Peluang Bisnis Pemula Modal Kecil

Peluang Bisnis Pemula Modal KecilKali ini saya akan sajikan informasi peluang bisnis pemula modal kecil. Berbisnis melalui wirausaha mandiri bisa dilakukan sebagai terobosan untuk menyangga keuangan yang awalnya cuma berasal dari pekerjaan utama. Seorang bekerja sebagai karyawan atau pegawai baik swasta maupun pegawai negeri bisa mulai melirik beberapa sektor usaha sebagai usaha sampingan. Saat ini banyak sekali orang atau gabungan orang yang mendirikan usaha sampingan karena tergiur keuntungan dan peluang pasar yang ada. Berbagai barang atau jasa dijual atau ditawarkan ke konsumen dengan segmennya masing-masing, sehingga menjadi usaha dengan omset besar.

Bagi pemula, banyak keraguan untuk menjalankan dan memulai usaha. Ini merupakan hambatan sekaligus tantangan yang harus dilawan agar tidak berubah menjadi alasan sehingga membatalkan niat dalam berwirausaha. Banyak orang yang saat kuliah atau menempuh tingkat pendidikan tertentu, dalam benaknya ingin berwirausaha, tapi akhirnya cuma berakhir sampai pada hanya ingin saja. Mereka akhirnya bekerja sebagai karyawan pada pada suatu perusahaan atau pegawai negeri, dan berkutat pada kesibukan dalam pekerjaan yang lebih stabil. Dengan alasan lebih terjamin dan gaji atau income yang pasti tiap bulannya menjadikan lupa akan berwirausaha.

Itu semua dulu, sekarang karena kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi, dapat dirasakan bahwa bumi berada dalam genggaman. Media elektronik mulai dari komputer, laptop, smartphone merajai dalam setiap aspek kehidupan. Bahkan hidup berasa tidak akan lengkap tanpa gadget, sehingga seolah-olah menjadi suatu kebutuhan. Teknologi ini dapat dimanfaatkan dalam melakukan wirausaha dan melahirkan beberapa ide bisnis pemula modal kecil. Banyak orang berbondong-bondong melakukan usaha dengan memanfaatkan bebagai jenis gadget sebagai usaha sampingan. Harus pandai melihat peluang dan menganalisa kebutuhan yang ada di sekitar tempat usaha yang akan didirikan.

Selain itu perlu dilihat pula kemudahan dalam mencari pemasok atau supplier untuk barang/atau jasa yang ingin kita tawarkan. Memulai dari apa yang disukai tidak kalah pentingnya dalam mengawali  suatu proses usaha, agar apapun yang terjadi dalam usaha tidak menjadikan beban dan tidak akan merasa putus asa ketika menghadapi masalah usaha. Selain itu, ide dan kreativitas juga sangat diperlukan untuk menciptakan bisnis pemula modal kecil. Menciptakan usaha sendiri memang tidak harus orisinal, tapi bisa melakukan modifikasi usaha yang sudah ada menjadi usaha yang baru. Intinya dalam membuka usaha perlu dipertimbangkan analisa kebutuhan konsumen, segmen pasar, supplier, kegemaran atau hobi, orisinalitas, serta pemasaran.

Baca juga: Cara Berbisnis Dengan Modal Kecil

6 Ide Peluang Bisnis Pemula Modal Kecil

Berikut ini beberapa peluang usaha yang bisa dipertimbangkan dalam mendirikan bisnis bagi pemula dengan modal kecil:

  1. Bisnis pulsa

Cara menjalankannya sangat mudah dan murah. Cukup menggunakan fasilitas handphone apapun jenisnya serta deposit pulsa dari agen pulsa. Handphone apapun jenisnya sudah memasuki segala sektor kehidupan, sehingga pemenuhan kebutuhan terhadap pulsa menjadi salah satu bagian utama untuk saat ini. Untuk memasarkan pulsa hanya cukup dengan memiliki relasi yang luas serta ketegasan dalam menarik uang penjualan. Jangan sampai terjadi berjualan pulsa banyak yang dihutang, karena keuntungan yang sedikit, menjadi tidak balik modal.

  1. Bisnis online dan dropship

Bisnis online shop apapun jenis barangnya saat ini juga sangat booming di kalangan masyarakat awam. Bisnis online shop sangat cocok sebagai bisnis pemula modal kecil dan memiliki resiko yang kecil. Banyak yang berbondong-bondong mendirikan toko online sekaligus menjadi dropshiper menjualkan barang dari supplier ketika ada konsumen yang memesan / membeli. Persaingan antar penjual online saat ini cukup ketat, menyebabkan persaingan dalam hal harga dan kualitas. Berjualan online dan dropship ini bisa memanfaatkan media sosial serta fasilitas messenger yang banyak digunakan dalam gadget sehingga menjadikan wirausaha mudah dan hemat.

  1. Jasa bimbingan belajar atau les privat

Jasa bimbingan belajar atau les mata pelajaran ini bisa dilakukan di rumah atau mendatangi langsung ke rumah konsumen. Selain itu, bisa juga dilakukan secara online dari blog atau website yang dimiliki. Blog atau web bisa digunakan sebagai ajang promosi, serta sarana dalam menawarkan produk yang termasuk fasilitas dalam bimbingan belajar secara online, misalnya diktat atau modul belajar, diserta video pembahasan soal. Selain itu diberikan pula fasilitas konsultasi kepada member bimbingan belajar secara online yang bisa dilakukan melalui forum dalam media sosial atau messenger.

  1. Jasa pengetikan

Jasa pengetikan biasanya ramai di daerah yang berdekatan dengan kampus atau sekolah. Selain itu biasanya dilengkapi dengan jasa fotocopy. Jasa ini sangat diperlukan sekali bagi mahasiswa dan pelajar dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Sebagai bisnis pemula modal kecil, untuk memulai usaha ini, minimal membutuhkan satu buah PC / laptop serta printer. Jika sudah berkembang, maka jumlah unit alatnya bisa ditambah.

Baca juga: Cara Bisnis Tanpa Modal Yang Bisa Anda Mulai Dari Rumah

  1. Kerja online

Contoh kerja online yang bisa dilakukan antara lain penulisan artikel freelance, pembuatan logo, membuat dan mendesain website.

  1. Kuliner dan catering

Usaha kuliner dalam hal ini adalah dalam bentuk pemesanan makanan atau kue yang bisa dilakukan di rumah. Ketika ada konsumen yang akan memesan, baru dilakukan pembuatan pembuatan kue atau masakan tersebut. Pemasarannya bisa dilakukan dari mulut ke mulut dan bisa juga memanfaatkan media sosia dan messenger.

Kemampuan berusaha tiap orang berbeda. Dalam memilih bidang usaha sampingan menyesuaikan kemampuan tiap individu. Temukan bisnis pemula modal kecil yang sesuai dengan kemampuan modal dan potensi pasar di lingkungan Anda.

sumber gambar: tweakyourbiz.com

Artikel Bisnis Pilihan

Peluang Bisnis Pemula Modal Kecil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Peluang Bisnis Pemula Modal Kecil