Memahami Lebih Baik Apa Itu Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen Perusahaan KecilBanyak orang mungkin pernah mendapatkan saran untuk menerapkan sebuah sistem akuntansi manajemen untuk perusahaan mereka. Setidaknya sistem ini perlu dijalankan bilamana pelaku usaha belum bisa menerapkan sistem akuntansi keuangan yang baku.

Kenapa muncul saran demikian? Lalu apa beda antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan? Apa sebabnya penting sebuah usaha sekecil apapun itu memiliki sebuah sistem akuntansi manajemen? Apa fungsi dari sistem akuntansi manajemen bagi laju sebuah usaha?

Pada dasarnya, akuntansi manajemen difokuskan untuk menyajikan data dan informasi keuangan bagi kepentingan internal perusahaan. Data yang diperoleh dari akuntansi manajemen ini perlu untuk menjadi dasar bagi pengambilan keputusan perusahaan terkait dengan perencanaan, pengarahan, pengendalian dan eksekusi terhadap suatu persoalan internal perusahaan.

Akuntansi manajemen dibuat untuk kepentingan internal. Tidak ada ketentuan baku soal susunan dan isi dari laporan. Formatnya lebih fleksibel sesuai kebutuhan.

Dari data yang Anda peroleh dari akuntansi manajemen, aspek yang bisa Anda dapatkan adalah informasi terkait data dasar setiap biaya, dana masuk dan keluar, serta efisiensi dari tiap bagian usaha. Data ini juga kerap berkaitan dengan aktivitas perusahaan.

Harus diakui dengan demikian laporan yang diterima dari akuntansi manajemen bersifat sempit. Dan karena cenderung khusus untuk kepentingan internal maka penyusunannya tidak mengikat sebagaimana pada laporan akuntansi baku. Kadang data yang tersaji sangat terkait dengan seberapa banyak informasi yang diperlukan oleh perusahaan dan seberapa besar pentingnya data tersebut menimbang dari biaya yang dikeluarkan untuk menyajikan data bersangkutan.

Ini berbeda dengan laporan keuangan dari akuntansi keuangan baku dimana laporan tersebut juga akan dibaca oleh pihak eksternal seperti perbankan, pemilik saham dan investor. Laporan keuangan bersifat baku sehingga data harus disajikan secara general dan komplit untuk mewakili setiap bagian dari aktivitas keuangan perusahaan. Biasanya laporan keuangan akuntansi ini disusun dalam periode yang tetap seperti tahunan atau triwulanan.

Lalu bagaimana dengan laporan keuangan untuk kepentingan akuntansi manajemen? Sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya di atas, akuntansi manajemen dibuat untuk kepentingan internal. Tidak ada ikatan waktu dan tidak ada ketentuan baku soal susunan dan isi dari laporan. Susunan juga bisa bersifat lebih fleksibel dengan urutan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Laporan yang biasanya disajikan untuk akuntansi manajemen antara lain :

  • Laporan biaya operasional produksi
    Biaya operasional merupakan perhitungan dari seluruh biaya yang dikeluarkan untuk proses produksi. Sebenarnya data ini juga dibutuhkan oleh akuntansi keuangan, tetapi dalam akuntansi manajemen informasi yang dibutuhkan sifatnya bisa menjadi sangat detail, yakni biaya produksi per buah, perproses sampai per hari dan mungkin juga per mesin. Kadang dari sinilah bisa diputuskan apakah sebuah mesin cukup efektif digunakan atau perlu diganti, apakah sebuah lini produk layak dilanjutkan atau dihentikan produksinya dan sebagainya.
  • Laporan aktivitas dan program
    Kadang sebua perusahaan mengadakan aktivitas tertentu seperti program promo dengan hadiah tertentu, program gathering karyawan, program bonus, pendidikan dan pelatihan dan sebagainya. Perusahaan perlu mengetahui dengan detail sebesar apa biaya yang dikeluarkan terkait penyelenggaraan acara ini dan bagaimana efeknya terhadap penjualan, kinerja dan sebagainya.
  • Laporan prestasi
    Laporan ini biasanya terkait pencapaian seseorang karyawan, divisi atau sebuah lini produk di pasar dalam sebuah track record. Biasanya digunakan untuk penilaian dalam pengambilan keputusan dan eksekusi terkait objek tersebut, seperti kenaikan jabatan, pemberian bonus untuk satu divisi atau pengambilan keputusan meningkatkan produksi dari satu lini produk. Data biasanya berupa data penjualan yan berhasil dicapai atau data keuangan lain yang terkait.
  • Laporan estimasi
    Biasanya terkait dengan sebuah studi analisa dan kelayakan sebuah rencana perusahaan. Di sini digunakan data dari masa lalu dan sekarang untuk membuat perkiraan akan situasi akan datang dengan pengandaian. Laporan estimasi juga bisa dilakukan ketika perusahaan ingin melakukan eksekusi terhadap sebuah lini usaha yang dianggap tidak efektif, atau seperti ingin mematikan satu proses produksi dan melemparkannya ke pihak ketiga. Maka dibuat laporan estimasi untuk melihat bila eksekusi ini dilakukan bagaimana pengaruhnya terhadap kondisi keuangan perusahaan dan sebagainya.

Masih banyak lagi data yang terkait dalam akuntansi manajemen. Dan biasanya data yang tersaji sifatnya juga kompleks, terfokus (tidak general) dan bisa terkait dengan disiplin ilmu dan bagian lain dari perusahaan, seperti bagian pemasaran, bagian personalia dan sebagainya. Karena data dari akuntansi manajemen akan digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan manajemen.

sumber gambar: studentprofit.co.uk

Artikel Bisnis Pilihan

Memahami Lebih Baik Apa Itu Akuntansi Manajemen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Memahami Lebih Baik Apa Itu Akuntansi Manajemen