Cara Mendapatkan Modal Usaha Sebesar 50 Juta Rupiah Bahkan Lebih

cara mendapatkan modal usahaBagaimana cara mendapatkan modal usaha? Kita semua tahu bahwa modal seringkali menjadi penghalang seseorang untuk terjun dalam dunia usaha atau bisnis. Tidak adanya modal menggugurkan impian banyak orang untuk membangun kerajaan bisnis. Bayangkan enaknya jadi pengusaha saat kerajaan bisnis sudah dapat berjalan secara otomatis. Dan impian itu harus pupus karena terkendala modal usaha.

Padahal sumber modal itu ada di sekitar kita! Hanya saja banyak diantara kita yang tidak menyadari bagaimana cara mendapatkan modal usaha tersebut. Jika Anda tahu sumber-sumber modal tersebut, maka Anda akan dapat memaksimalkan sumber yang ada untuk mendukung misi mewujudkan kerajaan bisnis Anda. Namun sebelum lebih jauh, Anda harus meyakinkan pada diri sendiri, apakah Anda berani menjadi pengusaha atau tidak?! Anda harus punya tekad yang bulat untuk terjun dalam dunia bisnis.

Tulisan ini akan mengupas 8 cara mendapatkan modal usaha yang dapat langsung Anda praktekkan. Harapan saya setelah membaca artikel ini Anda dapat memaksimalkan cara dan sumber modal usaha untuk Anda gali.

Jika Anda benar-benar ingin tahu cara mendapatkan modal usaha maka Anda harus membaca artikel ini sampai selesai. Karena kedelapan cara tersebut dalam prakteknya dapat saling dukung. Sehingga Anda harus memahami semua cara mendapatkan modal usaha yang diuraikan dalam tulisan ini.

Cara mendapatkan modal usaha dalam uraian ini terutama dan sangat cocok bagi Anda yang baru memulai usaha. Bagi Anda yang sudah memiliki usaha atau usahanya sudah jalan, namun membutuhkan tambahan modal untuk perluasan usaha, silakan baca artikel satunya yang berjudul Cara Mencari Modal Usaha.

Alternatif lain, coba Anda lirik Peluang Bisnis Online, di sana banyak model bisnis yang bisa dikatakan tanpa modal. Namun memiliki potensi penghasilan yang bisa dikatakan tak terbatas. Dan sebenarnya cara bisnis online tidaklah sulit, dan Anda tidak harus punya latar belakang IT atau jago komputer untuk dapat menggeluti bisnis online.

Bagaimana cara mempraktekkan kedelapan cara mendapatkan modal usaha yang ada dalam tulisan ini?

Cara Mempraktekkan 8 Cara Mendapatkan Modal Usaha

Pertama, set the goal. Misi Anda adalah mengumpulkan dana sebagai modal usaha, jadi bukan untuk mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Jadi harus ada batasnya! Misal, perkiraan modal usaha yang dibutuhkan adalah Rp 25 juta atau Rp 50 juta. Tentukan saja targetnya, sehingga jika target tersebut telah terpenuhi, maka Anda dapat menghentikan program mencari modal usaha, dan langsung action untuk memulai membangun kerajaan bisnis yang sudah Anda rencanakan.

Kedua, kombinasikan beberapa cara. Cara satu akan menjadi yang utama. Namun Anda harus menghitung berapa lama waktu yang diperlukan oleh cara satu untuk mencapai akumulasi modal yang diinginkan. Anda dapat mempercepat waktu dengan mengkombinasikannya dengan cara lain. Misal selain cara satu Anda juga melakukan cara dua dan empat.

Ketiga, jika sudah melakukan beberapa cara, namun waktu yang diperlukan untuk terkumpulnya modal usaha masih dirasa lama, Anda dapat mencoba dua alternatif. Pertama dengan memperkecil skala usaha. Dengan demikian usaha yang Anda inginkan dapat langsung dimulai dengan modal yang lebih kecil, dengan skala yang lebih kecil. Kedua dengan mencari alternatif usaha lain yang tidak membutuhkan modal besar. Mungkin Anda dapat mencari peluang usaha rumahan yang ramah modal. Silakan klik tautan, artikel dalam tautan tersebut memuat beberapa ide usaha rumahan yang memiliki prospek bagus di tahun ini.

Keempat, lakukan dengan fokus. Mungkin ditengah jalan Anda akan merasa cara mendapatkan modal usaha ini sedikit memberatkan. Atau mungkin juga ada hal lain yang menggoda Anda untuk membelanjakan uang yang sekiranya hendak dialokasi sebagai modal usaha. Jika itu yang terjadi, ingatlah pada tujuan utama Anda. Bahwa Anda punya cita-cita untuk membangun bisnis. Dan itu harus diwujudkan! Karena bisnis akan berumur jangka panjang dan dapat diwariskan pada anak cucu.

Anda pasti sudah tidak sabar… Baiklah, ini dia 8 cara mendapatkan modal usaha yang dapat Anda praktekkan.

8 Cara Mendapatkan Modal Usaha

  1. Menabung

Anda pasti akan berkomentar: “What?! Are you kidding me?” atau “What the hell!” atau “Apa?! Bokis lu!”

Tidak saya tidak bercanda, dan saya juga tidak bohong! Menabung adalah cara mendapatkan modal usaha yang paling mudah.

Tapi judulnya bongkar rahasia cara mendapatkan modal usaha sebesar 50 juta rupiah dan bahkan lebih…

Iya, benar… Lantas, apa Anda berharap duduk bersila, tangan dilipat, baca mantra, dan setelah berkedip segepok uang ada di pangkuan Anda? Cara mendapatkan modal usaha yang akan diulas dalam tulisan ini merupakan cara yang riil dan masuk akal. Baca terus agar Anda mendapatkan semua poinnya.

Sebagian besar pengusaha pada awal usaha mendapatkan modal dari uang tabungan yang memang dialokasikan untuk mendirikan kerajaan bisnis. Penting untuk diperhatikan adalah: Cara menabung yang benar? Yup, Anda harus menabung dengan cara yang benar!

Ini dia cara menabung yang benar:

Menabung di depan. Artinya alokasikan dana untuk menabung di depan, begitu Anda menerima gaji atau mendapatkan penghasilan. Misal penghasilan Anda Rp 5 juta, langsung sisihkan Rp 1,5 juta untuk ditabung. Maka untuk mendapatkan modal usaha sebesar Rp 50 juta adalah 34 bulan. Tidak sampai tiga tahun Anda akan siap memulai kerajaan bisnis Anda. Sebagian dari Anda mungkin bertanya “Kalau tidak punya penghasilan mau nabung dari mana?” Nanti akan dibahas juga, tenang… baca terus dengan seksama sampai habis…

Evaluasi pengeluaran Anda. Jika perlu catat di pembukuan setiap pengeluaran yang dilakukan. Pada akhir bulan Anda akan dapat melihat pos belanja yang tidak perlu yang bisa dihilangkan. Lakukan ini selama tiga bulan, maka bulan keempat Anda sudah melakukan belanja yang benar-benar Anda perlukan saja. Dengan cara ini, di akhir bulan Anda akan mendapati sisa Rp 500 ribu, dan ini bisa ditambahkan ke tabungan. Sehingga dalam sebulan Anda menabung Rp 2 juta rupiah. Waktu yang diperlukan untuk mendapatkan Rp 50 juta jadi lebih cepat, yaitu 25 bulan, 2 tahun lebih sebulan.

Belanja sesuai keperluan, jangan belanja sesuai keinginan. Ada yang bilang, keinginan manusia itu tidak ada batasnya! Jika Anda turuti keinginan yang tak ada batasnya itu, maka uang Anda juga tidak akan ada cukupnya, akan selalu kurang. Jadi belanja sesuai keperluan saja. Tiap hendak belanja selalu ajukan pertanyaan “Apakah aku memerlukannya?”

Jangan belanja barang konsumtif. Anda pasti tahu ada dua tipe barang, yaitu barang produktif dan barang konsumtif. Hindari belanja barang konsumtif yang tidak Anda perlukan! Tidak usah ganti HP dulu, selama masih bisa dipakai tetap gunakan HP yang sekarang. Demikian pula motor, tidak usah ganti motor dulu. Jangan beli mobil dulu, kecuali berencana untuk menyewakan mobil tersebut. Karena mobil, motor, handphone adalah liabilitas. Mereka tidak menghasilkan uang, namun justru menghabiskan uang. Karena motor dan mobil membutuhkan bensin, oli, dan perawatan lainnya. Lain halnya jika Anda menggunakannya untuk keperluan usaha lho yaa….

Berhenti merokok! Merokok itu lebih banyak kerugiannya dibanding keuntungannya.Berhenti merokok itu tidak berat, yang penting adalah niat. Jika Anda tidak bisa berhenti merokok demi untuk mendapatkan modal usaha, maka niat Anda untuk memiliki kerajaan bisnis belumlah kuat.

Apa ada cara lebih mudah? Menjadi pengusaha itu tidak bisa dilewati secara instan. Kecuali Anda anak orang kaya, anak konglomerat. Kalau Anda bukan anak orang kaya, maka Anda harus melewati prosesnya. No pain no gain. Semakin melakukan penghematan, Anda pasti akan merasa semakin tidak nyaman, namun juga akan semakin cepat modal usaha terkumpul. Toh penghematan yang Anda lakukan tidak akan berlangsung selamanya! Saat kerajaan bisnis Anda sudah menghasilkan, Anda dapat membelanjakan uang sesuka hati. Namun Anda wajib baca Cara Mengatur Uang Keluarga Dan Uang Usaha.

Penghasilan Anda pas-pasan? Cari penghasilan tambahan, lewat pekerjaan sampingan. Atau lebih baik jika Anda mencoba memulai usaha modal kecil. Silakan klik tautan tersebut, Anda akan mendapatkan informasi berharga terkait usaha modal kecil. Hanya punya uang Rp 500 ribu, cari usaha yang modalnya hanya Rp 500 ribu. Punya Rp 1 juta, coba usaha dengan modal 1 juta, dan seterusnya. Selain menghasilkan profit, langkah ini juga sekaligus bisa jadi ajang ‘latihan’ bisnis bagi Anda.

Jangan simpan dalam bentuk uang. Menyimpan dalam bentuk uang, godaannya amat besar. Simpan di rekening tabungan godaannya tak kalah hebat. Tiap melihat saldo rekening, pasti Anda akan tergoda untuk membelanjakannya. Simpan di rekening yang tidak bisa diambil sewaktu-waktu, misal dalam bentuk deposito. Tapi saya lebih suka menyimpannya dalam bentuk emas batangan, reksadana, dan saham. Masing-masing dari ketiga instrumen tersebut ada resikonya. Resiko paling rendah adalah menyimpannya dalam bentuk emas batangan. Saat tabungan Anda memenuhi, belikan emas batangan 5 gr. Hati-hati menyimpannya! Pastikan Anda simpan di tempat aman, karena resiko dicuri orang sangat besar.

  1. Menjual Aset

Cara mendapatkan modal usaha yang kedua adalah dengan menjual aset. Baik itu aset yang memang bernilai aset, maupun aset yang berupa barang yang masih bernilai, namun sudah tidak Anda pakai lagi.

Coba list aset-aset yang Anda miliki, tanah, rumah, emas batangan, emas perhiasan, reksadana, saham, atau aset lainnya. Tulis semua, baru nanti disortir lagi, mana yang bisa dijual untuk dijadikan modal usaha dan mana yang tidak bisa dijual.

Kemudian, list barang-barang di rumah Anda, barang elektronik, dan lain-lain. Tulis semuanya, baru nanti disortir, mana yang bisa dijual dan mana yang tidak bisa. Kamera DSLR jarang dipakai, gitar listrik gak pernah dipakai, lemari ternyata bisa muat satu lemari, berarti lemari yang satu bisa dijual. Televisi juga cukup punya satu, jadi televisi yang di kamar bisa dijual. Dan seterusnya…

Besar kecilnya modal usaha yang didapat tergantung besar kecilnya aset yang Anda miliki. Jika masih kurang, dapat dikombinasikan dengan cara pertama. Menabung, hingga terkumpul cukup modal. Atau langsung memulai usaha dengan modal kecil dengan memperkecil skala usaha. Kalau tadinya pengin bikin kafe, ya sementara bikin warung kopi sederhana dulu… Atau tunggu hingga modal terkumpul.

  1. Pinjam Teman/Saudara

Satu lagi cara mendapatkan modal usaha yaitu dengan pinjam teman atau saudara. Kenapa teman/saudara? Karena mereka adalah orang dekat Anda, jadi ada kemungkinan untuk memberikan pinjaman. Kalau mereka tidak mau memberikan pinjaman mungkin ada tiga kemungkinan: pertama karena Anda kurang bisa dipercaya, atau yang kedua teman/saudara Anda itu memang tidak punya uang, atau yang ketiga saudara/teman Anda memang pelit.

Jika Anda sudah dipercaya dan mendapatkan pinjaman, maka jagalah kepercayaan tersebut. Bagaimanapun juga bayar hutang tepat pada waktunya. Jika hingga tenggat waktu pengembalian Anda belum punya cukup uang, jangan lari atau sembunyi. Hadapilah, bicarakan baik-baik. Buat kesepakatan tanggal lagi. Dan pada kesempatan kedua ini Anda HARUS menepatinya. Jika tidak, hilanglah reputasi Anda.

  1. Kerjasama Partnership

Cara mendapatkan modal usaha selanjutnya adalah dengan kerjasama partnership. Mungkin sebagian besar orang akan merasa kurang nyaman jika Anda menghutang uang dalam jumlah yang cukup besar. Jadi Anda tidak bisa menyebut pelit kalau teman atau saudara Anda tidak memberikan pinjaman uang dalam jumlah banyak, padahal sebenarnya punya.

Nah, solusinya adalah melibatkan orang tersebut dalam bisnis yang hendak Anda bangun. Ajak untuk bergabung dalam kerjasama partnership. Ada banyak sistem kerjasama partnership ini, yang penting adalah kesepakatan kedua belah pihak.

Jangan lupa agar kerjasama partnership ini harus diatur secara detail dan memiliki kekuatan hukum.

  1. Dana Hibah

Anda pasti sering mendengar dana hibah, tapi tidak pernah tahu wujudnya. Seolah dana hibah ini barang gaib, antara ada dan tiada. Dan begitu mendengar dana hibah, pasti langsung terbayang dari Arab. Padahal tidak usaha jauh-jauh, pemerintah Indonesia juga mengeluarkan dana hibah di saat tertentu untuk keperluan tertentu.

Anda bisa memanfaatkan dana hibah dari pemerintah tersebut sebagai cara mendapatkan modal usaha.

Dana hibah untuk pelaku usaha biasanya disalurkan melalui Kementrian UKM. Tentu saja tidak sembarang orang bisa mendapatkan dana hibah ini. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan dana hibah. Karena dana hibah merupakan uang yang diberikan begitu saja, tanpa ada kewajiban mengembalikannya.

Mungkin akan terasa sulit bagi Anda untuk mendapatkan dana hibah. Karena seperti sudah saya sebutkan tadi, keberadaan dana hibah seolah gaib, antara ada dan tiada.

Paling mudah adalah mendapatkan dana hibah dari orang tua. Rayu orang tua agar mau menjual sawah di kampung halaman, itu kalau orang tua Anda punya sawah. Dana hibah dari orang tua ini adalah dana hibah yang paling masuk akal, dan sifatnya sama dengan dana hibah lainnya, Anda tidak berkewajiban untuk mengembalikannya.

  1. Pegadaian

Banyak orang anggap remeh pegadaian, karena pegadaian dikenal sebagai pembiayaan yang sifatnya mikro. Padahal pegadaian terbilang sebagai cara mendapatkan modal usaha yang cukup mudah dan cepat.

Syarat untuk mendapat pendanaan dari pegadaian adalah Anda harus punya barang sebagai agunan. Bisa berupa emas (baik batangan maupun perhiasan), mobil, motor, laptop, handphone, dan barang elektrobik lainnya.

Langkah pertama adalah mengisi formulir, kemudian barang yang akan dijadikan agunan ditaksir nilainya oleh juru taksir. Dan selanjutnya Anda langsung menerima dana tunai sesuai dengan perhitungan juru taksir.

  1. Crowdfunding

Ajak orang lain untuk iuran mendanai usaha Anda. Apa itu mungkin? Sangat mungkin! Itulah yang disebut crowdfunding.

Cara mendapatkan modal usaha yang pertama akan kita bahas adalah crowdfunding. Mungkin sebagian dari Anda masih awam dengan crowdfunding. Sistem crowdfunding ini terbilang baru. Semakin marak seiring dengan perkembangan fintech (financial technology). Apa itu crowdfunding? Crowdfunding adalah sistem penggalangan dana yang dilakukan secara online dan biasanya digunakan untuk membiayai suatu proyek bisnis (umumnya bisnis UKM) ataupun proyek sosial.

Beberapa situ crowdfunding yang bisa Anda manfaatkan:

Silakan dipelajari mana yang paling cocok untuk mendanai modal usaha Anda. Perhatikan bunganya. Tidak sedikit crowfunding yang membebankan bunga tinggi.

  1. Modal Dari Konsumen

Cara mendapatkan modal usaha satu ini adalah dengan memanfaatkan uang dari konsumen. Caranya, buat konsumen agar mau membayar dimuka. Dengan demikian Anda tidak butuh modal sama sekali. Konsumen memberikan uangnya untuk Anda jadikan sebagai modal usaha.

Saat ini banyak model bisnis seperti ini. Misalnya dengan sistem pre order. Dalam sistem pre order konsumen akan memesan sekaligus membayar dimuka untuk produk yang dibelinya. Selanjutnya Anda dapat menggunakan uang konsumen tersebut untuk produksi dan membiayai biaya operasional.

Contoh lain adalah dengan sistem membership, dimana konsumen/member akan mendapat benefit tertentu, namun harus membayar secara paket di muka. Jika Anda mengemasnya dengan cantik, maka konsumen akan berbondong-bondong untuk menjadi member dan membayar di muka. Dengan uang yang dibayarkan di muka tersebut Anda tak perlu pusing lagi dengan cara mendapatkan modal usaha.

Untuk cara mendapatkan modal usaha dengan memanfaatkan uang dari konsumen, sementara Anda dapat mempraktekkan dua cara tersebut. Nanti akan saya update lagi cara lain yang dapat Anda praktekkan dan kembangkan.

sumber gambar cara mendapatkan modal usaha: antarafoto

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Mendapatkan Modal Usaha Sebesar 50 Juta Rupiah Bahkan Lebih

4 COMMENTS

  1. halooo semuanya, perkenalkan nama saya annisa aulia rahmi. saya seorang perempuan yang sedari lulus dibangku sekolah menengah atas selalu bekerja keras untuk mengumpulkan modal usaha. namun, apa daya banyak hal yang membuat kerja keras saya menjadi sia sia selama ini. saya pernah memikirkan untuk meminjam modal kepada pinjaman online namun kadang saya ragu karena takut itu adalah penipuan.
    jadi, disini saya annisa aulia rahmi umur 21 tahun menuliskan hal ini dikolom komentar karena besar harapan saya untuk mendapatkan modal usaha atau seseorang yang mau bekerja sama bersama saya untuk membuat sebuah carwash&resto yang dimana peluangnya sangat bagus untuk dijadikan usaha. jika bapak/ibu atau kakak kakak sekalian insyaallah saya akan membuat proposal sebaik mungkin untuk ditampilkan. Sekian dan terima kasih

  2. Mohon bantuan modal usahanya, Dan apabila usaha saya maju 50% dari ke untungan Akan saya berikan kepada pemberi modal, saya harapkan bantuan dari para donatur yang bijaksana
    Hub; 083178640666

  3. Impian saya untuk menjadi pengepul barang bekas belum bisa terwujud karena terkendala modal , gaji menjadi guru swasta masih kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari , mudah mudahan ada yang bersedia menjadi pemodal ,,,seperti harapan mas Bakri diatas ,,,yg bersedia chat me di nmr 085852485054.

  4. Selama ini saya cuma numpang cari makan dibengkel spd motor, seiring dgn waktu dn anak sdh mulai pada besar2, gaji dr bejerja bengkel sdh mulai kesulitan. Skill dibengkel cukup lumayanlah… Hanya skrang ini pokus mencari dana bantuan utk buka bengkel sendiri dgn istilah skill sdh mumpuni cuma modal yg g mumpuni. Dengan bergabungnya saya DIPOJOK BISNIS semoga ada pemodal bs mengajak sy utk kerjasama membangun bengkel spd motor… Ada yg berminat bs menghubungi sy di WA 081275832930..atau bs difacebook abakryakry71@gmail.com..lokasi perencanaan buka bengkel DIKEPRI BATAM.. salam hormat BAKRY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Mendapatkan Modal Usaha Sebesar 50 Juta Rupiah Bahkan Lebih