Usaha Yang Menjanjikan Saat Ini Di Yogya Sebagai Kota Wisata

Usaha Yang Menjanjikan Saat Ini Di Yogya Sebagai Kota WisataKira-kira, apa saja usaha yang menjanjikan saat ini untuk dikembangkan di Yogyakarta? Pertanyaan ini menjadi menarik karena Yogyakarta merupakan kota dengan berbagai julukan, kota pelajar, kota wisata, kota yang romantis, kota budaya, dan masih banyak julukan lain lagi. Dengan karakteristik yang unik tersebut tentu saja Yogyakarta menyimpan banyak potensi bisnis untuk dikembangkan.

Kali ini kita fokus pada potensi bisnis Yogyakarta sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Bepergian atau travelling sedang happening saat ini. Barangkali karena kejenuhan dan tingkat tekanan pekerjaan yang tinggi, sehingga travelling menjadi salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut. Ditambah kemudahan akses informasi terhadap lokasi-lokasi wisata baru yang terus bermunculan sepanjang waktu.

Menurut data, dikatakan bahwa jumlah kunjungan wisata di kota ini nomor dua setelah Bali. Bahkan aktivitas wisata di kota ini lebih bergeliat ketimbang kota Jakarta dan Lombok yang juga dikenal sebagai destinasi wisata populer di Indonesia. Ini membuahkan munculnya banyak peluang usaha yang menjanjikan saat ini di kota Yogya.

Sebenarnya sudah sejak lama Yogya dikenal sebagai pusat wisata, namun popularitasnya memang meningkat dalam 5 tahun belakangan sejak minat wisata di kalangan domestik meningkat tajam. Hal ini tidak lepas dari munculnya beberapa destinasi wisata baru di Jogjakarta, khususnya di wilayah Gunungkidul.

Dan dari perkembangan industri pariwisata di Yogyakarta tersebut, saya mencoba merangkum beberapa ide peluang usaha yang menjanjikan saat ini di Yogyakarta sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Indonesia.

Baca juga: 8 Ide Peluang Uusaha Di Yogyakarta Berdasar Potensinya Sebagai Kota Pelajar

Usaha Yang Menjanjikan Saat Ini Di Yogya Sebagai Kota Wisata
Pantai Nglambor, Gunungkidul, Yogyakarta

sumber gambar: bebekguling38.blogspot.com

Usaha Yang Menjanjikan Saat Ini Di Yogya Sebagai Daerah Tujuan Wisata

  1. Usaha oleh-oleh dan souvenir
    Sebagai pusat aktivitas wisata di pulau Jawa, kota ini kerap kali kebanjiran pengunjung di musim liburan. Bahkan pengunjung wisata lepas dari masa liburan pun relatif tinggi. Kebanyakan wisatawan ini memiliki kebiasaan untuk membeli oleh-oleh khas dari kota yang mereka kunjungi. Dan ini bisa menjadi potensi untuk Anda kembangkan. Mulai dari usaha oleh-oleh penganan khas, beragam kerajinan sampai produk unik yang khas seperti kaos dan busana batik modern.
  2. Usaha penginapan
    Anda memiliki rumah di kota Yogya yang tidak terpakai, dari pada kosong gunakan saja menjadi guest house. Kunjungan wisata di kota ini cukup tinggi dan kadang membutuhkan banyak penginapan. Anda juga bisa manfaatkan pula paviliun samping rumah, bangunan kost yang tidak lagi Anda gunakan sebagai penginapan atau hotel skala kecil. Tentu saja kalau Anda bermodal lebih bisnis hotel kelas bintang 1 sampai bintal 5 di kota ini juga menggiurkan.
  3. Usaha Rental kendaraan
    Sudah dengan penginapan, apa sekiranya yang paling dibutuhkan pengunjung wisata selain penginapan? Tentu saja transportasi, ini menjadikan rental mobil dan motor menjadi usaha yang menjanjikan saat ini di Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata. Dan ini yang memberi Anda peluang besar membangun bisnis persewaan kendaraan di kota ini. Meski kota ini sudah dipadati jasa persewaan kendaraan, faktanya masih saja sulit mendapatkan kendaraan sewaan di musim liburan. Ini pertanda permintaan masih lebih besar dari penawaran yang tersedia kan? Malah kini juga berkembang jasa persewaan motor yang tidak kalah menariknya untuk Anda jajal.
  4. Usaha tujuan wisata
    Anda tinggal di kawasan pedesaan dengan lokasi yang menyimpan panorama alam yang memikat? Atau di desa Anda memiliki aktivitas kerajinan yang demikian melekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat desa? Kota ini kebanjiran mahasiswa ditambah wisatawan yang tak berhenti mengalir. Jadi segala pesona alam dan tradisi unik akan memiliki kemampuan menyerap pengunjung yang memberikan keuntungan besar.
  5. Usaha properti
    Kota ini ternyata juga dikenal dengan permintaan properti terbesar di Indonesia. Bahkan bisa mengalahkan kota Jakarta yang dianggap pusat properti. Kenaikan harga di kota ini bisa berjalan dengan kecepatan tinggi dan di beberapa daerah permintaan bisa demikian tingginya sampai tak mampu dicakup oleh penawaran yang ada. Jadi kenapa tidak dengan bisnis properti di kota Yogya. Ini karena banyak pendatang yang melihat potensi Yogya, dengan menjadikan properti mereka sebagai guest house atau setidaknya rumah peristirahatan mereka dikala liburan. Belum lagi dengan tingginya jumlah pendatang mahasiswa yang akhirnya memutuskan menjadi warga Yogya dan mencari hunian tetap di kota ini.
  6. Usaha kerajinan
    Kota Yogya dikenal sebagai salah satu pusat industri kerajinan. Anda bisa melihat beberaapa desa penghasil kerajinan khas seperti daerah Bantul dan Sleman, dimana Anda bisa menemukan banyaknya desa industri kerajinan di sana. Anda bisa mengembangkan bisnis penjualan kerajinan dengan membuka outlet yang melayani wisatawan atau malah terjun ke bisnis ekspor kerajinan. Ada pasar yang begitu besar di pasar Internasional untuk produk kerajinan berkualitas tinggi asal Indonesia.
  7. Bisnis travel wisata
    Anda yang gemar bergaul dengan pendatang internasional, memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik dan mengetahui beraga destinasi wisata lengkap dengan kisah yang menyertainya, ide usaha satu ini layak Anda coba. Di sini Anda bertugas mengantarkan sekaligus menjelaskan berbagai destinasi wisata lengkap dengan kisah yang ada dibalik destinasi tersebut dan beberapa penjelasan lain. Ide ini bisa memberi Anda hasil besar, mengingat kebanyakan konsumen Anda bisa jadi adalah turis asing.

Ternyata kota Yogya memang menyimpan banyak ide usaha yang menjanjikan saat ini. Dengan perkembangan kota yang sudah demikian pesat, rasanya di masa depan kota ini akan semakin menggeliatkan beragam prospek usaha lain yang tak kalah menggiurkan.

 

Artikel Bisnis Pilihan

Usaha Yang Menjanjikan Saat Ini Di Yogya Sebagai Kota Wisata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Usaha Yang Menjanjikan Saat Ini Di Yogya Sebagai Kota Wisata