7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama

Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain-LainBekerja adalah salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh manusia. Dengan bekerja, seseorang tentu saja akan mendapatkan penghasilan berupa uang untuk memenuhi kebutuhan hidup, sekaligus menunjang kewajiban-kewajiban lainnya. Misalnya kebutuhan untuk makan, kebutuhan untuk mendapat pendidikan, fasilitas kesehatan, hiburan, bahkan kebutuhan untuk bersosial.

Pasti bagi kamu yang baru tamat jenjang sekolah/kuliah, merasa senang dong ketika dapat pekerjaan pertama. Apalagi pekerjaan yang sesuai dengan impianmu selama ini. Rasanya excited, iya kan? Seakan-akan hari pertama kerja seperti hari yang dinanti-natikan seumur hidupmu.

Tapi guys, jangan mentang-mentang kamu sudah bisa nyari duit sendiri, kamu boleh bersikap boros. Saat gajian, kamu kalap membeli semua barang-barang yang kamu suka. Kamu sering pergi jalan-jalan ke tempat-tempat yang diinginkan, dan berfoya-foya menghabiskan uang gajian bulananmu. Kamu tidak berfikir bahwa uang yang kamu dapat juga harus ditabung untuk masa depan.

Sebagai orang yang baru masuk ke dalam dunia kerja, kamu musti berusaha untuk mengelola keuanganmu sendiri. Jangan buang-buang uang untuk hal-hal yang kurang penting dan sifatnya sementara. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengelola keuangan bagi kamu yang baru pertama bekerja.

Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama

  1. Membuka Rekening Lain Khusus Untuk Uang Simpanan

Membuka Rekening Lain Khusus Untuk Uang Simpanan

sumber gambar: wisegeek.com

Ketika kamu mulai bekerja sebagai karyawan dalam salah satu perusahaan, pastilah kamu akan mendapatkan gaji/upah setiap bulannya. Bila saatnya tanggal gajian tiba, biasanya HRD perusahaan kamu akan mentransfer uang gaji ke rekening utama.

Nah, kamu harus bisa mulai mengelola pendapatanmu sendiri. Bagilah uang gajimu untuk keperluan selama sebulan. Sisihkan untuk bayar kost, uang makan, jatah untuk orang tua dan uang hiburan. Dan jangan lupa, sisihkan uang untuk disimpan. Usahakan setiap bulan kamu harus menyisihkan uang untuk ditabung.

Lebih baik kamu buatkan rekening lain khusus untuk menyimpan uang tabunganmu. Simpan uangmu ke rekening tersebut dan jangan kamu utak atik lagi. Kalau perlu, jangan simpan kartu ATM rekening tersebut di dalam dompetmu, karena apabila ada ‘godaan mendadak’, kamu masih bisa mengontrol. Setidaknya sampai kamu pulang ke rumah/kost.

Lakukan hal itu setiap bulannya ketika tanggal gajian tiba. Konsisten dan tetap berpikir positif bahwa uang tabunganmu akan bermanfaat untuk masa depan.

Baca juga: Cari Kerja Sampingan Tanpa Modal? Coba Cara Ini!

  1. Usahakan Menggunakan Uang Pas Saat Transaksi Pembayaran

Usahakan Menggunakan Uang Pas Saat Transaksi Pembayaran

sumber gambar: tipstipis.com

Siapa yang malas menghitung uang lebih dulu ketika hendak membayar sesuatu? Barangkali kamu salah satunya. Memang terkadang kita lebih merasa efisien ketika membayar dengan uang nominal besar karena malas menghitung dengan uang pas. Padahal itu cukup berpengaruh untuk mengelola keuanganmu loh.

Bila memungkinkan, menggunakan uang pas saat melakukan transaksi bisa menjadi ‘senjata’ untuk mengelola uang secara efektif. Boleh percaya atau tidak, biasanya uang yang sudah terpecah menjadi nominal yang lebih kecil, habisnya akan lebih cepat. Sebaliknya, uang nominal besar akan sayang untuk digunakan. Iya, nggak?

Satu lagi keuntungan membayar dengan uang pas, kamu akan terhindar dari sikap menyia-nyiakan uang. Apabila membayar dengan uang nominal besar, maka memungkinkan kamu mendapatkan kembalian uang receh atau koin. Kamu jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan uang koin untuk membayar, kan? Uang koin hasil kembalian hanya kamu simpan di dalam toples tanpa tahu akan dipakai untuk apa.

  1. Belanjakanlah Uang Koinmu

 

Belanjakanlah Uang Koinmu

sumber gambar: rachmaaprilia.blogspot.com

Masih ada hubungannya dengan poin kedua, salah satu cara mengelola uang yang benar adalah dengan membelanjakan uang koinmu. Kamu mungkin tipikal orang yang suka menyimpan uang koin hasil kembalian ke dalam toples. Makin lama koinmu menumpuk tanpa tahu harus menggunakannya untuk apa.

Mulailah belanjakan uang koinmu agar tidak terbuang percuma. Selain bisa kamu tukarkan ke warung/toko, kamu bisa juga menggunakan untuk belanja yang memiliki nominal harga kecil. Gunakan uang koinmu untuk membayar dengan nominal di bawah 5000 rupiah. Uang koinmu juga bisa menambah nominal saat kamu hendak membayar dengan uang pas.

Oh iya, uang koinmu juga bisa kamu sumbangkan untuk mereka yang lebih membutuhkan loh. So, kamu nggak membuang uang, sekaligus bisa bersedekah. Mantap, kan?

Baca juga: Cara Dapat Uang Lewat Internet Dengan Micro Jobs

  1. Jangan Terlalu Sering Membuang Uang untuk Sesuatu yang Bersifat Hiburan

Jangan Terlalu Sering Membuang Uang untuk Sesuatu yang Bersifat Hiburan

sumber gambar: theodysseyonline.com

Tak dipungkiri, hiburan memang penting untuk kita sebagai manusia normal. Tentu saja kita akan merasa bosan dengan rutinitas bekerja yang itu-itu saja setiap hari. Kamu butuh hiburan untuk kembali me-refresh pikiran. Entah itu dengan belanja barang-barang yang kamu suka, menonton film, bertamasya, atau hanya sekedar ngopi-ngopi bersama teman.

Boleh saja kamu menyenangkan dirimu sendiri, tapi tetap jangan berlebihan. Sisihkan dana khusus dari uang gajimu untuk hiburan. Kamu masih boleh belanja pakaian setiap bulan sekali. Atau bagi kamu yang gemar nonton film, memiliki agenda khusus sekaligus dengan pendanaannya juga layak dipikirkan. Dan untuk tamasya/piknik, lakukan beberapa bulan sekali saja yaaa…

  1. Hindari Hutang

Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama Hindari Hutang

sumber gambar: diseasecalleddebt.com

Atas alasan apapun, sebaiknya hindari berhutang. Jangan karena teman-temanmu memiliki kendaraan dan gadget bagus, maka kamu berinisiatif untuk membeli barang-barang serupa dengan cara kredit. Membeli barang secara kredit hanya akan membebankanmu dengan bunga yang besar. Selain merugikanmu, itu juga berdosa.

Oh iya guys, kamu juga tidak disarankan menggunakan credit card dulu ya. Memang credit card terkadang penting bagi kamu yang  suka belanjaonline atau untuk membeli aplikasi-aplikasi handphone. Tapi, itu juga sifatnya pemborosan. Apalagi buat kamu yang baru bekerja. Sebaiknya jangan memakai kartu kredit dulu deh. Terlebih bagi kamu yang masih susah tahan godaan untuk belanja.

  1. Gunakan Aplikasi Ponsel Untuk Mengelola Keuanganmu Sendiri

Gunakan Aplikasi Ponsel Untuk Mengelola Keuanganmu Sendiri

sumber gambar: arbamedia.com

Di era serba modern seperti ini, sudah bermunculan aplikasi-aplikasi ponsel pintar yang bisa kita manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja aplikasi untuk mengelola keuangan pribadi. Kita bisa menggunakannya untuk mengatur bagaimana sebaiknya kita membelanjakan uang secara bijaksana.

Sudah banyak aplikasi yang dapat membantu kita mengatur keuangan yang bisa kita unduh secara gratis lewat ponsel, seperti Money Monitor,Spending Tracker, dan Money Manager. Kita bisa masukan berapa pendapatan kita setiap bulan, pengeluaran dan otomatis tabungan yang harus kita simpan.

Yang perlu kamu ingat adalah kamu harus konsisten. Kamu juga harus benar-benar commit untuk mengatur keuanganmu sendiri. Oh iya satu lagi, usahakan nominal uang tabunganmu setiap bulannya meningkat. Misalnya, bulan ini kamu menabung 500 ribu, maka bulan depan kamu bisa menabung 600 ribu, dan seterusnya.

  1. Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain-Lain

Sisihkan Sedikit Dana untuk Kebutuhan Lain-Lain

sumber gambar: inc.com

Kebutuhan lain-lain di sini salah satunya meliputi kebutuhan yang tidak disangka-sangka. Misalnya tiba-tiba kamu sakit dan harus mengeluarkan dana untuk berobat, atau service motor yang mogok/ban bocor bagi kamu yang kebetulan menggunakan sepeda motor. Kamu tidak akan pernah menebak kejadian apa yang menimpamu kelak, kan?

Sengaja menyisihkan dana untuk kebutuhan lain-lain ini sangat berguna. Di satu sisi, kamu tidak perlu repot-repot mengambil dana tabungan pribadimu kalau-kalau kejadian semacam itu terjadi, namun di sisi lain kamu juga bisa menambah uang tabunganmu apabila dana ini sama sekali tidak dikeluarkan. Keren kan, guys?

Banyak hal lain sebenarnya yang bisa kamu lakukan untuk mengelola keuanganmu sendiri. Yang kamu perlukan hanya niat dan komitmen dari dalam diri kamu. Usahakan menabung di usia muda. Dengan menabung, kamu akan mempunyai cukup dana untuk bisa dimanfaatkan ke bidang lain. Misalnya kamu membuka usaha untuk ladang uangmu sendiri. Kamu tidak mau selamanya menjadi karyawan kantoran, kan?

Artikel Bisnis Pilihan

7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 Tips Mengelola Keuangan Buat Kamu yang Baru Mendapat Pekerjaan Pertama