Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan Dalam Bidang Kuliner

Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan Dalam Bidang KulinerTertarik untuk memulai sebuah usaha kecil kecilan yang menguntungkan? Bila Anda bertanya usaha apa yang memiliki peluang besar dan tidak ada matinya, maka salah satu jawabannya jelas adalah usaha kuliner. Usaha dalam bidang kuliner memang selalu menjadi salah satu yang menjanjikan dan menguntungkan. Mengingat makan adalah salah satu kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan oleh manusia. Malah makan juga sudah berkembang menjadi gaya hidup.

Tak heran kalau kami menyarankan Anda untuk membuka usaha kuliner bila Anda saat ini tengah mencari ide usaha kecil kecilan yang menguntungkan. Karena meski usaha ini Anda buka dengan modal kecil usaha kuliner masih tetap mungkin mendatangkan hasil yang tidak mengecewakan, malah bukan mustahil untuk mendapatkan hasil berkali lipat lebih baik dari modal awal Anda.

Apa saja usaha kuliner yang cocok Anda jalankan dan bentuk usaha kecil kecilan yang menguntungkan? Tentu saja usaha ini harus memiliki pasar yang jelas dan luas. Karena sebisa mungkin Anda tidak direpotkan oleh masalah pemasaran yang rumit.  Selain itu penting untuk memastikan Anda tetap bisa memulai usaha ini tanpa mutlak membutuhkan biaya awal besar untuk membeli peralatan masak baru.  Dan bisnis macam itu bisa Anda lihat pada beberapa ide berikut.

Baca juga: Peluang Usaha Apa Yang Menguntungkan Di Bidang Kuliner

6 Ide Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan Dalam Bidang Kuliner

  1. Bisnis makanan kemasan
    Anda yang mahir dengan urusan dapur mungkin juga cukup lihai dalam mengolah makan siap saji atau makanan kemasan macam nugget, sambal, selai atau makanan berbumbu siap olah, bumbu jadi sampai abon. Biasanya untuk mengolah masakan ini Anda cukup memanfaatkan perangkat masak yang sudah ada. Anda juga cukup mengemasnya dalam wadah yang mudah Anda akses suplainya seperti jar plastik atau wadah kantung plastik dan mika food grade . Masalah pemasaran juga bisa Anda maksimalkan dengan sarana bazar di kawasan Anda, melalui jaringan pertemanan dan tetangga Anda, atau melalui sosial media. Untuk memaksimalkan nilai jual Anda bisa jamin makanan buatan Anda bebas pengawet, pemanis buatan atau bumbu MSG. Saya pernah membuat tulisan mengenai hal ini, untuk membacanya silakan klik disini.
  2. Kue rumahan
    Anda gemar membuat kue? Manfaatkan kebisaan dan hobi Anda ini sebagai usaha kecil kecilan yang menguntungkan. Mulai dari penawaran kue kering di hari raya ke rekan kerja Anda dan tetangga Anda, membuat bisnis kue basah untuk di titipkan ke cafe-cafe kecil di kota Anda, atau menerima pesanan untuk arisan. Dari skala kecil-kecil ini Anda bisa mulai melebarkan sayap dengan mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut. Mau market booster, jajal saja pemasaran via sosial media. Silakan baca juga artikel mengenai Analisa Usaha  dan Peluang Usaha Kue Kering Rumahan.
  3. Usaha bahan makanan organik
    Anda memiliki sisa lahan yang cukup luas di rumah Anda? Coba alih fungsikan sebagai ruang pertanian kecil dengan sarana hidroponik. Hasil pertanian dari usaha hidroponik cenderung lebih organik dari usaha pertanian biasa. Hasil tanaman juga cenderung lebih segar dari hasil pertanian konvensional. Usaha ini hanya akan memakan biaya relatif ringan untuk membuat instalasinya namun bisa mendatangkan untung relatif besar ketika hasilnya Anda jual ke tetangga dan rekan-rekan Anda.
  4. Catering unik
    Usaha catering adalah satu ide usaha kuliner yang layak Anda jajal sebagai salah satu usaha kecil kecilan yang menguntungkan. Tetapi kalau Anda ingin mengkali lipatkan keuntungan Anda, coba alihkan usaha catering sederhana Anda menjadi usaha catering dengan konsep makanan sehat seperti sajian gluten free atau catering diet sehat. Konsumen dari produk catering jenis ini biasanya siap membayar lebih mahal dari kebanyakan catering biasa. Padahal sebenarnya biaya produksinya sama saja dengan produk catering biasa.
  5. Food truck
    Punya modal lebih dan tertarik membuka usaha kuliner kelas lebih tinggi, jangan terburu-buru menjadikan modal Anda sebagai usaha restoran. Karena Anda bisa mendapatkan usaha yang sama menguntungkan, hasil yang tidak banyak berbeda namun dengan modal lebih kecil dengan Anda menjalanan usaha food truck. Usaha food truck akan membantu Anda menekan biaya pengadaan ruang usaha setidaknya 2 kali lebih rendah, tetapi tetap mungkin menghasilkan dengan hampir sama baiknya dengan restoran.
  6. Tukang masak pribadi
    Anda yang pakar memasak bisa juga menjalankan usaha sebagai tukang masak pribadi. Tidak harus lulusan dari sekolah masak untuk bisa menjadi pelaku usaha ini, karena nyatanya memasak sebenarnya lebih pada bakat dan minat. Ada banyak konsumen dari kalangan pribadi yang membutuhkan jasa tukang masak untuk acara pesta privat mereka sampai acara syukuran. Di kota-kota kecil bahkan budaya tukang masak seperti ini lebih populer ketimbang jasa catering. Detailnya dapat Anda lihat di Bisnis Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal Sebagai Juru Masak Pribadi.

Jadi, kalau yang Anda cari adalah usaha kecil kecilan yang menguntungkan, maka bisnis dalam bidang kuliner memiliki cukup banyak pilihan usaha yang cukup menarik untuk Anda jalankan Modal sangat terjangkau dengan hasil yang sangat menjanjikan, menggiurkan bukan?

sumber gambar: pegipegi.com

Artikel Bisnis Pilihan

Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan Dalam Bidang Kuliner

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Usaha Kecil Kecilan Yang Menguntungkan Dalam Bidang Kuliner