Perbedaan Akuntansi Dan Pembukuan Serta Manfaatnya Untuk Usaha Anda

Perbedaan Akuntansi Dan Pembukuan Serta Manfaatnya Untuk Usaha AndaPerbedaan akuntansi dan pembukuan harus Anda pahami, karena sebagai seorang pengusaha ada kalanya Anda harus memutuskan mana yang dibutuhkan terlebih dahulu, antara akuntansi atau pembukuan. Ketika banyak pelaku usaha kecil dihadapkan dengan fakta bahwa mereka membutuhkan pencatatan dan pelaporan keuangan untuk memastikan usaha mereka tetap berjalan baik dan terpantau dengan baik pula, kebanyakan dari pelaku usaha kecil ini masih pula harus berhadapan dengan dua pilihan, akuntansi dan pembukuan.

Faktanya, perbedaan akuntansi dan pembukuan sangatlah tipis. Bahkan banyak dari Anda mungkin mempertanyakan apakah keduanya berbeda?

Akuntansi dan pembukuan, keduanya serupa tetapi tidak sama. Ada beberapa bagian dari keduanya bahkan melalui prosedur yang serupa, tetapi tidak untuk keseluruhan prosedur. Dan ketika Anda bertanya mana yang Anda butuhkan terlebih dulu untuk sebuah usaha becakupan kecil, maka beberapa penjelasan berikut akan membantu Anda berpikir lebih jelas mengenai perbedaan akuntansi dan pembukuan.

Berdasar businessdailynews.com, dikatakan bahwa pembukuan atau bookkeeping akan berkaitan dengan pencatatan. Aktivitas utamanya adalah mencatat aktivitas keuangan dalam perusahaan setiap harinya. Baik itu segala jenis dana masuk maupun segala jenis dana keluar. Juga mencatat segala jenis pengeluaran baik itu berkaitan dengan penyediaan barang, pergudangan sampai urusan pemasaran dan administrasi.

Sampai di batas ini perbedaan akuntansi dan pembukuan, pembukuan sebenarnya bentuk pencatatan sederhana untuk cashflow, ditambah beberapa catatan  tambahkan yang mencakup berbagai piutang dan utang yang harus Anda akui diwaktu depan.

Pembukuan secara umum sangat mudah dijalankan bahkan biasanya untuk perusahaan skala kecil, Anda hanya membutuhkan software pembukuan umum yang bisa Anda temukan di dunia maya seperti Quickbook atau Peachtree.

Dari pembukuan yang Anda akan dapatkan adalah sajian data. Di akhir masa atau periode, hasil pencatatan yang sudah Anda masukan dalam pembukuan akan diakumulasi dan hasilnya menjadi data nilai total  pemasukan baik dari pendapatan operasi dan non operasi, juga pengeluaran baik untuk biaya operasional maupun non operasional untuk satu periode.

Data ini akan menyajikan informasi mendasar bagi perusahaan mengenai aliran kas dalam perusahaan. Sebagaimana pernah kami ulas sebelumnya, arus kas atau cashflow menempati posisi penting bagi kelangsungan sebuah usaha. Anda harus selalu memastikan dana yang masuk mampu memenuhi kebutuhan dana keluar sehingga operasional usaha tetap berjalan dengan lancar.

Bagaimana dengan akuntansi? Apa perbedaan akuntansi dan pembukuan dan apa pula kesamaannya dengan pembukuan. Apa yang dihasilkan dari proses akuntansi dan apakah kepentingan perusahaan terhadap data akuntansi?

Pembukuan sendiri sebenarnya adalah bagian dari akuntansi, karena laporan arus kas adalah salah satu bagian penting dari laporan akuntansi selain laporan rugi laba dan laporan neraca. Namun pekerjaan akuntansi tidak berhenti di pencatatan, tetapi lebih dari itu. Menurut pakar Akuntansi asal Wisconsin University Akuntansi bekerja mengubah data menjadi informasi.

Tugas akuntansi secara umum bisa digeneralisasi menjadi beberapa tugas utama yakni memferivikasi data, menyusun akumulasi data, melakukan analisa dan penyesuaian dengn kondisi akurat, melakukan audit sampai kemudian menyusun laporan keuangan dan menyusun beberapa forecast, estimasi dan perhitungan berdasar laporan yang tersedia.

Bahkan lebih dari itu, akuntansi sendiri terbagi dalam akuntansi baku yang berakhir dengan informasi laporan keuangan dan akuntansi manajemen yang akan melakukan perhitungan terkait efisiensi dengan metode non baku yang bisa disesuaikan dengan situasi dan kondisi setiap perusahaan.

Pada tahap profesional sebuah perusahaan tak lagi hanya membutuhkan data mentah berupa akumulasi yang disediakan oleh pembukuan, tetapi juga berbagai laporan keuangan dari akuntansi disertai beberapa analisa yang diambil dari informasi dalam laporan keuangan.

Karena di tahapan profesional, perusahaan akan terlibat dalam sebuah hubungan pertanggung jawaban dengan berbagai pihak ketiga seperti pemodal atau investor, pemegang saham, peminjam dan lain sebagainya. Berbeda dengan perusahaan skala kecil yang sepenuhnya hanya berurusan dengan pemilik usaha yang sifatnya cenderung individu.

Sehingga perusahaan perlu melaporkan sejauh mana keuntungan usaha diperoleh, informasi yang tidak bisa diakumulasikan begitu saja hanya dari data pemasukan dan pengeluaran sederhana.  Juga perlu melaporkan jumlah aset perusahaan yang berhasil dibukukan di akhir periode yang lagi-lagi tak akan tercerminkan hanya dari cashflow.

Dan perusahaan berkepentingan menunjukan kredibilitas perusahaan yang tercermin dari rasio-rasio perhitungan yang angkanya diperoleh dari data dalam laporan keuangan. Kredibilitas ini menjadi salah satu penilaian utama bagi pihak investor, pemegang saham sampai kreditur.

Inilah gambaran perbedaan akuntansi dan pembukuan serta apakah manfaat keduanya bagi perusahaan. Anda bisa melihat bukan, bahwa di tahap awal pembukuan mungkin cukup untuk sebuah usaha kecil, namun ditahap lanjut Anda akan membutuhkan sebuah sistem akuntansi profesional.

sumber gambar: getapp.com

Artikel Bisnis Pilihan

Perbedaan Akuntansi Dan Pembukuan Serta Manfaatnya Untuk Usaha Anda

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Perbedaan Akuntansi Dan Pembukuan Serta Manfaatnya Untuk Usaha Anda