Cara Pembukuan Keuangan Online Shop Dengan Moka POS

Cara pembukuan keuangan seringkali membuat bingung para pengusaha, apalagi para pelaku usaha online. Kebanyakan pelaku usaha online shop memang mengeluhkan betapa tidak mudahnya mengelola sistem keuangan dan pencatatan keuangan ketika usaha mereka mulai berkembang. Tak mudah memang mengingat pada dasarnya tak semua orang memakan bangku kuliah di jurusan keuangan dan akuntansi serta mahir dengan cara pembukuan keuangan.

Tanpa pencatatan dan pembukuan keuangan yang memadai, sebuah perusahaan akan mengalami masalah serius dengan urusan keuangan dan pengelolaan di dalamnya. Namun untuk skala usaha kecil menengah mengeluarkan sejumlah modal untuk merekruit tenaga akuntansi atau membeli sebuah program POS atau Point Of Sale, jelas juga cukup memberatkan.

Tak kurang dari angka jutaan bahkan belasan juta perlu dikeluarkan oleh pelaku usaha untuk bisa memiliki sebuah sistem keuangan yang layak dan telah terintregasi. Sebuah angka yang tidak bisa dikatakan ringan.

Dan inilah yang kemudian menjadi dasar bagi dua orang praktisi dunia teknologi informasi ini dalam mengembangkan sebuah bisnis start up yang memberikan alternatif baru dan terjangkau untuk cara pembukuan keuangan bagi usaha penjualan, termasuk online shop. Dan berdirilah salah satu perusahaan POS lokal bernama Moka POS.

Berawal dari pengalaman salah satu pemilik usaha Moka POS ini, Haryanto Tanjo ketika menjalankan kuliah di San Fransisco. Di kota ini pria berusia 25 tahun tersebut memulai sebuah usaha online shop busana. Namun ketika usahanya berkembang, pria muda ini justru terbentur dengan persoalan pengelolaan keuangan yang tidak pratis dan tersistem. Membeli sebuah program jelas di luar kemampuan keuangan usaha kecilnya.

Baca juga: Panduan Mulai Penyusunan Pembukuan Akuntansi Keuangan

Cara Pembukuan Keuangan Online Shop Dengan Moka POS

sumber gambar: itunes.apple.com

Di saat menyadari betapa pentingnya cara pembukuan keuangan bagi usaha kecil, maka bertemulah beliau dengan Grady Laksmono yang memang telah mendalami dunia IT di California. Pria muda ini juga telah memakan cukup banyak pengalaman terkait pengembangan bisnis IT.

Dengan beberapa pengembangan dan perencanaan, keduanya sepakat membentuk sebuah usaha start up di tanah air berupa usaha penyediaan sistem pencatatan keuangan yang terintegrasi dengan sistem perbankan. Di sini pihak Moka sendiri memang sudah menjalin kerjasama dengan pihak perbankan.

Dengan mengusung konsep cloud, pengguna bisa dengan mudah mengakses data dimanapun tanpa harus selalu datang ke lokasi usaha dan mengawasi langsung gudang serta penjualan. Sistem ini juga membantu memudahkan akses data dari pihak perbankan dan pihak ke tiga lain, seperti suplier dan distributor.

Untuk bisa menggunakan jasa Moka POS juga cenderung sangat mudah. Anda hanya cukup bermodal Ipad, dimana Anda akan melakukan instalasi aplikasi ke dalam Ipad Anda. Kemudian setelahnya Anda akan melakukan registrasi untuk mendapatkan akun keanggotaan Anda.

Dengan sarana Moka POS ini Anda akan merasakan cara pembukuan keuangan menjadi lebih gampang, Anda dengan mudah mengakses data seputar ketersediaan barang, barang dalam gudang, beberapa spesifikasi dan pengelompokan, mengelola sistem pembiayaan dan pembelian serta mengatur pencatatan penjualan dan pemasukan.

Anda juga bisa membuat tagihan yang akan membantu Anda merampungkan piutang dengan lebih efektif. Data dalam penagihan secara otomatis akan terkoneksi dengan data. Dengan sistem integrasi ini, satu data yang Anda input akan bekerja secara efek domino pada beberapa data lain. Sehingga Anda tak lagi dipusingkan soal sistem input data yang panjang dan rumit, karena sebagian besar urusan input data sudah dikelola dengan otomatis.

Tak hanya itu, integrasi juga melibatkan pihak perbankan. Anda akan mudah mendapatkan sarana pencatatan data hutang dan alokasi keuangan untuk pengelolaan hutan dan piutang. Data dari pembayaran yang masuk dari pihak perbankan akan secara otomatis bekerja meningkatkan pendapatan atau pemasukan.

Anda bahkan tidak hanya akan terfasilitasi dalam pengelolaan pembukuan keuangan saja, tetapi juga dimanjakan dengan kemudahan membentuk data di luar penjualan dan pembelian, termasuk biaya tenaga kerja, biaya dalam kas kecil, biaya pemasaran dan data keuangan lain. Pendek kata cara pembukuan keuangan dengan menggunakan Moka POS terasa sangat mudah.

Dan menariknya, pihak Moka POS sendiri memberi Anda kemudahan dalam mendapatkan sistem yang praktis dan efektif ini. Anda bisa memilih 3 kategori pembayaran dari yang terkecil hingga terbesar. Pihak Moka POS sendiri menjadikan biaya pengelolaan dan instalasi sebagai sumber pemasukan bagi perusahaan.

Dengan mendasar dari gambaran Anda, kini Anda bisa memilih cara pembukuan keuangan mana yang sesuai dengan kapasitas usaha Anda.

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Pembukuan Keuangan Online Shop Dengan Moka POS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Pembukuan Keuangan Online Shop Dengan Moka POS