Berbagai Pilihan Investasi Bank BRI, Mulai Deposito Hingga Obligasi

Berbagai Pilihan Investasi Bank BRI, Mulai Deposito Hingga ObligasiInvestasi Bank BRI mempunyai berbagai macam pilihan, mulai dari deposito hingga obligasi. Investasi adalah suatu cara menanamkan modal atau menitipkan modalnya kepada orang atau sekelompok orang untuk digunakan dalam menjalankan aktivitas usaha dengan perjanjian tertentu, sehingga pemilik modal tersebut bisa mendapatkan keuntungan dari bagi hasil usaha yang dijalankan berdasarkan prosentase jumlah modalnya.

Sementara, bank adalah satu badan usaha atau lembaga keuangan yang memiliki kewenangan dalam menerima sejumlah uang dalam bentuk simpanan (tabungan). Tabungan ini merupakan salah satu bentuk investasi yang dilakukan baik orang atau sekelompok orang  yang terdaftar di bank tersebut sebagai nasabah. Tidak hanya dalam bentuk tabungan, bank juga memiliki alternatif jenis investasi yang ditawarkan kepada nasabahnya.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia. BRI termasuk salah satu bank yang sangat dipercaya masyarakat dalam menginvestasikan dananya untuk dikelola kembali oleh bank tersebut. Bentuk investasi Bank BRI bermacam-macam jenisnya, dari yang mulai dasar dan umum hingga jenis investasi yang mungkin kurang awam dikenal di telinga pada umumnya.

Baca juga: 3 Pilihan Investasi Menguntungkan Dengan Modal Kecil

Beberapa Pilihan Investasi Bank BRI

  1. Tabungan

Jenis-jenis tabungan yang dikelola BRI antara lain berupa TabunganBritAma, Simpedes, Simpedes TKI, Tabungan Haji, Tabungan BritAma Dollar, BritAma Bisnis, BritAma Rencana, BritAma Valas, Tabungan BRI Junio, TabunganKu. Pilihan berbagai jenis simpanan tersebut tergantung kebutuhan tiap-tiap nasabah BRI. Untuk kriteria pembukaan rekening tabungan bisa langsung ke kantor cabang BRI yang terdekat, atau bisa dilihat di halam web BRI.

  1. Deposito

Jenis investasi Bank BRI berupa deposito merupakan simpanan yang berjangka waktu tertentu. dana yang didepositokan di BRI dijamin oleh pemerintah melalui LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Deposito bisa dicairkan kepada nasabah sesuai dengan tanggal jatuh temponya pada jangka tertentu yang sudah ditentukan. Jenis deposito BRI adalah Deposito Rupiah, Deposito Valas, dan Deposito On Call.

  1. DPLK

Investasi Bank BRI selanjutnya adalah DPLK, merupakan singkatan dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan, yang tugasnya membantu menyelenggarakan program pensiun. Ada 2 program dalam DPLK yaitu Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) bagi perseorangan dan perusahaan, dan Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon (PPUKP) bagi yayasan, badan usaha atau perusahaan. Berdasarkan sumber dari website BRI, tujuan PPIP adalah untuk membantu peserta DPLK dalam menghimpun dana untuk menjaminan kelangsungan penghasilan dan kesejahteraan saat pensiun nanti. Para peserta PPIP menginvestasikan sejumlah dananya ke instrumen investasi melalui diversifikasi portofolio efek sesuai paket pilihan investasi pilihan peserta. Tujuan PPUKP pada suatu perusahaan adalah membantu dalam mencadangkan pembayaran dana pesangon pekerja yang berhak atas pesangon tersebut, disesuaikan dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan dan ketentuan internal perusahaan yang berlaku.

  1. ORI dan SR

ORI singkatan dari Obligasi Negara Ritel Indonesia dan SR singkatan dari Sukuk Negara Ritel, merupakan investasi Bank BRI dalam bentuk surat berharga yang dijamin dengan pembayaran bunga, bagi hasil serta pokoknya. ORI dan SR ini dijamin oleh Pemerintah dan merupakan pilihan yang dijadikan sebagai alternatif investasi bagi investor individu.

Itu tadi 4 produk investasi Bank BRI yang dapat menjadi salah satu alternatif pilihan investasi yang aman dan menguntungkan.

sumber gambar: trafoz.com

Artikel Bisnis Pilihan

Berbagai Pilihan Investasi Bank BRI, Mulai Deposito Hingga Obligasi

2 COMMENTS

  1. Gimana cara daftar inves, trs minimal berapa thn dengan modal kecil nyicil per bulan mau punya uang 1 m, thn pertama ke 2 seterusnya apa harus di taikin nilainya???

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berbagai Pilihan Investasi Bank BRI, Mulai Deposito Hingga Obligasi