Tips Memilih Asuransi Kesehatan Dan Investasi Atau Asuransi Kesehatan Murni

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Dan Investasi Atau Asuransi Kesehatan MurniAsuransi kesehatan dan investasi, biasa dikenal sebagai unit link, seakan sudah menjadi salah satu kebutuhan warga perkotaan. Bila dulu asuransi dianggap sebagai sesuatu yang “tak berguna” bahkan para agen asuransi tak jarang disebut sebagai “penipu”, saat ini sudah tidak lagi. Asuransi sudah menjadi sebuah bagian yang tak terpisahkan dari ekonomi perkotaan. Baik itu asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi hari tua, hingga asuransi jiwa, dan barang-barang berharga lain. Satu hal lagi jenis asuransi yang dalam beberapa tahun terakhir ini semakin giat dikembangkan : asuransi kesehatan dan investasi, atau unit link.

Berbeda dengan asuransi kesehatan resmi yang hanya mengcover sektor kesehatan dari nasabah. Tak ada unsur keuntungan atau profitable dari jenis asuransi ini. Penggunanya hanya akan terjamin secara penuh untuk kesehatan dan mendapatkan klaim asuransi bila sakit, serta ditanggung sepenuhnya untuk biaya pengobatan dan lain-lain. Nah, seperti namanya, asuransi kesehatan dan investasi pun tak jauh berbeda. Yang membedakan tentu kata “investasi” yang berarti jenis asuransi ini akan memberikan Anda keuntungan.

Seperti halnya investasi dalam hal lain, investasi dalam bentuk asuransi ini tentunya juga memiliki nilai keuntungan dan kerugiannya tersendiri. Namun ini pun tak menjadikan Asuransi kesehatan murni akan selalu memberi keuntungan untuk para nasabahnya. Nah, bila Anda berniat untuk mulai menggunakan asuransi namun tak dapat memilih sebaiknya menggunakan asuransi kesehatan dan investasi atau asuransi kesehatan murni, dibawah ini kami memiliki pembahasan dengan nilai positif dan negatif dari masing-masing jenis asuransi.

Baca juga: Berguru Strategi Cerdas Investasi Saham Dari Warren Buffett

Asuransi Kesehatan Dan Investasi VS Asuransi Kesehatan Murni

  1. Asuransi kesehatan murni

Jenis asuransi satu ini tengah gencar-gencarnya digalakkan oleh pemerintah untuk berbagai lapisan masyarakat. Asuransi kesehatan murni bisa dianggap sebagai salah satu jenis asuransi paling sederhana dengan tingkat kerugian paling rendah untuk nasabah. Belum lagi faktor bahwa jenis asuransi ini merupakan salah satu paling vital, karena kesehatan adalah sebuah hal yang penting untuk nyaris semua orang dari segala kalangan. Jaminan pembiayaan kesehatan dari asuransi kesehatan murni pun dianggap paling menolong ketika pengguna sakit atau terjadi hal yang tak diinginkan.

Dalam pengertiannya, asuransi kesehatan murni adalah suatu bentuk perlindungan kesehatan. Biasanya yang dicover oleh bentuk asuransi ini adalah biaya-biaya yang berkaitan dengan kesehatan, mulai dari biaya dokter, rumah sakit, obat-obatan. Beberapa asuransi pun menjamin operasi dalam skala tertentu hingga kesehatan mata dan gigi.

Sebagai jaminannya, nasabah harus membayar premis setiap bulan.

Nilai positif : sistem penjaminan yang sederhana, biaya premis setiap bulan yang terjangkau, proses claim yang mudah dan jangka waktunya yang hanya satu tahun sehingga nasabah bisa mudah menghentikan asuransi.

Nilai negatif : pihak perusahaan asuransi memiliki kewenangan penuh untuk nilai yang harus diganti ketika nasabah sakit. Pihak asuransi pun biasanya tak menjamin untuk beberapa jenis penyakit yang dianggap vital.

  1. Asuransi kesehatan dan investasi

Jenis asuransi ini memiliki perbedaan paling besar dengan jenis asuransi kesehatan murni. Adanya investasi menjadikan nilai premis yang harus ditanggung nasabah setiap bulan pun lebih besar. Selain mendapat perlindungan kesehatan, program ini pun menyisipkan sistem investasi yang bekerja seperti “tabungan”. Keuntungan paling mendasar dari sistem asuransi ini adalah memiliki jangka panjang, serta sistem asuransi yang berjalan seiring dengan perlindungan kesehatan dan jiwa yang diikuti. Sedangkan nilai negatifnya, proses klaim tak akan semudah asuransi kesehatan dan jiwa saja.

Sahabat PoBis, sudah ada ide pilih yang mana? Asuransi kesehatan murni atau asuransi kesehatan dan investasi?

sumber gambar: fshcc.com

Artikel Bisnis Pilihan

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Dan Investasi Atau Asuransi Kesehatan Murni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Dan Investasi Atau Asuransi Kesehatan Murni