Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil Ice Cream Pot

Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil Ice Cream PotBerikut ini ide peluang usaha makanan dengan modal kecil dengan ice cream pot. Bila beberapa bulan terakhir ini Anda sempat bertandang ke kota Yogya, tampaknya kota ini sempat dilanda demam kuliner baru, namanya ice cream pot. Yang unik dari kuliner segar ini sebenarnya bukan pada rasanya, karena bahan yang digunakan sebenarnya sama saja dengan penyajian ice cream biasa. Hanya saja penyajianya unik. Dan keunikannya inilah yang kemudian membuatnya populer sebagai peluang usaha makanan dengan modal kecil.

Ice cream pot disajikan dengan menggunakan wadah pot untuk tanaman. Untuk membuatnya unik, pot ini diisi penuh dengan ice cream dengan rasa-rasa menarik, kemudian menutupnya dengan remahan biskuit cokelat atau bubuk susu cokelat yang berpadu dengan bubuk kacang dan bubuk chocochip sehingga terkesan seperti tanah. Kemudian di hias dengan bunga, daun dan kadang dengan artifisial cacing dari sejenis permen lunak.

Kadang untuk memberi kesan lebih artistik, “tanah” akan dihias dengan cokelat khusus bernama chocorock sehinga terkesan seperti dipadati bebatuan alam yang cantik. Anda juga bisa menjumpai ice cream pot dengan hiasan buah segar, astor sampai cokelat keping yang diserut sebagai hiasan.

Terinspirasi oleh demikian maraknya bisnis ice cream pot ini berkembang di kota Yogya membuat Woro Erdianto dan istri Pujianti menjajal ide ini di kota mereka Kebumen. Dengan mengangkat brand Erdizz, keduanya membuka peluang usaha makanan dengan modal kecil ini di kawasan alun-alun kota Kebumen.

Kebetulan Woro memiliki seorang kaka yang sudah terlebih dulu membuka kedai kecil di kawasan pusat tongkrongan anak muda di kota Kebumen ini. Sementara sang kaka menjalankan bisnis roti bakar, maka Woro mencoba membuka usaha ice cream pot tepat di sisinya.

Untuk mendapatkan stock ice cream, Woro menjalin kerjasama dengan salah satu produsen pabrikan ice cream asal Yogyakarta, Diamond. Kemudian mengambil stok pot plastik berkualitas baik dari daerah sekitar Purworejo. Untuk modal awal, Woro dan Puji mengaku hanya menggunakan dana tak lebih dari 2 juta. 1 juta dialokasikan untuk membangun gerobak sederhana, 500 ribu untuk membeli peralatan dan sisanya untuk modal usaha.

Baca juga: 5 Tips Menjalankan Usaha Bisnis Modal Kecil

Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil Ice Cream Pot

sumber gambar: penulispro.com

Di awal Woro hanya menjual 40 porsi ice cream pot dengan harga Rp 5000 perporsi. Tak disangka di hari petama usahanya berjalan ice cream pot miliknya sudah ludes dalam jangka waktu tak sampai 3 jam. Woro sengaja memilih hari pertama usahanya di akhir pekan karena biasanya di akhir pekan pengunjung alun-alun akan meningkat.

Menyadari potensinya cukup besar, Woro kembali menjajal usahanya di hari berikutnya. Namun rupanya Woro harus menyadari bahwa tingkat penjualan ice cream potnya sangat bergantung pada tingkat kunjungan di alun-alun. Ketika padat pengunjung otomatis penjualannya meningkat. Di hari bukan akhir pekan ketika pengunjung berkurang maka penjualan ce cream pot miliknya juga turut menurun.

Ini membuat Woro mengatur stok penjualannya. Di hari non akhir pekan, Woro sengaja menurunkan produksinya hingga 20 – 30 %, karena tingkat kunjungan di alun-alun akan menurun drastis. Di saat hari-hari spesial seperti saat ada pasar malam di alun-alun, festival atau panggung musik, Woro bahkan meningkatkan stoknya sampai 2 -3 kali lipat.

Woro kemudian memberanikan diri memulai peluang usaha makanan dengan modal kecil serupa dengan booth yang lebih baik setelah 1 tahun membukanya di alun-alun. Pria muda ini membuka depot kecil di salah satu pusat perbelanjaan di kota Kebumen. Dan diakui idenya ini juga kembali mendapatkan banyak sambutan.

Kini Woro sudah menjalankan peluang usaha makanan dengan modal kecil setidaknya selama 2,5 tahun. Dan sudah sukses mengembangkan beberapa cabang usaha di kawasan lain kota Kebumen. Woro juga sudah membawahi setidaknya 10 orang karyawan. Dan pria muda beranak 1 ini kini sudah sukses dengan omset tak kurang dari 30 juta tiap bulan.

Tantangan terbesar Woro adalah ketika musim hujan datang sehingga sulit baginya menjual dengan target tinggi. Tetapi beruntung baginya karena belakangan cuaca cenderung tidak menentu sehinga tidak ada cuaca hujan yang terus menerus seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tantangan lain yang dihadapi peluang usaha makanan dengan modal kecil ini adalah kesulitan mendapatkan bahan baku da pot dengan kualitas baik. Akses produk di kota kecil sangat terbatas sehingga kerap kali Woro harus sengaja berburu ke kota Yogya dan Semarang demi mendapatkan suplai pot berkualitas.

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil Ice Cream Pot

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Makanan Dengan Modal Kecil Ice Cream Pot