Menghimpun Pundi Uang Dari Bisnis Semut Jepang

Menghimpun Pundi Uang Dari Bisnis Semut JepangAnda mungkin sudah tidak asing lagi dengan hewan semut, tetai siapa yang menduga hewan serangga kecil ini juga bisa mendatangkan uang dengan dibudidayakan. Tetapi tentu saja untuk mendatangkan pundi uang Anda bukan membudidayakan jenis semut biasa, tetapi bisnis semut jepang.

Semut jepang berbeda dari jenis semut lain yang biasa Anda kenal selama ini. Sepintas semut ini malah lebih layak Anda samakan dengan kumbang atau kutu ketimbang dengan jenis semut biasa. Dan di balik bentuk uniknya, beberapa ahli herbal telah menggunakan hewan serangga ini sebagai salah satu bahan baku pengobatan alternatif. Inilah yang menyebabkan bisnis semut jepang menjadi cukup menggiurkan.

Konon dikatakan, bahwa semut jepang memiliki beberapa khasiat untuk mebantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti hipertensi, kolesterol, jantung, kejantanan, asam urat, diabetes, ginjal dan masih banyak lagi. Biasanya untuk menggunakannya sebagai obat Anda bisa memakannya langsung atau diseduh dengan air mendidih hidup-hidup.

Diakui pilihan menggunakan semut jepang memang belum terlalu populer dibandingkan bahan herbal lain, namun beberapa pelaku usaha herbal mulai bermunculan yang tertarik menggunakan bahan semut jepang untuk diekstraksi dan diolah lebih lanjut sebagai herbal pengobatan beragam penyakit. Munculnya industri obat herbal semut jepang menghadirkan peluang tersendiri untuk Anda menjajal bisnis semut jepang.

Untuk menjalankan bisnis semut jepang Anda tak harus menguras kantung Anda dalam-dalam. Usaha ini termasuk dalam kategori peluang usaha dengan modal kecil, bahkan bisa Anda mulai dengan modal tak lebih dari 1 juta.

Untuk mulai budidaya serangga kecil ini, yang Anda butuhkan hanya toples plastik. Isi toples ini dengan kapas sampai 2/3 dan bubuk ragi. Diamkan beberapa hari dalam ruang lembab sampai muncul peragian awal pada kapas. Beri sirkulasi udara dengan melubangi tutup stoples dalam ukuran yang kecil-kecil.

Baca juga: Budidaya Jangkrik – Usaha Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Menghimpun Pundi Uang Dari Bisnis Semut Jepang

sumber gambar: tokopedia.com

Setelah ragi muncul, masukan bibit semut jepang, Anda bisa mendapatkan bibit semut jepang dalam harga satuan sekitar Rp 1000. Biasanya satu stoples bisa Anda isi sekitar 100 -200 ekor bibit. Dengan masa pemeliharaan sekitar 1 bulan saja maka Anda sudah bisa memanen semut jepang. Anda tak repot memberi mereka makan karena ragi yang terbentuk akan menjadi makanan mereka selama 1 bulan. Biasanya satu ekor semut jepang dewasa bisa Anda jual dengan harga kisaran Rp 5000an.

Kasarnya, dalam satu bulan saja Anda bisa mendapatkan omset sekitar 500 ribuan  untu tiap stoples, dengan perkiraan keuntungan rata-rata bisa mencapai 250 ribu untuk tiap stoples. Tentu saja hasil bisnis semut jepang ini akan cukup menggiurkan kalau Anda bisa membudidayakan lebih dari 10 stoples di rumah Anda. Bukan mustahil Anda bisa merayap hasil tak kurang dari 3 jutaan tiap bulan.

Menariknya, karena bisnis ini tergolong tidak terlalu banyak membutuhkan pemeliharaan yang rumit, Anda bisa jadikan bisnis semut jepang ini sebagai usaha sampingan. Bahkan bisa Anda jalankan dengan hanya memanfaatkan ruang sisa kecil di sudut rumah Anda. Buat rak meningkat untuk menyimpan stoples kaca tadi supaya tidak memakan banyak ruang.

Bagian tersulit dari bisnis semut jepang adalah memastikan produksi terjual dengan optimal. Meski potensinya cukup besar, pasar yang muncul masih terbatas dan perlu Anda gali dengan baik untuk bisa menemukan permintaan yang besar.

Anda bisa melakukan jalinan kerjasama dengan pelaku usaha herbal semut jepang untuk mendapatkan permintaan yang tinggi. Beberapa pelaku bisnis semut jepag malah memilih juga memproduksi herbal kemasan semut jepang, sedang sisanya memilih menjadi tim suplier bagi pemasok besar.

Beberapa pusat penjualan via online akan membantu Anda menemukan pasar potensial di luar kawasan lokal Anda. Dengan cara ini Anda bisa melebarkan penjualan sampai keluar kawasan lokal Anda sendiri.

Kadang kesulitan lain terletak pada proses menemukan suplai bibit yang baik. Pasalnya banyak pebisnis awam masih harus cukup meraba mengenali bibit berkualitas. Ada baiknya jalin kerjasama dengan suplier untuk mendapatkan kepastian suplai bibit.

Beberapa produsen juga mengaku kesulitan mendapatkan stoples kaca. Anda bisa ganti dengan jar atau pot kaca untuk selai. Wadah kaca untuk selai memang berukuran kecil dengan daya tampung lebih kecil. Tetapi juga akan menjadi lebih mudah ditemukan di pasaran.

Bagaimana potensi dari bisnis semut jepang ini? Tak disangka bukan dari semut jepang yang unik ini tersimpan sederet potensi termasuk potensi ekonomi. Apa Anda juga tertarik untuk menjajal bisnis semut jepang?

Artikel Bisnis Pilihan

Menghimpun Pundi Uang Dari Bisnis Semut Jepang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Menghimpun Pundi Uang Dari Bisnis Semut Jepang