Contoh Tabel Penjualan Dengan Software Excel

Contoh Tabel Penjualan Dengan Software ExcelMencari contoh tabel penjualan? Kebanyakan pelaku usaha pemula mengaku kesulitan ketika mereka harus membuat sebuah sistem keuangan untuk usaha mereka, sekalipun itu hanya sebuah format pencatatan sederhana. Pasalnya diakui mereka bahwa sebagian besar tak cukup paham bagaimana cara membuat sebuah tabel berikut dengan prinsip-prinsip hitungannya.

Sebagian pengusaha mengakui sebenarnya membuat sebuah tabel keuangan tak benar-benar sulit, karena faktanya Anda sudah bisa membuat sebuah tabel keuangan cukup dengan mengandalkan sarana microsoft excel pada komputer Anda. Anda cukup mencontek dari contoh tabel penjualan, pembelian dan jurnal-jurnal lain yang dengan mudah bisa Anda temukan dari berbagai buku ilmu akuntansi atau dari beberapa web akuntansi.

Kesulitan terbesar memang bukan terletak pada penyusunan tabelnya, tetapi pada bagaimana cara mengisi data dalam tabel. Kadang demi alasan ketidak pahaman, banyak pelaku usaha kemudian memilih metode manual dalam mengisi data.

Padahal urusan pengisian data dalam akuntansi bisa dikatakan cukup rumit. Data kadang harus Anda isi dengan detail dalam beberapa jurnal sekaligus, diakumulasi dan dilaporkan dalam catatan yang berbeda sekaligus. Ini akan menyebabkan kerentanan dalam urusan kesalahan manusia atau biasa Anda kenal dengan human eror.

Beberapa pelaku usaha dengan modal yang cukup baik akhirnya akan memilih untuk membeli sebuah program pencatatan dan pelaporan keuangan. Di satu sisi cara ini memang praktis namun juga memakan biaya dan kadang memaksa Anda harus meluangkan waktu untuk belajar sesaat mengenai sistem dalam program tersebut.

Sebenarnya Anda tidak harus melakukan pembelian program yang memakan biaya besar dan memakan waktu belajar yang panjang dan rumit. Karena faktanya dalam excel sekalipun Anda sudah bisa menemukan sebuah sistem yang bisa membantu Anda melakukan pencatatan, akumulasi dan pelaporan yang mudah dan cepat.

Baca juga: Panduan Mulai Penyusunan Pembukuan Akuntansi Keuangan

Sudah bukan rahasia lagi, bagaimana mudahnya Anda mengakses excel dan bagaimana sebagian besar orang sudah cukup familier dengan program bawaan microsoft ini. Bilapun banyak orang terbentuk dalam sistem perumusan untuk menyempurnakan sistem pengisian data, secara umum sistem perumusan dalam excel sendiri juga mudah untuk dimengerti.

Dan kali ini kami akan membantu Anda menemukan contoh tabel penjualan dengan prinsip dan perumusan sederhana dalam excel menggunakan beberapa rumus seperti Vlook Up FALSE, Vlook Up TRUE, angka absolute, sistem operasi hitung dan sistem currency atau mata uang.

Dengan sistem ini Anda bisa mendapatkan sebuah contoh tabel penjualan yang sederhana dan mudah dioperasikan. Cukup dengan memasukkan data kode barang atau nama barang, maka harga akan otomatis masuk, bahkan berikut dengan diskon dan beberapa termin bila diperlukan. Kemudian kompute juga dengan otomatis akan melakukan akumulasi pada akhir periode.

Sebelum Anda membuat contoh tabel penjualan, buat dulu sebuah tabel data yang berisikan daftar produk berikut dengan harga aturan diskon serta angka diskon, aturan termin dan angka termin sebagai dasar dari pengaturan data dalam tabel penjualan.

Setelah rampung dengan tabel data penjualan, maka Anda akan membuat tabel kedua yang nantinya akan difungsikan sebagai tabel pencatatan dan pelaporan keuangan. Tabel ini tidak diisi kecuali terjadi transaksi penjualan pada perusahaan. Dalam tabel ini terdapat lajur untuk kode barang, nama barang, harga satuan, item dan total penjualan.

Contoh Tabel Penjualan Menggunakan Software Excel

Kemudian isi tiap bagian dari lajur pada contoh tabel penjualan dengan rumus sebagai berikut :

Nama barang 
Pada Cell Nama barang  (C5) ketikan rumus  =VLOOKUP(B5;Data!$B$4:$D$7;2;FALSE)
ket : vlookup dengan nilai false karena bersifat tetap sesuai data referensi dan gunakan absolute $ supaya data yang tercantum akan tetap ketika didrag/tarik rumusnya

Harga satuan
Pada Cell Harga satuan (D5) ketikan rumus =VLOOKUP(B5;Data!$B$4:$D$7;3;FALSE)

Ket : bekerja dengan cara yang sama dengan nama barang perbedaanya pada letak kolomnya yaitu di kolom 3

Total Harga
Pada Cell Total Harga (F5) ketikan rumus =D5*E5

ket : total harga = harga satuan x jumlah barang

Jumlah Harga
Pada Cell (F10) ketikan rumus =SUM(F5:F8)

ket : total dari semua harga barang pasca Anda kalikan dengan harga satuan

Diskon
Pada Cell (F11) ketikan rumus =VLOOKUP(F10;Data!F4:G7;2;TRUE)
ket : vlookup dengan nilai true karena nilai diskon bersifat tidak tetap/berubah sesuai pembelian

Pembayaran
Pada Cell (F12) ketikan rumus =F10-((F10*F11)/100)
ket :  pembayaran = jumlah – Diskon 


Setelah Anda mengatur masalah rumus data, maka saatnya untuk menggunakan sistem mata uang rupiah dengan menggunakan pengaturan format cell currency pilih rupiah (Rp). Klik pada bagian terujung dari tabel dan drag ke seluruh bagian tabel. Dan Anda siap dengan contoh tabel penjualan pada Excel ini.

sumber gambar: elistingz.net

Artikel Bisnis Pilihan

Contoh Tabel Penjualan Dengan Software Excel

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Contoh Tabel Penjualan Dengan Software Excel