Menjawab Beragam Mitos Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil

Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil menggunakan jasa profesionalAkuntansi untuk perusahaan bukanlah hal yang menyeramkan, sebaliknya seharusnya Sahabat PoBis sebagai entrepreneur harus bersahabat dengan akuntansi. Banyak pelaku usaha melihat akuntansi terlalu menyeramkan, bisa jadi malah terlalu mengintimidasi. Bahkan ketika masih di bangku sekolah mata pelajaran ini sama sekali bukan bidang yang menarik bagi Anda.

Bagaimana bisa kini Anda dipaksa untuk memahami bahkan menjalankan sebuah sistem akuntansi untuk perusahaan Anda. Tak sedikit pelaku usaha yang masih mempertanyakan, kenapa perusahaan perlu menyusun pembukuan keuangan?

Kemudian banyak orang mulai berdalih sebenarnya akuntansi untuk perusahaan bukan sebuah hal yang penting sebagaimana dikatakan. Anda masih bisa bertahan dengan usaha Anda tanpa pengelolaan keuangan yang tertata seperti ini. Dan muncul banyak mitos seputar akuntansi dalam perusahaan yang semakin meyakinkan Anda, Anda masih bisa mengesampingkan urusan akuntansi ini dalam pengelolaan usaha Anda.

Beberapa pelaku usaha kecil modern belakangan memang menyadari mulai membutuhkan akuntansi sejak awal. Tetapi karena melihatnya demikian sulit, mereka memilih untuk menggunakan layanan akuntansi online atau aplikasi. Namun kemudian memilih untuk tidak menggali lebih dalam mengenai ini karena berpikir aplikasi ini sudah mencakup segalanya.

Dan kali ini kami akan mencoba membuka wacana dengan menjawab beragam mitos soal akuntansi untuk perusahaan, terutama untuk perusahaan kecil yang memang selama ini banyak berkeyakinan belum demikian penting untuk memulai program akuntansinya sekarang juga. Atau merasa cukup membiarkan pencatatan mereka dikembangkan dalam software online secukupnya.

Baca juga: Cara Memulai Sistem Akuntansi Untuk Bisnis Pemula

Beragam Mitos Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil

  1. Akuntansi hanya dibutuhkan dalam urusan pajak

Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil dalam urusan pajak

sumber gambar: bisnis.liputan6.com

Tak salah bila mengatakan akuntansi menjadi sangat krusial ketika Anda sedang mengitung pajak, karena dasar dari perhitungan pajak memang laporan keuangan. Tetapi Anda membutuhkan akuntansi lebih dari sekedar untuk urusan pajak. Apalagi bila Anda memiliki pandangan ke depan dengan usaha Anda.

Anda akan membutuhkan laporan keuangan untuk pengajuan kredit Anda ke pihak bank, juga untuk pengajuan kerjasama dengan pihak investor. Pencatatan akan menjadi sejarah masa lalu usaha yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan untuk pengambilan keputusan di masa depan, menelusuri pengeluaran dan pendapatan yang selamanya terabaikan.

Dan memastikan pencatatan berjalan rutin sepanjang tahun akan membuat Anda lebih mudah melakukan pelaporan serta melakukan penelusuran. Tak selamanya ingatan dan catatan tak baku mampu memberi Anda informasi memadai.

Baca juga: Trik Jitu Hindari Sanksi Pajak

  1. Tidak ada yang salah dengan pembukuan manual

Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil dengan pembukuan manual

sumber gambar: bisnis.liputan6.com

Untuk tahap awal, setidaknya ini merupakan langkah nyata Anda untuk mencatat keuangan Anda. Tetapi berlarut-larut dengan konsep manual jelas tidak update lagi. Bila ada cara yang lebih praktis, mudah dan efisien untuk Anda gunakan untuk mencatat dan menyusun laporan, lantas apa kenapa menyia-nyiakan waktu Anda dengan pembukuan manual?

Faktanya unsur human error sendiri masih sangat kuat dalam pembukuan manual, mulai dari salah tulis sampai masalah salah hitung dan faktor lupa. Sementara hal ini bisa diminimalisasi dengan software akuntansi.

Baca juga: Panduan Mulai Penyusunan Pembukuan Akuntansi Keuangan

  1. Tak perlu repot dengan akuntansi lagi bila sudah menggunakan jasa profesional

Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil menggunakan jasa profesional

sumber gambar: paychex.com

Akuntansi adalah sebuah sumber daya untuk Anda memulai langkah bisnis Anda. Jadi jangan Anda kira Anda membutuhkannya sekedar sebagai perhitungan pajak belaka. Banyak informasi yang bisa Anda dapatkan dari pencatatan dan pelaporan keuangan Anda yang nantinya bisa menjadi materi dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Untuk itu Anda harus cukup memahami akuntansi. Bagaimana sebuah data disusun, sebuah informasi dihitung dan bersumber. Dan tentu saja bagaimana menjadikan informasi akuntansi sebagai rujukan  dalam pengambilan keputusan Anda.

Dan ketika Anda demikian pasrah dengan profesional, tahukah Anda kelengahan Anda bisa memberi ruang pihak ketiga untuk bermain kotor dalam keuangan Anda, bahkan tanpa Anda sadari sama sekali.

Baca juga: Contoh Pembukuan Keuangan Lengkap Untuk Usaha Kecil

  1. Biarkan saja software akuntansi bekerja Anda tak harus mendalaminya lebih lanjut

Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil menggunakan software akuntansi

sumber gambar: biztory.com.my

Sebaik apapun software baik itu online ataupun offline yang Anda gunakan. Ada beberapa pendekatan yang sifatnya akan personal hanya untuk usaha Anda dan kadang tak selalu cukup tercakup oleh sistem otomatis dalam software.

Jadi tetap penting untuk Anda memahami akuntansi dan bagaimana setiap prosedur dilakukan. Karena pada akhirnya penyesuaian akan tetap perlu Anda lakukan dengan manual. Tanpa itu informasi yang Anda peroleh dari software tidak sepenuhnya menggambarkan perkembangan keuangan Anda.

Baca juga: Memahami Lebih Baik Siklus Akuntansi

Jadi masih merasa enggan untuk meluangkan waktu belajar akuntansi untuk perusahaan Anda? Sekecil apapun usaha Anda dan berapapun usia usaha Anda, jalankan pencatatan sedini mungkin untuk modal perkembangan usaha Anda di masa akan datang.

Artikel Bisnis Pilihan

Menjawab Beragam Mitos Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Menjawab Beragam Mitos Akuntansi Untuk Perusahaan Kecil