjaman dan besaran pinjaman yang bisa diberikan.
  5. Pencarian dana.
    Pencairan dana dilakukan setelah proses studi kelayakan usai dilakukan dan calon debitur dinyatakan layak mendapatkan pinjaman. Anda juga akan mendapatkan jadwal konsultasi dari pihak PT PNM untuk membantu Anda mengembangkan bisnis Anda ke depan. Di sini Anda akan mengisi beberapa blangko mengenai sistem pembayaran regulernya.

Demikian tadi bagaimana cara mengajukan pinjaman modal usaha dari pemerintah melalui PT Permodalan Nasional Madani.  Ada beberapa pinjaman lain yang bisa Anda dapatkan dari pemerintah yang beberapa dikelola oleh pemerintah daerah, pengelolaan kelurahan dan dinas-dinas setempat.

Artikel Bisnis Pilihan

Pinjaman Modal Usaha Dari Pemerintah Melalui PNM

12 COMMENTS

  1. Kenapa saya setiap mengajukan pinjaman secara langsng dengan pegugas pnm mekar slalu katanya data saya tidak kluar dri pusat …nama saya keluar dari komputer tapi kenapa pinjaman nya tidak keluar dari pusat …apa maksudnya …saya sudah 3 tahun ikutin pnm mekar knapa saya slalu di gagal kn ???

  2. saya nasabah pnm.saya mau ngajukan pinjaman di ulamm…punya jaminan surat tanah tpi itu pun kemrin di koperasi….apa bisa ulamm bantu pindah kan….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pinjaman Modal Usaha Dari Pemerintah Melalui PNM