Peluang Usaha Di Kampung Dengan Budidaya Ayam Bekisar

Peluang Usaha Di Kampung Dengan Budidaya Ayam BekisarTinggal di kampung bukanlah alasan yang dapat membatasi ruang gerak Anda dalam menjalani peluang usaha. Bicara soal peluang usaha di kampung yang terbilang potensial, maka salah satu yang bisa saya lihat sangat potensial adalah usaha terkait bisnis agro, seperti usaha pertanian, perkebunan, perikanan atau usaha peternakan.

Dan untuk topik peluang usaha di kampung kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai bisnis peternakan. Salah satu usaha peternakan yang kali ini ingin saya ulas adalah usaha peternakan hewan hias. Ada yang menarik dari bisnis hewan hias, terutama karena hewan-hewan ini biasanya dipasarkan dengan harga jual yang jauh lebih tinggi dibandingkan harga jual jenis hewan potong macam ayam atau sapi konsumsi.

Namun berkenaan dengan harga jual yang jauh lebih menarik dan menjanjikan, bisnis hewan hias kerap kali juga terbentur dengan pemeliharaan yang cenderung lebih rumit. Karena untuk mendapatkan harga jual terbaik, kondisi fisik hewan hias bersangkutan harus dalam kondisi terbaiknya.

Sebagaimana ketika Anda menjalankan usaha peternakan ayam bekisar. Ayam bekisar kualitas jawara bisa dibandrol dengan harga kisaran sampai 20 jutaan. Ayam ini banyak digemari di pasar pecinta hewan hias karena memiliki bulu yang cantik dengan perpaduan warna bulu yang memikat mata. Selain itu, hewan ini juga memiliki bentuk yang menarik sedikit gempal dan bertubuh lebih besar dari ayam biasa, sehingga tampak unik dan dianggap cantik. Karena tergolong banyak penggemar, maka peluang usaha ayam bekisar memiliki prospek yang menjanjikan.

Ayam Bekisar sendiri sebenarnya adalah jenis ayam hasil perkawinan silang antara jenis ayam hutan dengan ayam kampung kedu. Perpaduan antara bentuk ayam hutan yang tambun dan bulu uniknya berwarna hijau, hitam dan merah berpadu dengan ayam kedu yang lebih gagah dan warna bulu yang lebih cerah.

Usaha ini bisa saya kategorikan sebagai peluang usaha di kampung, karena bisnis ini akan lebih mudah Anda kembangkan di kawasan perkampungan dimana masih banyak lahan terbuka yang siap menjadi ruang peternakan ayam bekisar. Pasalnya ayam bekisar membutuhkan ruang usaha yang cukup luas, dimana Anda memadukan pemeliharaan dalam kandang dan dalam area terbuka.

Ayam bekisar perlu dipelihara dengan cara ini sesuai karakter ayam bekisar yang masih membutuhkan pola hidup layaknya ayam kampung yang bebas.Mereka mudah stress kalau selalu Anda pelihara dalam kandang.  Namun juga harus dibatasi ruang geraknya demi menjaga kualitas pakan yang diasup, kondisi bulu dan kesehatannya. Itu sebabnya biasanya untuk memelihara bekisar Anda butuh ruang terbuka yang Anda pagari tinggi untuk keamanan dan kenyamanan ayam bekisar di dalamnya.

Memulai peluang usaha di kampung ini terbilang tidak mahal, karena harga bibitan atau DOC berkisar  60 ribuan sampai 200 ribuan per ekor jenis DOC. DOC sendiri adalah anakan ayam bekisar berusia di bawah 2 minggu. Setelah masa pembesaran sekitar 3 bulan, dalam kondisi standar saja Anda bisa menjual ayam bekisar ini dengan harga minimal 700 ribu bahkan 3 jutaan. Masih pula Anda mendapat untung dari harga 15 ribuan untuk tiap butir telur yang Anda hasilkan.

Jika Anda tertarik untuk menjalani peluang usaha di kampung dengan budidaya ayam bekisar, untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menjalankan peternakan ayam bekisar .

  1. Lebih dari 80% ayam bekisar akan mandul, maka perlu cara khusus untuk membiakan ayam ini. Biasanya pembiakan dilakukan dengan proses perkawinan silang langsung antara ayam hutan dengan jenis ayam persilangan kedu dan pelung. Perlu kemahiran khusus untuk memahami proses pembiakan sehingga sebaiknya untuk pemula jalankan saja bisnis pembesaran.
  2. Hindari membeli telur kecuali Anda yakin supplier Anda cukup terpercaya, karena hanya 10% dari total telur yang dihasilkan yang memiliki potensi menghasilkan ayam bekisar berkualitas. Akan lebih efektif membeli DOC meski untuk jenis turunan terbaik Anda bisa mengeluarkan kocek sampai lebih dari 100 ribu per DOC.
  3. Untuk pemeliharaan DOC, sebaiknya pisahkan setiap rentang usia karena ayam ini rentansekali stress. Biasanya ayam yang lebih tua cenderung membuat ayam muda kurang nyaman. Mereka juga cenderung pasif sehingga ayam muda kerap kali tidak mendapat makanan sesuai kebtuhan bila pemberian pakan diberikan bersama dengan jenis yang lebih besar. Artinya Anda memerlukan area peternakan yang besar dengan kandang-kandang yang terpisah.

Demikian tadi beberapa hal yang perlu menjadi perhatian Anda untuk menjalankan usaha peternakan ayam bekisar sebagai sebuah peluang usaha di kampung yang memberi Anda potensi bisnis yang sangat menjanjikan.

sumber gambar: omkicau.com

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Usaha Di Kampung Dengan Budidaya Ayam Bekisar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Usaha Di Kampung Dengan Budidaya Ayam Bekisar