Belajar Investasi Saham Untuk Pemula Hingga Mahir

Belajar Investasi Saham Untuk Pemula Hingga MahirBelajar investasi saham untuk pemula sebaiknya dilakukan sejak dini sehingga anda bisa mulai terjun di dunia investasi semakin awal pula. Dengan begitu, maka akan semakin banyak modal pengetahuan dan pengalaman yang akan anda dapatkan sehingga berguna untuk membantu anda mendapatkan keuntungan investasi sebanyak-banyaknya di masa depan. Menanam investasi saham diketahui menjanjikan laba yang bagus untuk kita, akan tetapi sebagai seorang pemula tentu kita wajib mengetahui kisi-kisinya agar tidak sampai terjerembab pada kerugian bahkan hutang.

Baca juga: 10 Orang Terkaya Di Indonesia Versi Majalah Forbes

Tips Investasi Saham Untuk Pemula Hingga Mahir

  1. Mulai dari yang kecil

Bermain dalam bisnis investasi saham sangatlah berbahaya bagi mereka yang belum memiliki pemahaman dan pengalaman sama sekali. Oleh sebab itu, anda bisa memulai investasi saham untuk pemula dulu dengan modal kecil. Hal ini dilakukan agar saat anda melakukan kesalahan, maka kerugian yang anda alami takkan terlalu signifikan. Biarkan modal kecil menuntun perjalanan anda dalam dunia investasi hingga anda mahir benar dalam bisnis ini.

  1. Bermain aman

Pasar saham dikenal sangat fluktuatif sehingga harga saham perusahaan tak pernah stagnan dan selalu berubah. Banyaknya jenis saham yang harus dipilih pun kerap membuat pemain amatir bingung dengan pilihannya. Sebaiknya, carilah perusahaan yang memiliki saham yang aman atau blue chip. Biasanya, perusahaan ini seperti ini namanya sudah dikenal luas, dioperasikan secara transparan dan mempunyai bidang bisnis yang jelas dengan keuntungan cukup memuaskan serta tidak terlilit hutang. Di pasar saham juga dikenal istilah saham gorengan, yakni saham yang tiba-tiba nilainya naik tanpa sebab yang jelas. Fenomena seperti ini kerap menjebak investor amatir yang tidak berpengalaman. Sebaiknya, hindari saham seperti ini karena sangat berisiko dan tidak jelas.

  1. Diversifikasi investasi

Diversifikasi investasi merupakan strategi investasi saham untuk pemula dengan cara membeli beberapa macam jenis saham sebagai upaya pencegahan di masa depan. Maksudnya, bila satu jenis saham tiba-tiba berjatuhan, maka anda akan selamat karena masih memiliki jenis saham lainnya. Selain sebagai penolong di saat darurat, diversifikasi ini juga dapat menambah pengetahuan anda tentang dunia investasi.

  1. Mulai belajar analisis dan review portofolio

Bisnis investasi saham mencakup banyak hal dan itulah sebabnya maka anda perlu untuk mulai belajar melakukan analisa dan review portofolio. Review di sini berguna untuk membantu anda memperoleh gambaran dari kinerja sebuah perusahaan. Bila ternyata performa perusahaan tersebut terus menurun, maka sebaiknya anda ganti dengan yang baru. Sementara itu, analisis bermanfaat untuk membantu anda dalam mengambil keputusan apakah akan membeli atau menjual sebuah saham. Strategi ini bisa anda pahami dengan membaca literatur mengenai investasi saham dan bertanya kepada rekan profesional. Itulah ulasan singkat mengenai investasi saham untuk pemula yang semoga semakin melecut niatan anda untuk menekuni bisnis ini.

sumber gambar: bestfinancenetwork.com

Artikel Bisnis Pilihan

Belajar Investasi Saham Untuk Pemula Hingga Mahir

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Belajar Investasi Saham Untuk Pemula Hingga Mahir