Cara Bermain Reksadana Aman Dengan Pemilihan Reksadana Terbaik

Cara Bermain Reksadana Cara Memilih ReksadanaBagaimana cara bermain reksadana, kerap kali menjadi pertanyaan yang sering diajukan investor pemula. Reksadana kerap menjadi pilihan utama kebanyakan pemain investasi pemula. Selain karena dianggap lebih aman karena faktor resiko yang cenderung lebih ringan, juga karena nilai potensi keuntungannya terbilang cukup menggiurkan.

Siapa yang tidak memungkiri bagaimana potensi dari pasar saham. Hanya saja untuk bisa terjun dalam bisnis ini jelas dibutuhkan modal sangat besar. Dan di sinilah kemudian minat akan reksadana meningkat. Pada dasarnya cara bermain reksadana adalah dengan menghimpun dana kecil untuk dimasukkan dalam perdagangan saham atas nama sebuah unit usaha reksadana. Dimana unit reksadana ini dikelola oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman dalam mengelola dana investasi dan dalam jual beli saham.

Bila untuk masuk ke dalam pasar bursa saham Anda akan membutuhkan dana sekitar Rp 30 juta, sebagai deposit minimal pembukaan rekening sekuritas. Angka dana minimal ini tergantung masing-masing sekuritas, tiap sekuritas memiliki batasan minimal yang berbeda. Sedangkan dengan reksadana Anda bisa memulainya dengan dana sekitar Rp 100 ribu saja. Sebuah angka yang cukup jauh bukan?  Masuk akal kalau kemudian banyak investor pemula lebih tertarik dengan reksadana ketimbang investasi dalam saham. Reksadana bisa dikatakan sebagai salah satu pilihan investasi menguntungkan dengan modal kecil.

Namun cara bermain reksadana yang aman tidak lantas sesederhana itu. Anda perlu memilih dengan tepat reksadana terbaik yang paling aman dan paling berpeluang. Pasalnya kesalahan Anda dalam memilih reksadana bisa jadi akan berakibat fatal terhadap investasi Anda di masa depan. Pertama Anda harus memilih jenis reksadana yang sesuai dengan tingkat resiko yang bisa Anda terima.

Cara Memilih Reksadana Terbaik

Dan karenanya kali ini kami akan memandu Anda menemukan cara memilih reksadana terbaik untuk memastikan cara bermain reksadana Anda tetap dalam koridor aman dan sehat.

  1. Nilai keuntungan investasi
    Setiap investor jelas mencari keuntungan dari dari langkah investasinya, jadi wajar kalau urusan return menjadi pertimbangan penting untuk Anda. Seberapa lama waktu balik modal dan sebesar apa share keuntungan Anda. Pada umumnya nilai perolehan dari reksadana pada kisaran 25 % pertahun untuk kontrak kisaran 5 tahun. Kadang Anda mendapatkan iming-iming berlebihan dari pemasar, sebaiknya jangan mudah termakan dan lakukan cross ccek untuk memastikan kebenarannya.
  2. Pahami resiko investasi
    Sudah tentu setiap investasi selalu mengandung resiko. Setiap investasi memiliki tingkat resiko berbeda-beda, tergantung pada aspek-aspek dan komponen di dalamnya. Dalam dunia reksadana, penting untuk Anda mengetahui dulu, pasar saham apa dan dimana mereka akan memasuki pasar, bagaimana potensi dan resiko dari pasar tersebut dan besaran dana yang akan dikelola. Pastikan resiko ini sesuai dengan toleransi Anda terhadap resiko.
  3. Urusan likuiditas
    Tidak ada jaminan reksadana dengan tingkat return tinggi juga otomatis memiliki likuiditas tinggi. Kadang justru ketika Anda benar-benar sedang membutuhkan dana, Anda justru harus berhadapan dengan birokrasi berbelit untuk pencairan dana. Meski masalah likuiditas pada reksadana memang berbeda dengan perbankan biasa, mengingat kadang nilai investasi Anda akan terkoreksi turun di beberapa waktu.
  4. Besaran nilai uang dalam reksadana
    Pahami juga, berapa besar dana yang perlu Anda suntikan untuk bisa memulai sebuah akun reksadana. Dan seberapa besar  nilai uang yang total berada dalam pengelolaan manajer investasi ini. Dana yang besar akan memberi keleluasaan untuk mengambil keputusan dan melakukan tahanan dana.
  5. Usia reksadana
    Tidak ada kepastikan kalau usaha reksadana baru pasti tidak berkualitas. Tetapi mereka yang sudah menorehkan track record jelas memberi keyakinan yang lebih kuat bahwa perusahaan akan engelola dana dengan baik dan profesional. Dapat dikatakan sebenarnya makin matang usia makin profesional dan berpengalamanlah mereka.
  6. Laporan evaluasi
    Untuk mendapatkan track record, Anda bisa mencarinya dalam bentuk evaluasi perdagangan dan investasi. Laporan ini memberi gambaran jelas mengenai setiap langkah manajemen investasi termasuk pertimbangan-pertimbangan yang melatari berikut dengan hasil yang diperoleh. Dengan gambaran ini Anda bisa melihat selayak apa mereka Anda percaya.
  7. Pendapat pihak ketiga
    Kadang untuk bisa memastikan atau menguatkan pilihan Anda, Anda perlu mencari pendapat dari pihak ketiga. Misalkan saja dengan menelusuri berbagai referensi dan rekomendasi yang diterbitkan oleh majalah dan website mengenai reksadana. Secara berkala beberapa majalah bisnis juga merilis peringkat reksadana yang lagi-lagi bisa menjadi acuan Anda dalam memilih. Saran dan pengalaman dari mereka yang sudah menjajal juga bisa menjadi pilihan. Mereka dengan pengalaman masing-masing dalam memiliki sebuah akun reksadana bisa jadi input iformasi yang memadai untuk kebutuhan pengambilan keputusan

Memilih reksadana dengan tepat adalah bagian terpenting dari cara bermain reksadana dengan aman dan sehat. Demikian banyak penawaran reksadana dibuka, Anda perlu untuk jeli melihat setiap detil guna menemukan pilihan tepat.

sumber gambar cara bermain reksadana: k.bei5000.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Bermain Reksadana Aman Dengan Pemilihan Reksadana Terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Bermain Reksadana Aman Dengan Pemilihan Reksadana Terbaik