7 Cara Investasi Emas Modal Kecil Namun Untung Besar

cara investasi emas untung besarBagaimana cara investasi emas yang baik dan benar? Meskipun investasi emas bukanlah hal yang sulit, namun nyatanya banyak orang yang tidak tahu dan masih bertanya-tanya, bagaimana caranya… Karena itulah kali ini Pojok Bisnis akan membahas 6 cara investasi emas yang baik dan benar agar untung besar. Anda harus membaca artikel ini hingga tuntas agar dapat memilih cara terbaik investasi emas yang sesuai dengan profil Anda.

Dalam hal investasi, mungkin kita masih kalah jauh dibanding orang-orang tua kita, terutama dalam hal investasi emas. Jaman dulu jika ada “uang lebih” orang tua kita lebih cenderung membelanjakannya untuk membeli emas atau tanah. Coba bandingkan dengan manusia jaman now… Kita jauh lebih konsumtif! Jika punya “uang lebih” kita cenderung membelanjakannya untuk membeli gadget terbaru, produk fashion branded, dan barang konsumtif lainnya.

Kenapa harus investasi emas? Apa keuntungan investasi emas? Investasi emas bisa dikatakan merupakan investasi klasik yang sudah menjadi primadona sejak jaman dulu. Karena memang investasi ini memiliki segudang keuntungan, dan saya hanya bisa menemukan satu kelemahan saja dari jenis investasi yang satu ini. Namun, sebagai catatan awal, cara investasi emas termasuk dalam jenis investasi jangka panjang. Jadi jika Anda ingin imbal hasil dalam waktu secepatnya, sebaiknya Anda mencari jenis investasi lain.

Sebagai bahan pertimbangan, Anda dapat membandingkan cara investasi emas dengan cara investasi lain, diantaranya; Cara Investasi Reksadana dan Cara Bermain Saham. Semua itu merupakan investasi yang aman, jika Anda melakukannya dengan cara yang benar. No spekulasi.

Keuntungan Investasi Emas

Keuntungan investasi emas, diantaranya:

  • Harga naik terus. Harga emas cenderung naik. Secara ketersediaan, cadangan emas yang dieksploitasi secara terus menerus makin hari makin menipis. Karena itulah harga emas selalu naik. Meskipun ada yang bilang harga emas fluktuatif naik turun, namun secara jangka panjang, harga emas selalu naik. Tidak hanya terhadap rupiah, terhadap dolar pun emas juga mengalami kenaikan. Harga emas per troy ounce di tahun 2008 masih di harga USD 610 dan sekarang harganya mencapai USD 1.200 (1 troy ounce = 31,1035 gram)
  • Kebal inflasi. Mungkin kita tidak menyadari, namun seiring berjalannya waktu, nilai uang kita tergerus inflasi, dan kita baru menyadarinya beberapa tahun kemudian. Yang paling gampang saja, mari kita flashback harga beras 5 tahun yang lalu sekitar Rp 8 ribu, dan sekarang harga beras mencapai Rp 11 ribu. Itu sebenarnya bukan harga beras yang naik, melainkan nilai uang kita yang tergerus inflasi. Kalau Anda menyimpan uang dalam bentuk emas, penurunan nilai tersebut tidak akan terjadi, justru sebaliknya nilai emas selalu naik melebihi inflasi.
  • Likuid. Seyogyanya kita disiplin dan tidak mencairkan investasi yang kita tanamkan sebelum waktunya. Namun dalam keadaan tertentu yang bersifat darurat dan mendesak, kadang kita terpaksa mencairkannya. Dan dibanding instrumen investasi lain, emas termasuk jenis investasi yang likuid, alias mudah dicairkan. Anda tinggal membawanya ke toko emas, maka cairlah emas tersebut menjadi uang. Bandingkan dengan investasi property yang butuh berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bisa jadi bertahun-tahun untuk laku. Atau investasi reksadana yang butuh waktu 3 hari untuk redeem.
  • Modal kecil. Anda tidak perlu menunggu hingga memiliki uang puluhan atau ratusan juta untuk dapat terjun dalam investasi emas. Saat artikel ini ditulis harga emas Antam di kisaran Rp 658.000,- Anda dapat memulai investasi dengan membeli 1 gram emas Antam. Atau jika masih terasa berat, Anda dapat mulai berinvestasi emas dengan hanya Rp 6.580,- atau 0,01 gram emas. Bagaimana caranya? Simak terus, nanti caranya akan dijelaskan dengan detail.

Kelemahan Investasi Emas

Resiko Kehilangan. Satu-satunya kelemahan dalam cara investasi emas adalah resiko kehilangan terbilang tinggi. Menyimpan emas di rumah dalam bentuk batangan, apalagi dalam bentuk perhiasan yang dikenakan memiliki resiko yang sangat tinggi. Dijambret, dibobol maling, dirampok adalah beberapa resiko yang mungkin bisa menghampiri.

Simpan emas Anda di tempat yang aman. Di rumah bisa juga aman, asal Anda menyimpannya di tempat “tak terduga” dan dengan cara yang tepat. Atau jika tidak ingin beresiko, Anda dapat menyimpannya dengan menyewa safe deposit box di bank, atau menitipkannya di pegadaian. Namun jika emas yang Anda miliki “belum cukup banyak”, biaya penyimpanan tersebut mungkin justru membebani dan tidak menjadikan investasi Anda tidak menguntungkan.

Lantas bagaimana cara investasi emas yang baik dan benar agar dapat mendulang untung?

Ada beberapa cara investasi emas yang dapat Anda pilih sesuai dengan kenyamanan Anda. Kenyamanan yang saya maksud disini meliputi tingkat resiko, imbal hasil, besar/kecilnya modal, kemudahan, dan jangka waktu. Silakan disimak kelebihan dan kekurangan beberapa cara investasi berikut, dan kemudian pilih sesuai dengan profil Anda.

7 Cara Investasi Emas

1. Investasi emas perhiasan.

Ini adalah cara paling klasik yang dikenal sejak jaman orangtua/nenek kita. Cara investasi emas perhiasan ini memiliki keuntungan tambahan, yaitu dapat menunjang penampilan. Ibarat kata, sambil berinvestasi sambil tetap tampil cantik. Karena selain sebagai instrumen investasi yang nilainya terus bergerak naik, perhiasan emas juga bisa dikenakan untuk menunjang penampilan agar dapat tampil lebih cantik.

Selain keuntungan tambahan tersebut, cara investasi emas perhiasan ini memiliki dua kelemahan utama, yaitu saat dicairkan (dijual), potongannya lumayan besar. Dan kelemahan kedua adalah saat dikenakan, perhiasan emas tersebut akan mengundang niat jahat. Bisa dijambret atau dicuri.

Cara investasi emas perhiasan sangat sederhana, yaitu:

  • Beli perhiasan emas saat dana yang Anda miliki sudah cukup. Karena sudah meniatkan untuk melakukan investasi, sebaiknya Anda menyisihkan uang di depan. Saat terima uang (gaji) langsung sisihkan dalam jumlah tertentu untuk keperluan investasi. Jadi jika Anda menyisihkan Rp 500.000,- per bulan, maka dua bulan sekali Anda dapat membeli perhiasan yang beratnya kurang lebih dua gram.
  • Simpan paling tidak lima atau sepuluh tahun, baru Anda dapat mencairkan investasi tersebut.
  • Jika dalam waktu lima atau sepuluh tahun tersebut tidak ada kebutuhan mendesak yang memaksa Anda menjual perhiasan, sebaiknya Anda tidak menjualnya. Orangtua kita lebih sabar dalam hal ini. Mereka jarang atau bahkan tidak pernah menjual perhiasan emas yang mereka miliki. Hingga perhiasan emas tersebut menjadi “pusaka” turun temurun. Kitalah, generasi sesudahnya, yang menghambur-hambur investasi yang telah ditanam orangtua kita.

2. Investasi emas batangan.

Investasi emas batangan ini bisa dikatakan sebagai cara investasi emas yang sebenarnya. Emas benar-benar disimpan untuk tujuan investasi, tidak untuk dikenakan. Hanya saja bayangan banyak orang ketika mendengar kata “emas batangan” adalah keping emas dengan berat 1 kg. Karena itu investasi emas batangan terdengar begitu “menakutkan” karena butuh modal yang banyak.

Padahal yang disebut emas batangan adalah emas yang berbentuk batangan atau kepingan. Jadi bisa jadi beratnya hanya 5 gr, bahkan kemasan 1 gr juga bisa disebut sebagai emas batangan. Jadi cara investasi emas batangan tidak membutuhkan banyak modal sebagaimana yang dibayangkan banyak orang.

Dibanding emas perhiasan, investasi emas batangan memiliki kelebihan di potongan saat mencairkan(menjual)nya, biasa disebut buy back. Potongan harga jual emas batangan biasanya ditentukan fix (misal Rp 15.000,- per gram). Lain halnya dengan emas perhiasan yang potongannya ditentukan berdasarkan prosentase. Jadi potongan harga saat Anda menjual ke toko emas akan lebih murah emas batangan dibanding emas perhiasan.

Tidak sulit untuk menemukan penjual emas batangan. Beberapa toko emas mengeluarkan produk emas batangan. Kalau di Jogja ada Semar Gold yang dikeluarkan oleh Toko Emas Semar Nusantara dan HK Gold yang dikeluarkan oleh Toko Mas Kranggan. Silakan datangi toko emas besar di kota Anda, dan tanyakan apakah dia memiliki produk emas batangan. Jika di kota Anda tidak ada toko emas yang menjual emas batangan, tidak perlu risau… nanti saya akan tunjukkan cara membeli emas batangan dengan cara online yang aman dan terpercaya.

Selain emas batangan yang dikeluarkan toko emas, yang paling rekomended sebagai alat investasi emas batangan adalah emas batangan Antam. Dijamin memiliki kadar 24 karat (99,99%) dengan sertifikat yang diakui secara internasional. Sehingga Anda dapat menjualnya dimanapun.

Kelebihan emas batangan yang dikeluarkan toko emas adalah selisih harga jual dan harga beli yang lebih kecil dibanding emas batangan Antam. Namun kelemahannya, jika Anda menjualnya di toko lain, akan ditaksir rendah, bahkan bisa jadi Anda harus menjualnya di toko yang mengeluarkan emas batangan tersebut. Lain halnya dengan emas batangan Antam yang dapat dijual dimana saja dengan harga sesuai dengan harga emas internasional.

Cara Investasi Emas Batangan

  • Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam cara investasi emas batangan ini adalah kadar emas. Pastikan emas yang Anda beli memiliki kadar 24 karat (99,99%).
  • Cara investasi emas batangan juga sangat mudah, beli emas batangan di toko emas, atau butik antam, atau langsung ke antam, atau beli secara online. Jadi untuk Anda yang tinggal di kota kecil, tidak perlu berkecil hati. Anda tetap bisa menjalani cara investasi emas batangan dengan mudah dan aman.
  • Setelah membeli emas batangan, hal penting selanjutnya adalah cara penyimpanan. Jika emas batangan Anda dalam jumlah besar, sudah pasti harus menyewa safe deposit box. Namun untuk emas dalam jumlah yang sedikit, harga sewa safe deposit box justru akan membebani investasi Anda. Sehingga Anda harus menyimpannya di rumah. Cari tempat penyimpanan yang tidak lazim namun juga cukup aman. Jangan simpan di lemari, karena jika ada pencuri atau perampok, lemari adalah tempat pertama yang akan dituju.

3. Investasi emas Antam

Yang dimaksud dengan cara investasi emas Antam adalah investasi emas batangan dengan menggunakan emas batangan Antam. Kenapa emas Antam? Karena emas batangan Antam memiliki kadar 24 karat (99,99%) dan dilengkapi dengan sertifikat yang diakui secara internasional, sehingga bisa dijual dengan mudah dimana saja.

Yang sering menjadi masalah atau kendala dari cara investasi emas Antam adalah dalam membeli atau mendapatkan emas Antam tersebut. Apalagi bagi yang berada di daerah, mungkin agak kesulitan untuk mendapatkan emas Antam ini. Namun saat ini hal itu sudah bukan menjadi kendala lagi. Dimana saja Anda berada, dapat dengan mudah memiliki dan berinvestasi emas Antam.

Cara membeli emas Antam:

  • Beli Langsung di Unit Bisnis Antam
    Langsung saja meluncur ke unit bisnis Antam, lokasinya dapat Anda cek DISINI. Jangan lupa siapkan kartu identitas. Harus siap antri. Selain itu penjualan juga dibatasi quota.
  • Beli di Butik Emas Antam
    Silakan langsung menuju Butik Emas Antam terdekat, lokasinya dapat Anda temukan DISINI. Jangan lupa siapkan kartu identitas.
  • Beli di toko emas
    Toko emas tertentu juga menjual emas batangan Antam. Silakan cari tahu toko emas di kota Anda yang menjual emas batangan Antam. Sebelum membeli tanyakan terlebih dahulu harga jual, harga buyback, termasuk potongan/biaya yang mungkin timbul.
  • Beli di Pegadaian
    Ada beberapa opsi beli emas di pegadaian, akan dibahas di sub bagian selanjutnya.
  • Beli di Kantor Pos
    Ini merupakan terobosan paling baru hasil kerjasama PT Antam tbk dengan PT Pos Indonesia (persero). Dan ini merupakan cara investasi emas yang dapat dijangkau hingga pelosok. Sejak Februari 2017 masyarakat dapat melakukan titip beli emas Antam melalui kantor pos terdekat. Anda tinggal datang ke kantor pos terdekat, utarakan keinginan Anda untuk membeli emas batangan Antam, setelah mengisi formulir, lakukan pembayaran, kemudian tunggu emas batangan akan dikirim dari Unit Bisnis Antam Jakarta untuk diproses melalui sistem i-POS dan dikategorikan sebagai valuable goods.
    Berikut ini alur pembelian emas batangan Antam melalui kantor pos:
    alur pembelian emas batangan antam di kantor pos
  • Beli Online
    Ada banyak cara beli emas secara online, diantaranya:
    pertama, beli melalui pedagang online. Bisa melalui forum jual beli, maupun website yang menjual emas batangan Antam secara online. Hati-hati, banyak penipuan! Lebih aman jika dalam transaksi tersebut menggunakan jasa rekening bersama.
    kedua, beli melalui marketplace. Bisa melalui Tokopedia, Bukalapak, Shopie, dan lain-lain. Lebih aman karena menggunakan layanan rekening bersama marketplace yang terpercaya. Begitu barang diterima, Anda harus langsung cek keasliannya. Jika ternyata emas tidak asli, Anda dapat mengajukan komplain, dan uang akan kembali.
    ketiga, beli melalui kantor pos. Cara nya sudah dijelaskan di atas.

4. Investasi emas di pegadaian

Ada beberapa opsi cara investasi emas di pegadaian dan semua opsi tersebut menarik. Berikut ini opsi tersebut:

  • Beli Emas Batangan Secara Tunai
    Anda dapat langsung menuju Pegadaian Gerai 24 untuk membeli emas secara tunai. Keuntungannya dibanding membeli langsung ke Antam, adalah antrian tidak sepanjang di Unit Bisnis Antam, dan tidak dibatasi quota.
  • Beli Emas Batangan Secara Cicilan
    Dengan uang muka 20% Anda dapat membeli emas dengan cara cicil dengan pilihan waktu pembiayaan yang sangat ringan dan fleksibel mulai dari 3, 6, 12, 18, 24 dan 36 bulan.
  • Beli Emas Batangan Secara Kolektif
    Sama dengan program cicilan, Anda dapat membeli emas batangan Antam di Pegadaian secara kolektif. Minimal 6 orang, dengan uang muka 20%, dan waktu pembiayaan hingga 36 bulan.
  • Beli Emas Batangan Secara Arisan
    Anda pasti tidak menyangka bahwa arisan bisa menjadi salah satu cara investasi emas. Produk Pegadaian yang satu ini sangat cocok dengan kultur kaum hawa Indonesia. Dengan uang muka lebih ringan, yaitu 10%, peserta arisan minimal 6 orang, dan waktu pembiayaan maksimal 36 bulan. Sehingga jika arisan diundi sebulan sekali, maka maksimal jumlah peserta adalah 36 orang.
  • Tabungan Emas
    Akan dijelaskan terpisah
  • Berkebun Emas
    Akan dijelaskan terpisah

5. Tabungan Emas

Menurut saya tabungan emas Pegadaian ini merupakan cara terbaik untuk investasi emas. Kenapa saya katakan terbaik? Karena tabungan emas memiliki 3 keunggulan dibanding cara investasi emas yang lain, yaitu:

  • Modal Kecil. Anda dapat mulai berinvestasi hanya dengan Rp 6.500,- saja atau setara dengan 0,01 gram emas.
  • Aman. Jika tadi pada cara investasi emas perhiasan dan batangan, Anda bisa saja dihantui rasa was-was barang akan dicuri atau dirampas orang. Maka dengan tabungan emas Pegadaian Anda tidak perlu merasa was-was lagi. Karena Anda tidak menyimpan emas secara fisik, melainkan Pegadaian menyimpannya untuk Anda dengan biaya yang sangat amat murah (hanya Rp 30.000,- per tahun)
  • Averaging. Dengan kecilnya modal yang diperlukan, maka Anda dapat secara rutin menabung emas dengan jumlah nominal tertentu sesuai dengan keinginan. Dalam dunia investasi teknik ini dikenal dengan averaging. Dan teknik averaging ini merupakan cara terbaik dalam berinvestasi, termasuk investasi emas. Lebih lanjut mengenai averaging akan dijelaskan dibawah pada sub bagian Trik Investasi Emas.

Bagaimana cara membuka rekening tabungan emas di Pegadaian? Berikut ini caranya:

  • Datang ke pegadaian terdekat, utarakan keinginan Anda untuk membuka rekening tabungan emas
  • Petugas akan meminta KTP Anda, dan meminta Anda untuk mengisi formulir
  • Setelah formulir terisi, serahkan kembali ke petugas
  • Dana awal pembukaan rekening adalah sebesar Rp 55.000,- dengan rincian; Rp 30.000,- untuk biaya fasilitas titipan selama 1 tahun, Rp 6.000,- materai, Rp 6.500,- pembelian saldo awal 0,01 gram emas, Rp 12.500,- biaya administrasi pembukaan rekening.

Oh iya… Saldo di buku tabungan emas adalah gram emas, bukan rupiah. Mungkin pada awalnya Anda kan sedikit bingung jika melihat saldo mutasi di buku tabungan. Jika tidak ingin ribet, langsung saja lihat saldo akhir, itulah jumlah gram emas yang Anda miliki.

Informasi lebih lengkap dapat Anda baca selengkapnya di artikel Review Tabungan Emas Pegadaian yang membahas lebih lengkap untung ruginya menabung emas.

6. Berkebun Emas

Cara investasi emas dengan teknik berkebun emas sempat populer di tahun 2010an. Teknik berkebun emas dilakukan dengan memanfaatkan jasa pegadaian. Pada saat itu, tidak hanya PT Pegadaian, beberapa bank juga menjadi dikenal karena produk gadainya, diantaranya Bank Jabar, dan Bank Syariah Mandiri.

Bagaimana cara berkebun emas? Berikut ini gambaran cara berkebun emas:

  • Membeli emas sesuai keinginan, misal 10 gram
  • Gadaikan emas tersebut
  • Hasil gadai, gunakan untuk membeli emas kembali dengan berat sama, yaitu 10 gram
  • Gadaikan lagi emas tersebut
  • Hasil gadai gunakan untuk membeli emas lagi
  • Demikian seterusnya hingga Anda memiliki 5 batang emas @ 10 gram di pegadaian.
  • Kemudian beli emas lagi
  • Nah, emas keenam ini Anda simpan dirumah
  • Saat harga emas naik adalah saat untuk memanen. Gunakan emas keenam yang Anda simpan untuk menebus emas di pegadaian satu per satu.
  • Cara panen; jual emas keenam untuk menebus emas pertama, jual emas pertama untuk menebus emas kedua, dan seterusnya.

Penting untuk dicatat dalam menggunakan teknik berkebun emas adalah bunga atau biaya titip emas yang jatuh tempo 4 bulanan. Anda harus menghitung dengan cermat, sehingga kenaikan harga emas yang Anda peroleh saat panen dapat menutupi bunga atau biaya titip tersebut.

7. Investasi Emas Online

Cara investasi emas online yang dimaksud disini adalah sistem trading seperti dalam dunia forex. Untuk yang beragama Islam tidak saya sarankan. Ada yang bilang haram, ada yang bilang halal. Jadi sebaiknya dihindari.

Anda tidak membeli emas yang sebenarnya, yang diperdagangkan adalah margin dengan memanfaatkan leverage yang diberikan broker. Dengan model future trading, sehingga bisa ambil posisi jual lebih dulu, baru kemudian beli belakangan.

Trik Investasi Emas

  1. Trik klasik: Beli emas saat harga turun
  2. Averaging. Beli emas secara rutin, misal tiap bulan atau tiap tri wulan.
  3. Hedging. Beli emas secara rutin, namun saat turun, beli dalam jumlah lebih besar dari biasanya (dua kali lipat dari biasanya).

sumber gambar cara investasi emas: antara foto

Artikel Bisnis Pilihan

7 Cara Investasi Emas Modal Kecil Namun Untung Besar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 Cara Investasi Emas Modal Kecil Namun Untung Besar