Menilik Potensi Emas dan Dollar Melalui Data Investasi di Indonesia

Menilik Potensi Emas dan Dollar Melalui Data Investasi di IndonesiaData investasi di Indonesia bisa jadi pedoman, jika Anda di tahun ini jika akan memutuskan untuk menggunakan emas atau dollar sebagai investasi jangka panjang Anda. Data Investasi di Indonesia tentu saja mencakup segala hal yang berhubungan dengan berbagai sektor ekonomi yang ada dan berkembang di negara ini.

Namun jika Anda bingung hendak memilih apakah akan berinvestasi emas atau dollar, tak ada salahnya mempergunakan data tersebut sebagai starting point untuk mewujudkan rencana masa depan Anda itu. Dan memilih investasi yang tepat dengan planning jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang Anda.

Data investasi di Indonesia akan membantu Anda untuk menentukan apakah dollar atau emas yang akan anda pilih kedepannya. Investasi bagi perseorangan sendiri beragam jumlahnya. Mulai dari yang kecil dengan resiko yang rendah pula, hingga yang besar namun resikonya tak bisa dibilang ringan.

Properti, emas, dollar dan juga saham menjadi beberapa hal yang sering diinvestasikan oleh banyak orang. Tujuannya bermacam-macam. Namun tentu saja mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, adalah tujuan dari berbagai investasi yang ditanaman oleh banyak orang dewasa ini.

Investasi Emas dan Dolar di Tahun Ini

Dewasa ini, emas dan Dollar menjadi dua hal yang kerap diinvesatsikan oleh kebanyakan orang. Menurut data investasi di Indonesia, kecenderungan orang memilih emas atau dollar sebenarnya sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu. Semakin berkembangnya peluang bisnis dan era pasar bebas, membuat emas dan dollar menjadi dua hal yang sering difavoritkan oleh banyak orang untuk berinvestasi.

Baca juga: Trik Berinvestasi Yang Aman

Menilik Potensi Emas dan Dollar Melalui Data Investasi di Indonesia

sumber gambar: learcapital.com

Tentu saja investasi emas atau dollar beda jika anda menanamkan sejumlah modal untuk lahan atau properti. Jika investasi properti bisa terlihat secara kasat mata dan abstrak barangnya ada, maka emas dan dolar tidak selalu begitu. Tak jarang yang disuguhkan pada investor hanya bagian bagan data yang menunjukkan kecenderungan harga emas dan dollar di tahun ini. Tak heran jika ada orang yang akhirnya beranggapan bahwa investasi emas atau dollar itu sedikit lebih beresiko jika dibandingkan dengan investasi properti.

Potensi Investasi Emas dan Dolar di tahun ini

Jadi antara emas dan dollar manakah yang akan Anda pilih untuk investasi jangka panjang? Menilik data investasi Indonesia dari berbagai sumber, emas cenderung memiliki harga yang lebih stabil dibandingkan dengan dollar. Misalnya, saat nilai dollar menyentuh angka 9,007 harga emas masih stabil pada kisaran 375 dolar per onsnya. Atau jika dikonversikan ke Rupiah, harga emas ini akan berada pada kisaran Rp.3.377,700 per onsnya, atau sekitar Rp.108,595.56 per-gramnya.

Bahkan saat nilai dollar melambung tinggi mencapai Rp.11.000, harga emas pun tetap stabil di angka 705 Dolar Amerika per-gramnya. Uniknya lagi, saat harga dollar turun satu poin ke angka 10.000, nilai emas justru menguat di kisaran 930 dolar per ons-nya. Apa artinya?

Ini artinya harga emas jauh lebih stabil dibandingkan dengan dollar. Bisa dibilang dollar harganya lebih fluktuatif, dan sangat rentan dipengaruhi oleh banyak hal. Tak hanya dari masalah ekonomi, bahkan guncangan di bidang politik tak jarang bisa dengan signifikan mempengaruhi nilai dollar. Namun untuk emas, ketika barang tersebut sudah berubah menjadi perhiasaan pun nilainya tak akan turun dan berkurang. Jika pun seandainya harga emas dunia jatuh, maka tak akan terlalu signifikan dan masih bisa memberikan keuntungan untuk Anda.

Meski begitu, investasi apa yang akan Anda pilih di tahun ini kembali kepada keputusan Anda masing-masing. Pikirkan masak-masak sebelum memutuskan untuk memilih dollar atau emas sebagai investasi Anda. Dan tak ada salahnya pula melihat data investasi di Indonesia sebagai acuan jika Anda akan mulai suatu investasi.

Artikel Bisnis Pilihan

Menilik Potensi Emas dan Dollar Melalui Data Investasi di Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Menilik Potensi Emas dan Dollar Melalui Data Investasi di Indonesia