Kenapa Perusahaan Perlu Menyusun Pembukuan Keuangan?

fungsi penting pembukuan keuanganKebanyakan pelaku usaha tidak menyadari seberapa krusialnya penyusunan pembukuan keuangan dan pelaporan keuangan dalam tata laksana sebuah perusahaan. Padahal masalah pencatatan dan pelaporan ini memiliki pengaruh sangat besar terhadap keberlangsungan sebuah usaha atau bisnis dalam jangka panjang.

Hanya saja kebanyakan orang melihat urusan keuangan ini terlalu rumit dan akhirnya memilih mengabaikannya. Memandang remeh tingkat urgensi dari penyusunan ini dan akhirnya memilih untuk mengabaikannya.

Untuk itulah dalam kesempatan ini kami akan mencoba membantu Anda melihat apa sebabnya setiap pakar bisnis selalu menyampaikan saran serupa, bahwa sebuah pembukuan keuangan merupakan satu aspek penting yang akan membantu dalam keberlangsungan perusahaan. Apa saja sebenarnya pentingnya penyusunan sebuah pembukuan?

  • Keterbatasan ingatan manusia
    Logika sederhananya, bila Anda hanya mengandalkan ingatan Anda belaka, jelas ini akan menjadi bencana karena ingatan manusia memiliki keterbatasan. Untuk itulah sesederhana apapun itu, pencatatan itu penting. Pencatatan bisa membantu pelaku usaha mengingat hal-hal terkait urusan keuangan mereka. Mulai dari jumlah tagihan yang perlu segera dibayar, jumlah piutang yang sudah bisa ditagihkan, sampai jumlah total gaji yang harus disetorkan ke karyawan serta masih banyak pengingat lain.
  • Menghitung kekayaan
    Tak ada cara paling efektif dalam menghitung kekayaan selain dengan mencatatnya secara detil satu persatu dan menghitungnya secara total. Bagaimana bisa Anda mengetahui sudah sejauh mana kekayaan Anda berkembang bila Anda tidak mencatat aktivitas keuangan perusahaan Anda. Catatan ini perlu selalu Anda update secara harian untuk dapat mengetahui dengan baik jumlah dana segar Anda, penjualan Anda, pendapatan perusahaan dan nilai modal Anda saat ini sebagai cerminan dari kekayaan perusahaan.
  • Memudahkan penelusuran
    Ketika terjadi kerancuan dalam transaksi, ketika ada klien yang complain soal pembayaran, bonus atau soal potongan harga yan diperoleh, darimana Anda bisa menelusuri fakta dari masalah-masalah ini selain dari pencatatan. Bila saja Anda tidak menyusun pembukuan keuangan, maka artinya Anda perlu membongkar setumpuk nota yang entah berada di mana tanpa susunan yang jelas. Pencatatan akan membantu Anda mendapatkan data mengenai transaksi dengan cepat dan mudah ketika sewaktu-waktu Anda butuhkan.
  • Memudahkan analisa dan kendali
    Pencatatan akan membuat Anda dengan mudah mengakses informasi terkait kondisi keuangan terkini dari usaha Anda. Dari data dalam pembukuan keuangan Anda bisa melihat dengan jelas segala informasi terkait perkembangan usaha Anda. Dan ketika masalah muncul Anda juga bisa dengan mudah menemukan penyebabnya, menganalisa situasinya dan segera mencari solusinya. Anda bisa memegang kendali secara utuh terutama bila secara berkala Adna mengawasi langsung pencatatan dan membaca pelaporan periodik, karena dengan cara ini Anda langsung mengetahui kerancuan atau masalah yang muncul. Bila terjadi pemborosan pada satu titik, ketika penjualan menurun, ketika biaya membengkak, maka semua bisa tercermin dalam catatan dan pelaporan dan bisa segera Anda lakukan tindakan lanjutan seperti tindakan preventif dan tindakan penanganan.
  • Sebagai sumber data bagi pihak ketiga
    Sementara dengan usaha dalam skala kecil bisa jadi laju usaha Anda belum akan berkaitan denga pihak ketika seperti pihak debitur dan pihak investor. Tetapi seiring laju usaha, bisa jadi Anda membutuhkan suntikan modal untuk pengembangan usaha dan disaat itulah pihak ketiga akan mengambil peran dalam usaha. Pihak ketiga sangat berkepentingan dalam melihat kesehatan keuangan perusahaan.
  • Sebagai dasar perencanaan
    Rencana Anda untuk tahun kedepan membutuhkan dasar sebagai cerminan usaha selama periode sebelumnya. Dari data ini Anda bisa mendapatkan gambaran langkah apa yang sebaiknya Anda tempuh untuk meningkatkan pencapaian usaha Anda. Cerminan ini juga akana menampakan sisi mana dari usaha Anda yang perlu Anda perbaiki. Sehingga perencanaan usaha Anda menjadi lebih matang dan sesuai dengan kondisi usaha Anda dengan tepat.
  • Untuk membantu mengklaim hak Anda
    Kebanyakan pelaku usaha berada dalam dilema, bahwa mereka bagaimanapun juga membutuhkan pendapatan namun di sisi lain mereka sadar setiap pendapatan pribadi yang diakui dari sebuah usaha akan mengambil modal dari usaha. Akhirnya beberapa pelaku usaha malah terjebak untuk tidak berani mengambil hak mereka karena takut akan menganggu kesehatan ekonomi usaha. Sedang beberapa yang lain malah asyik menarik prive suka-suka sampai modal usaha ludes. Dengan pembukuan keuangan dan pelaporan Anda akan tau sejauh mana keuntungan perusahaan dan titik aman nilai prive atau pendapatan pribadi yang bisa Anda klaim dari perusahaan.

Ada banyak manfaat dengan menyusun pembukuan keuangan. Jadi kenapa harus enggan bersulit-sulit sedikit untuk menyusun catatan kalau hasilnya akan baik untuk perkembangan usaha Anda. Kalau ingin menjajal menyusun pembukuan Anda bisa melihatnya di sini.

sumber gambar: referenceforbusiness.com

Artikel Bisnis Pilihan

Kenapa Perusahaan Perlu Menyusun Pembukuan Keuangan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Kenapa Perusahaan Perlu Menyusun Pembukuan Keuangan?