Mengenal Apa Itu Reksadana, Jenis-Jenisnya, dan Cara Mendaftar

investasi reksadanaKata investasi ini bukanlah sesuatu yang asing pada masyarakat di jaman sekarang, semua orang mungkin pernah mendengar kata ini. Anda bisa berinvestasi dalam bentuk apa saja, dengan harapan sesuatu yang Anda investasikan akan membawa keuntungan di masa depan.

Ada banyak sekali jenis investasi mudah dan murah salah satunya adalah reksadana, untuk itu Anda harus mengenal reksadana itu sendiri.

Investasi reksadana akan mendatangkan berbagai peluang keuntungan untuk Anda, Investasi ini pun tidak membutuhkan modal yang banyak.

Melalui reksadana, maka akan terkumpul sejumlah uang sehingga manager investasi dapat melakukan diversifikasi produk yang akan dipasang di pasar modal maupun pasar uang. Melalui investasi reksadana siapapun bisa mengikutinya sekalipun Anda adalah investor awam agar bisa mendapatkan keuntungan.

Apa itu Investasi Reksadana?

Reksadana adalah salah satu alternatif untuk siapa saja yang ingin berinvestasi, cocok untuk masyarakat yang ingin belajar memulai investasi modal kecil, yang tidak memiliki banyak waktu dan keahlian. Anda tidak usah khawatir jika dirasa tidak punya keahlian dalam bidang investasi, disini Anda hanya cukup mempunyai modal dan keinginan. Anda juga tidak perlu khawatir karena modal yang disetorkan bisa berapa saja dan tentunya keuntungan akan terus mengalir ke Anda.

Jenis – Jenis Reksadana

Sebelum memulai untuk berinvestasi, tentunya Anda harus mengenal terlebih dahulu jenis – jenis reksadana yang bisa Anda pilih. Dengan begitu Anda bisa memilih sesuai dengan kapasitas atau kebutuhan Anda. Adapun jenis reksadana ialah sebagai berikut :

1. Reksadana Saham

Reksadana saham adalah investasi yang akan menempatkan dana pada saham minimal sebesar 80% yang akan menjadikan Anda berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Namun perlu juga diingat bahwa keuntungan yang besar tentu juga akan ada resiko yang besar pula.

Prinsip reksadana saham adalah diversivikasi investasi, artinya portofolio akan di sebar ke berbagai saham. Hal ini membuat resiko bisa kita minimalisir, dan mudah kita kelola.

Proses pencairannya tergolong mudah, bisa via online, dana akan di transfer ke rekening investor.

Umumnya, jenis reksadana ini dikelola oleh manajer investasi yang profesional, yang sudah banyak pengalaman mengelola portofolio saham.

2. Reksadana Pendapatan Tetap

Reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang menginvestasikan dana minimal 80% ke dalam bentuk obligasi. Tujuan reksadana ini adalah untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil.

Jenis investasi modal kecil ini cocok untuk 1 sampai 3 tahun, sesuai namanya tingkat pengembaliannya cenderung tetap/stabil, karena memiliki aset berupa surat utang (obligasi) yang akan memberikan keuntungan secara rutin.

3. Reksadana Terproteksi

Reksadana terproteksi hampir sama dengan reksadana pendapatan tetap yang menanamkan dana dalam instrumen obligasi. Sesuai dengan namanya, terproteksi artinya reksadana ini memberikan perlindungan 100% pada pokok nilai investasi jika Anda ingin mencairkan dana tersebut.

4. Reksadana Campuran

Sesuai dengan namanya, Reksadana ini menempatkan dana ke berbagai instrumen seperti, obligasi, saham, dan deposito. Pengembalian reksadana ini akan lebih besar dari reksadana pendapatan tetap, tetapi juga memiliki resiko yang tinggi karena berinvestasi saham.

Cara Memulai Investasi Reksadana

Daftar reksadana sangat mudah, tidak berbeda dengan cara saat Anda akan membuka rekening di bank, Anda hanya akan diminta untuk mengisi formulir yang disediakan. Menyiapkan dan mengumpulkan persyaratan fotocopy dokumen yang telah ditentukan sebelumnya. Dan syarat yang paling utama adalah membawa dana yang akan Anda gunakan untuk berinvestasi.

Persyaratan dokumen yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah KTP dan NPWP untuk pendaftar pribadi atau perorangan. Sementara bagi institusi atau perusahaan, wajib mencantumkan anggaran dasar perubahan dan beberapa persyaratan lainnya. Cara mendaftar yang mudah bukan? untuk sesuatu yang akan menguntungkan Anda di masa depan, yuk segera mulai investasi.

Itu tadi adalah ulasan tentang mengenal reksadana, untuk itu Anda tidak perlu ragu lagi memulai berinvestasi dari sekarang. Silahkan pilih produk reksadana dan jenis yang akan Anda jadikan sebagai tujuan investasi. Karena dengan cara ini Anda akan mendapatkan keuntungan yang akan terus mengalir dalam jangka waktu yang panjang.

Artikel Bisnis Pilihan

Mengenal Apa Itu Reksadana, Jenis-Jenisnya, dan Cara Mendaftar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Mengenal Apa Itu Reksadana, Jenis-Jenisnya, dan Cara Mendaftar