Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan

Pentingnya Laporan Keuangan PerusahaanBeberapa kali saya menyampaikan pentingnya sebuah perusahaan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan secara periodic dan kontinyu. Itu sebabnya saya juga beberapa kali menyampaikan beberapa tahapan yang perlu Anda jalankan dan pahami untuk dapat menyusun laporan keuangan sesuai yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah apa alasannya sehingga demikian pentingnya sebuah perusahaan untuk menyusun laporan keuangan mereka sendiri. Mengapa sebuah perusahaan diprioritaskan untuk memiliki laporan keuangan secara peiodik?

Ternyata ada peran besar dari sebuah pelaporan keuangan terhadap berjalannya roda perusahaan terutama pada roda keuangan. Dan untuk lebih jelasnya berikut ini adalah gambaran mengenai mengapa sebuah laporan keuangan harus Anda susun.

Pada dasarnya laporan keuangan perusahaan adalah sebuah gambaran mengenai kondisi keuangan perusahaan. Dari sanalah Anda bisa menemukan informasi mengenai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Termasuk pula bagaimana gambaran nilai ekonomis dari aktivitas perusahaan termasuk efisiensinya. Dan secara umum laporan keuangan adalah bentuk pertanggung jawaban pengelola roda usaha terhadap pihak-pihak yang berkepentingan.

Ada banyak pihak yang berkepentingan terhadap pertanggung jawaban pengelola usaha. Ada pula pihak-pihak yang berkepentingan terhadap laporan keuangan untuk menjadikannya sebagai titik tolak ukur bagi beberapa keputusan dan perencanaan. Dan berikut ini adalah pihak-pihak yang berkepentingan dengan laporan keuangan perusahaan berikut denga pemanfaatannya.

  • Pihak internal perusahaan
    • Sebagai bentuk pertanggung jawaban pihak pengelola terhadap pihak-pihak pemilik perusahaan. Biasanya terjadi bila tampuk pengelolaan perusahaan diserahkan pada pihak kedua atau bukan langsung dijalankan oleh pemilik perusahaan.
    • Sebagai media evaluasi terhadap pengelolaan periode sebelumnya, melihat titik prestasi dan titik kelemahan dalam pengelolaan, menjadi penilaian terhadap kemampuan, pencapaian dan kekurangan dalam pengelolaan.
    • Sebagai media perbandingan dari laju keuangan perusahaan dari satu period eke periode yang lain, sebagai titik tolak progress perusahaan, sebagai cerminan efek dari sebuah kebijakan jangka panjang atau untuk melihat imbas dari sebuah situasi makro perusahaan.
    • Sebagai titik tolak dalam menentukan perencanaan perusahaan dalam periode berikutnya.
    • Untuk media promosi bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari pihak ketiga bagi perkembangan usaha, seperti dari investor atau dari kreditur.
    • Sebagai rujukan pada periode akan datang untuk melihat kebijakan dan perkembangan perusahaan di masa lampau. Kadang situasi dan kondisi makro dan mikro pada satu masa memiliki kemiripan dengan situasi pada masa sebelumnya. Laporan keuangan dari periode tertentu kelak bisa menjadi rujukan dalam pengambilan keputusan pada periode akan datang.
    • Laporan keuangan perusahaan juga berguna sebagai dasar dalam perhitungan pajak
  • Pihak eksternal perusahaan
    • Pihak investor berkepentingan untu melihat kesehatan, profitabilitas dan peluang dari investasi yang mereka lakukan, termasuk juga untuk melihat kemampuan pengembalian modal dari perusahaan. Dari pelaporan, investor akan memutuskan penarikan modal atau penambahan modal dalam periode berikutnya.
    • Pihak kreditur berkepentingan untuk melihat kesehatan, likuiditas dan kemampuan perusahaan dalam melakukan pelunasan hutang sesuai jatuh tempo. Dari pelaporan, kreditur akan mengambil keputusan untuk meneruskan pinjaman, pemberian keringanan atau malah memberikan status bangkrut pada perusahaan dengan pengambilan asset.
    • Pihak supplier juga kerap berkepentingan dengan perusahaan, terutama bila ada transaksi piutang antara perusahaan denga supplier. Dari pelaporan supplier bisa menilai perkiraan kelancaran pembayaran dari pihak perusahaan dan menilai kelayakan perusahaan mendapatkan termin dalam transaksi berikutnya.
    • Pihak pemerintah juga berkepentingan dengan laporan keuangan perusahaan terutama terkait dengan perhitungan pajak dan jumlah pajak disetor pada periode bersangkutan. Pihak pemerintah secara makro juga akan menjadikan pelaporan keuangan periode ini sebagai rujukan dalam menentukan estimasi nilai pajak di periode berikutnya.
    • Pihak karyawan yang tentu saja memiliki kepentingan untuk mengetahui sesehat apa perusahaan tempat mereka bekerja dan memahami perbandingan kesejahteraan karyawan dengan kondisi perkembangan keuangan perusahaan dari periode ke periode.

Ternyata ada begitu banyak pemanfaatan dari laporan keuangan perusahaan dan begitu banyak pula pihak yang berkepentingan dengan sebuah pelaporan keuangan. Jadi kini semakin kuat dan mendasar bukan kenapa Anda perlu membuat laporan keuangan perusahaan, seprematur apapun perusahaan Anda saat ini.

sumber gambar: taylorchandler.com

Artikel Bisnis Pilihan

Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Alasan Pentingnya Laporan Keuangan Perusahaan