Pengertian Harga Saham Dan Nilai Saham

Pengertian Harga Saham Dan Nilai SahamPengertian harga saham harus Anda pahami dengan benar karena merupakan bagian penting dari teknik analisa investasi saham.  Sebagaimana sudah kami ulas sebelumnya, bahwa dalam dunia investasi keuangan, investasi dalam perdagangan saham dan forex menempati posisi unggul dalam jumlah pelaku. Maka tak heran kalau semakin banyak saja dari Anda yang penasaran bagaimana cara untuk bisa terjun dalam investasi saham.

Hanya saja sangat penting untuk memahami apa itu saham, prosedur, pengertian harga saham dan berbagai teknik perdagangan berikut analisanya untuk bisa memasuki  dunia investasi ini dengan lebih baik. Tanpa modal pengetahuan yang memadai, hasil investasi Anda akan bergerak layaknya orang yang tidak melihat tanpa panduan. Pengetahuan ini akan memudahkan Anda dalam mempelajari cara bermain saham.

Dan untuk itulah dalam kesempatan ini kami akan mengulas mengenai pengertian harga saham dan nilai saham. Apa sebenarnya harga saham dan nilai saham, serta apa yang perlu Anda pahami lebih mendalam mengenai kedua hal tersebut.

Pengertian harga saham secara teori adalah nilai sekarang dari arus kas yang akan diterima oleh pemilik saham dikemudian hari. Sedang menurut menurut Anoraga harga saham adalah uang yang dikeluarkan untuk memperoleh bukti penyertaan atau pemilikan suatu perusahaan.

Namun secara awam mari kita pahami saja bahwa pengertian harga saham adalah harga  yang muncul sebagai hasil dari pergerakan penawaran dan permintaan yang muncul di pasar efek terhadap saham bersangkutan.

Bagi perusahaan sendiri, saham adalah hak kepemilikan atas aset perusahaan. Jumlah lembar saham memiliki kesamaan arti sebagai nilai prosentasi kepemilikan atas total aset perusahaan. Dan bagi perusahaan, harga saham bisa menjadi titik tolak dari nilai perusahaan.

Semakin tinggi harga saham, semakin baik pula nilai perusahaan tersebut. Naik dan turunnya harga saham akan terkait erat dengan naik dan turunnya nilai perusahaan di mata pasar secara umum, dunia bisnis makro dan mikro secara khusus.

Secara makro ekonomi negara harga saham bisa menjadi indikasi kondisi ekonomi negara bersangkutan, juga kondisi bidang industri yang digeluti. Misalkan ketika harga saham dari berbagai perusahaan yang bergelut dalam bidang batu bara naik, bisa jadi  saat ini memang industri batu bara sedang naik daun.

Sedang bila nilai rata-rata harga saham total suatu negara naik bisa menjadi indikasi ekonomi sedang menguat. Di Indonesia sendiri nilai rata-rata harga saham total bisa Anda lihat dalam Indeks Harga saham Gabungan yang disingkat menjai IHSG.

Bagaimana Sahabat PoBis, sudah jelas mengenai pengertian harga saham?

Lalu bagaimana dengan nilai saham? Nilai saham sebenarnya tak ubahnya dengan harga saham. Tetapi biasanya bersifat lebih luas karena kadang harga saham hanya berkaitan dengan keseimbangan nilai saham di pasar efek, sedang nilai saham itu sendiri akan berkaitan dengan penilaian publik terhadap perusahaan.

Nilai saham akan berkaitan dengan citra perusahaan di mata publik, pendapatan perusahaan, keuntungan pemegang saham, citra atas produk, pelayanan perusahaan dan aspek pengabdian masyarakat. Dan sudah tentu nilai saham akan dilihat dari seberapa menguntungkannya selembar saham itu untuk Anda miliki. Semakin saham itu dianggap menguntungkan, semakin besar nilai sahamnya. Nilai saham sendiri menurut teori akan berkaitan dengan 3 aspek, yakni :

  • Aspek harga dasar
    Harga dasar adalah berapa harga yang dikenakan pertama kali ketika saham dilepas ke pasar atau biasa Anda kenal sebagai IPO. Harga saham dasar ini biasanya akan sangat murah, dan karenanya beberapa pelaku investasi saham cenderung mengejar perolehan saham pada harga dasar ini untuk mengais untung lebih optimal.
    Nilai saham dianggap optimal ketika saham sebuah perusahaan dengan pencitraan baik bisa di dapat dengan harga sangat murah. Bagi perusahaan harga dasar sebenarnya adalah nilai setor atas setiap saham bagi perusahaan.
  • Aspek harga sekarang
    Harga sekarang adalah harga yang dikenakan untuk membeli satu saham dari sebuah perusahaan saat ini. Harga sekarang cenderung akan bergerak, berubah dan naik turun secara fluktuatif dari waktu ke waktu. Bagi investor, nilai saham dinyatakan menguntungkan ketika harga sekarang dari selembar saham di atas harga perolehannya, sehingga mereka bisa mengais untung dari selisih harga jual dari harga beli.
  • Aspek keuntungan
    Setiap saham merupakan tanda kepemilikan atas aset perusahaan. Artinya dengan mengantungi beberapa lembar saham, artinya Anda memiliki beberapa bagian atas aset perusahaan. Dan karenanya perusahaan berkewajiban membagikan keuntungan mereka pad Anda selaku pemilik aset. Besar pembagian keuntungan tentu saja berdasarkan hasil rapat umum pemegang saham dengan manajemen perusahaan. Besaran nominal keuntungan yang dibagikan inilah yang dianggap sebagai nilai saham.

Semoga artikel mengenai nilai saham dan pengertian harga saham dapat dipahami dengan mudah. Sehingga bisa menjadi pintu pembuka bagi Sahabat PoBis yang hendak melakukan investasi saham.

sumber gambar: ristiagroup.co.id

Artikel Bisnis Pilihan

Pengertian Harga Saham Dan Nilai Saham

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pengertian Harga Saham Dan Nilai Saham