Pilihan Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

Jenis Usaha Modal Kecil Untung BesarBarangkali banyak diantara Sahabat PoBis yang ingin tahu apa saja jenis usaha modal kecil untung besar. Jika kita terjun di dunia usaha, maka hal pertama yang kita hadapi adalah modal. Bahkan tak jarang jalan menuju kewirausahaan terganjal gara-gara tidak punya modal usaha.

Jangan sampai kendala modal usaha menghadang langkah Anda untuk memulai usaha baru. Ada banyak cara mengatasi kendala modal tersebut, diantaranya adalah dengan memanfaatkan pinjaman modal usaha dari pemerintah, pinjaman modal tanpa agunan, atau pinjaman lainnya (banyak lembaga pembiayaan yang bisa Anda dekati). Jika tidak suka dengan segala yang berbau pinjaman, Anda dapat menggandeng investor untuk membiayai usaha Anda.

Namun jika Anda tidak ingin berbagi hasil usaha dengan investor, alternatifnya adalah mencari jenis usaha dengan modal kecil. Namun sayangnya, hukum ekonomi berlaku, high gain high profit, sehingga modal kecil biasanya hanya bisa membiayai usaha kecil dengan profit yang kecil juga.

Berita gembiranya, ada beberapa jenis usaha yang membutuhkan modal kecil namun memberi keuntungan yang cukup besar. Apa saja jenis usaha modal kecil untung besar itu?

Baca juga: 7 Pilihan Ide Bisnis Yang Menguntungkan Saat Ini

3 Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

  1. Usaha Berbasis Internet

Bisnis berbasis internet merupakan urutan nomor satu dalam jajaran jenis usaha modal kecil untung besar. Bahkan usaha ini bisa dikatakan tanpa modal, hanya berbekal jaringan internet, Anda sudah dapat memulai usaha ini. Salah satunya adalah dengan sistem dropship, dimana anda menjualkan produk orang lain, tidak perlu stock barang, jika ada pesanan Anda tinggal meneruskannya pada supplier Anda. Anda dapat melakukan promo melalui jejaring sosial, seperti facebook, twitter, atau instagram. Soal omset dan keuntungan, itu tergantung bagaimana Anda mengelolanya. Contoh saja, seorang kenalan saya bisa menghasilkan keuntungan bersih Rp 15 juta per bulan hanya dari berjualan lewat facebook.

Tahap lebih lanjut, Anda dapat membuka toko online, modalnya domain dan hosting, sekitar Rp 300 ribu pertahun. Jika tidak bisa membuat website toko online sendiri, banyak jasa pembuatan website murah sekitar Rp 500 ribu. Jadi total modal Rp 800 ribu, bandingkan bila Anda menyewa satu buah ruko. Jauh lebih murah toko online, belum lagi toko online dapat memiliki jangkauan ke seluruh dunia.

Masih banyak jenis bisnis internet yang memiliki potensi penghasilan yang luar biasa, misalnya dengan menjadi publiser adsense, tidak sedikit yang menghasilkan Rp 100 juta per bulan dari adsense. Atau mulai rencanakan untuk membuat start up, Mark Zuckerberg dengan Facebook-nya hanya butuh waktu dua tahun untuk untuk menjadi orang terkaya nomor 9 dunia.

  1. Usaha Jasa

Urutan kedua dari jenis usaha modal kecil untung besar adalah usaha jasa. Modal untuk usaha jasa terbilang kecil, modal hanya untuk membuat kantor, tapi jika Anda tidak punya modal yang cukup untuk membuat kantor, sekarang ada sewa kantor tarif per jam. Ataua jika tidak bisa menyewa kantor dengan tarif per jam, Anda dapat mengatur janji bertemu dengan klien di coffe shop atau di lobby hotel.

Usaha jasa ini beragam, mulai dari jasa bidang properti, jasa konsultasi, hingga jasa desain. Usaha jasa memang tidak membutuhkan modal besar, namun seringkali membutuhkan keahlian. Contoh usaha jasa konsultasi, konsultan hukum, konsultan keuangan, dan lain-lain. Jasa desain: jasa pembuatan website, jasa desain interior, jasa desain grafis, jasa desain busana, dan banyak lagi.

Keuntungan yang dihasilkan dari usaha jasa tersebut jelas jauh lebih besar dibanding modal yang dikeluarkan. Bahkan Arief Budiman memulai usaha jasa desain grafis hanya menggunakan kertas dan pensil, dan sekarang PT. Petakumpet Yogyakarta menjadi perusahaan dengan segudang penghargaan.

  1. Usaha Kreatif

Selanjutnya urutan ketiga jenis usaha modal kecil untung besar adalah usaha kreatif. Berbekal kreatifitas Anda dapat menciptakan sesuatu yang bernilai jual tinggi. Contohnya adalah industri kerajinan tangan. Baru-baru ini banyak kita jumpai bisnis kerajinan tangan yang mengolah sampah/barang bekas menjadi produk bernilai jual tinggi. Contoh Salam Rancage yang menyulap koran bekas menjadi aneka produk mebel kualitas ekspor, produknya merambah hingga Benua Eropa. Ada Kaleng Lani yang membuat kaleng bekas menjadi lebih bernilai. Ada limbah kayu yang diolah menjadi kap lampu batik menarik. Dan masih banyak lagi…

Bahan bakunya sampah, jelas murah, bahkan bisa jadi gratis. Namun setelah jadi produk, harganya akan jauh lebih besar. Sudah pasti ini memberi keuntungan yang besar pula.

Kalau Sahabat PoBis ingin jenis usaha modal kecil untung besar, maka Anda harus menggali berbagai peluang usaha yang ada di ketiga jenis usaha yang saya utarakan di atas.

sumber gambar: flickr.com

Artikel Bisnis Pilihan

Pilihan Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Pilihan Jenis Usaha Modal Kecil Untung Besar