Tabungan Emas Pegadaian Rugi Atau Untung? Review Pengalaman

tabungan emas pegadaianTabungan emas pegadaian digadang-gadang sebagai salah satu cara investasi emas yang paling menarik diantara semuanya. Namun apakah benar menabung emas di pegadian rugi atau justru menguntungkan? Mari kita cermati bersama. Karena cermat dalam memilih instrumen merupakan faktor terbesar yang menentukan untung ruginya sebuah investasi.

Bahkan ketika belum diluncurkan, saat mendengar bahwa pegadaian akan mengeluarkan produk tabungan emas, banyak pihak menyambut dengan antusias. Setelah periode sebelumnya, yaitu 2011-2013, teknik berkebun emas menjadi booming. Dan kemudian mencapai titik lesu, karena ternyata teknik berkebun emas juga butuh perhitungan yang jitu agar menuai hasil yang memuaskan. Faktanya banyak pihak yang tanpa perhitungan, mengikuti tren, dengan berbekal beli-gadai-beli-gadai. Pada saat panen bukannya untung, justru buntung yang didapat.

Sekali lagi perlu ditekankan, bahwa investasi emas merupakan investasi jangka panjang. Jangan mengharapkan keuntungan dalam jangka pendek. Jika toh mendapatkan keuntungan dari investasi emas dalam jangka pendek, itu berarti Anda sedang beruntung. Karena secara jangka pendek, harga emas bisa naik, bisa juga turun. Namun secara jangka panjang, bisa dipastikan harga emas selalu naik.

Karena itu ketika terdengar kabar PT Pegadaian Persero akan mengeluarkan produk tabungan emas, maka itu akan lebih cocok dengan profil investasi kebanyakan orang. Sehingga siapapun bisa dengan mudah ikut serta berinvestasi melalui program tabungan emas tersebut.

Dan sekarang setelah sekian tahun keberadaan tabungan emas yang dikeluarkan oleh PT Pegadaian, kita harus melihat dengan kacamata objektif, apakah tabungan emas pegadaian rugi atau menguntungkan. Mari kita lihat satu per satu aspek secara menyeluruh.

Apa Itu Tabungan Emas Pegadaian?

Penjelasan ini khusus untuk yang belum mengerti mengenai tabungan emas pegadaian, jika sudah faham Anda dapat langsung skip ke sub bagian berikutnya.

Tabungan emas pegadaian pada prinsipnya sama dengan menabung pada umumnya. Hanya saja dalam tabungan emas, uang yang kita setorkan akan secara otomatis dikonversikan dalam bentuk gram emas. Bisa dikatakan kita membeli emas dalam jumlah kecil (bisa 0,01 gram). Jadi memang benar sesuai namanya, menabung emas.

Setelah emas terkumpul kita dapat melakukan order cetak emas fisik, sehingga kita akan memperoleh fisik emas batangan bersertifikat Antam. Order cetak emas batangan Antam dalam pilihan keping 1 gram, 2 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram. Namun jika toh Anda tidak menghendaki bentuk fisik emas batangan, maka Anda tidak perlu melakukan order cetak, dan itu tidak menjadi masalah.

Jika kurang jelas dengan penjelasan tersebut, Anda dapat langsung membacanya di laman web resmi Pegadaian disini.

Keuntungan Menabung Emas

Berikut ini keuntungan tabungan emas pegadaian:

1. Modal Kecil.

Hanya dengan modal Rp 5.900,- Anda dapat melakukan investasi emas. Menabung emas mulai dari 0,01 gram, saat artikel ini ditulis setara dengan Rp 5.900,-

2. Aman.

Membeli emas batangan atau emas perhiasan mungkin membuat Anda was-was atau paling tidak harus memikirkan cara menyimpan emas agar tidak mudah hilang. Karena resiko emas perhiasan, adalah dijambret atau hilang terjatuh saat dipakai. Sedang emas batangan yang disimpan di rumah resiko hilang dicuri. Dengan tabungan emas pegadaian Anda tidak perlu menyimpan emas dalam bentuk fisik. Sehingga resiko emas hilang bisa dikatakan tidak ada.

3. Jasa Titip Murah.

Agar emas batangan atau emas perhiasan aman, alternatifnya adalah disimpan di safe deposit box atau jasa titip pegadaian. Namun tarif sewa safe deposit box tidak bisa dikatakan murah. Apalagi jika jumlah logam mulia yang dimiliki dibawah 100 gram, tentu akan memberatkan nilai investasi emasnya. Sebagai pembanding, tarif safe deposit box Bank BCA ukuran super kecil Rp 150.000 – Rp 250.000 per tahun, plus uang jaminan Rp 750.000,- per tahun.

Sedangkan biaya titip di tabungan emas pegadaian hanya Rp 30.000,- per tahun. Dibanding dengan biaya administrasi tabungan di bank saja masih jauh lebih murah biaya tabungan emas pegadaian.

4. Mudah

Mudah daftar atau membuka rekening tabungan emas pegadaian. Bisa dilakukan secara online, namun buku tabungan tetap harus diambil di pegadaian terdekat.

Mudah melakukan penyetoran, bisa dilakukan secara online.

5. Dapat Ditransfer.

Emas yang Anda miliki dalam tabungan emas pegadaian bisa ditransfer. Jadi Anda bisa dengan mudah dan cepat melakukan pengiriman emas dengan tarif yang sangat murah dibanding kirim emas fisik melalui jasa pengiriman.

6. Liquid

Emas yang Anda miliki di tabungan emas pegadaian dapat dicairkan kapanpun dengan cepat. Sama cepat layaknya mengambil uang tabungan di bank.

Kelemahan Menabung Emas

Berikut ini kelemahan tabungan emas pegadaian:

1. Pembatasan Transaksi
Sebenarnya pembatasan transaksi merupakan hal yang wajar. Bahkan menabung di bank juga terdapat pembatasan transaksi. Berikut ini pembatasan transaksi tabungan emas pegadaian:

Cara Menabung Emas Di Pegadaian

Cara membuka rekening tabungan emas di pegadaian sangatlah mudah. Berikut ini langkahnya:

  1. Datang ke Pegadaian terdekat, utarakan keinginan Anda untuk membuka rekening tabungan emas.
  2. Lengkapi syarat-syaratnya (ada di sub bagian berikutnya)
  3. Tunggu beberapa saat (tergantung antrian)
  4. Rekening siap digunakan untuk menabung emas.

Cara membuka rekening tabungan emas pegadaian secara online:

  1. Unduh aplikasi Pegadaian Digital di Play Store atau IOS.
  2. Buka aplikasi Pegadaian Digital yang sudah terinstall
  3. Klik Registrasi, ikuti langkah-langkahnya
  4. Setelah berhasil terdaftar, silakan Login
  5. Pilih menu Emas, kemudian pilih menu Daftar Rekening, klik Buka Tabungan
  6. Isi form sesuai dengan identitas, di bagian paling bawah unggah foto KTP/Passport, klik Selanjutnya
  7. Pilih salah satu outlet Pegadian dimana Anda ingin melakukan pembukaan tabungan, klik Selanjutnya
  8. Akan muncul Rincian Administrasi, centang Saya Setuju dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku, klik Selanjutnya
  9. Pilih metode pembayaran, melalui BNI Virtual Account atau Mandiri ClickPay.
  10. Langkah selanjutnya adalah pembayaran melalui metode pembayaran yang sudah Anda pilih
  11. Selesai. Buku tabungan dapat diambil di outlet Pegadaian yang telah Anda pilih di opsi nomor 7.

Syarat Menabung Emas Di Pegadaian

Berikut ini syarat membuka rekening tabungan emas Pegadaian:

  1. KTP atau kartu identitas lainnya. Serahkan pada petugas, nanti petugas akan foto copy untuk Anda
  2. Mengisi formulir sesuai dengan identitas
  3. Membayar Materai Rp 6.000,- (sudah disediakan petugas)
  4. Membayar biaya pembukaan rekening Rp 10.000,-
  5. Membayar biaya titip tahun pertama Rp 30.000,-
  6. Membayar saldo awal 0,01 gram (saat artikel ini ditulis Rp 5.900,-)

Cek Saldo Tabungan Emas Pegadaian

Mungkin Anda akan sedikit bingung saat pertama melihat mutasi rekening yang tercetak di buku tabungan emas pegadaian. Bagi Anda yang tidak ingin ribet, cara mudah cek saldo tabungan emas pegadaian adalah dengan langsung melihat ke kolom Saldo Emas baris terakhir. Angka yang tertera di sana adalah jumlah emas yang Anda miliki dalam tabungan.

Selain itu Anda juga dapat cek saldo tabungan emas pegadaian online melalui aplikasi Pegadaian Digital. Silakan unduh aplikasinya di playstore atau IOS.

Setiap setor tabungan akan tertulis dalam 3 baris transaksi, meliputi:

  1. Transaksi uang
  2. Transaksi pembelian emas
  3. Transaksi sisa uang

Buku tabungan berisi 10 kolom yang terdiri dari:

  1. No – Nomor urut transaksi
  2. Tanggal – Tanggal transaksi
  3. Sandi – kode sandi transaksi
  4. Gram – Jumlah gram emas yang kita beli
  5. Harga –  Harga per 0,01 gram emas
  6. Nominal – Nominal uang yang digunakan untuk transaksi
  7. Tipe – Kredit (K) atau Debit (D)
  8. Saldo Nominal –  Saldo dalam rupiah
  9. Saldo Emas – Saldo tabungan emas yang kita miliki
  10. Pengesahan – Kode pengesahan Pegadaian

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian

Cara mencairkan tabungan emas pegadaian tidak jauh beda dengan mencairkan tabungan di bank. Perbedaannya, di tabungan emas terdapat istilah buy back, yaitu pihak Pegadaian membeli kembali emas yang kita miliki. Uang hasil penjualan emas itulah yang nanti kita peroleh.

Sebagaimana lazimnya transaksi emas, terdapat selisih kurs antara kurs jual dan kurs beli. Harga jual yang dimaksud adalah harga jual pegadaian. Jika Anda hendak membeli, maka harga jual inilah yang hendaknya Anda lihat. Sedangkan harga beli adalah harga beli emas oleh pegadaian. Jika Anda hendak menjual emas, maka harga beli inilah yang menjadi patokan harganya.

Update harga di Pegadaian biasanya pada jam 10.00 waktu setempat.

Simulasi Tabungan Emas Pegadaian

Tips Menabung Emas

Berikut ini tips menabung emas agar memperoleh hasil maksimal:

  1. Menabung secara rutin dengan jumlah yang tetap. Misal menabung tanggal 1 tiap bulan dengan nominal Rp 500.000,-
  2. Hedging. Saat harga turun lakukan pembelian/menabung dengan jumlah lebih banyak dari biasanya. Misal, penurunannya sama dengan harga emas lima bulan yang lalu, menabunglah 2 kali lipat dari biasanya.
  3. Disiplin.

 

sumber gambar tabungan emas pegadaian: tribunnews

Artikel Bisnis Pilihan

Tabungan Emas Pegadaian Rugi Atau Untung? Review Pengalaman

1 COMMENT

  1. Terima kasih Pak Heri, artikel2 Anda sangat membantu. Apakah boleh minta kontaknya ya Pak? ingin berdiskusi lebih banyak mengenai UMKM. Saat ini saya memiliki usaha kecil2an berjualan handmade aksesoris, namun masih tersendat dalam hal marketing dan penjualan. Terima kasih banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Tabungan Emas Pegadaian Rugi Atau Untung? Review Pengalaman