Industri Kreatif Ajang Bisnis Untuk Pemula

Industri Kreatif Ajang Bisnis Untuk PemulaIndustri kreatif saat ini sangat berkembang dengan banyaknya pemain atau produsen yang menggelutinya. Industri kreatif menjadi salah satu lahan bisnis bagi Anda yang akan memulai menjadi usahawan. Biasanya bisnis kreatif memiliki ciri kebutuhan modal yang relatif kecil. Begitu banyak macam dan karakter yang dapat diolah dalam industri ini hingga masyarakat terutama di Indonesia sangat menyukainya. Biasanya, industri seperti ini dimulai dari bisnis rumahan berkelas kecil menengah, kemudian mampu menjadi perusahaan besar dengan banyak karyawan yang dipekerjakan. Dalam industri kreatif, Anda dapat mengenal bisnis di bidang desain kreatif, seperti desai grafis, desain web, dan desain interior. Selain itu, ada bidang programing, seperti yang lagi booming programing game online.

Baca juga: Peluang Usaha Bisnis Kreatif Merubah Ide Menjadi Uang

Contoh Industri Kreatif Ajang Bisnis Untuk Pemula

  • Bidang desain

Desain kreatif membutuhkan keahlian khusus untuk membuat sesuatu yang berbeda, 100% unik alias tidak menjiplak, dan disukai pasar. Seorang yang memiliki keahlian biasanya dikuasai anak-anak muda penuh talenta dan berpikir kreatif. Mereka dapat menjalankan beberapa software atau perangkat lunak secara komputerisasi. Sebagai contoh, seorang desainer grafis perlu menguasai beberapa software, seperti Photoshop, Ilustrator, Corel Draw, atau yang lainnya. Dengan software tersebut, gagasan atau ide yang ada di dalam kepala akan diimplementasikan pada sebuah media, seperti kertas, kaos, atau yang lain.

Begitu juga dengan bidang desain yang lain, yaitu desain web dan desain interior, masih termasuk dalam industri kreatif.Untuk memulai bisnis di bidang desain kreatif ini, Anda minimal harus menguasai software-software tersebut. Atau jika tidak, Anda bisa merekrut seorang atau lebih untuk menjadi desainer Anda. kuncinya adalah kreativitas, sehingga Anda harus banyak melihat dan membaca dari berbagai hasil desain yang telah dibuat orang lain. Hal itu bertujuan untuk menambah wawasan serta daya kreatif Anda.

  • Bidang programing

Selain desain kreatif yang dibahas di atas, ada juga bidang programing dalam sebuah industri kreatif. Mereka yang berkecimpung di dunia ini harus menguasai dulu hal-hal dasar komputerisasi, yaitu software, hardware, dan brainware. Pasalnya, seorang yang ahli di bidang programing, biasa disebut programer, bekerja membuat software atau perangkat lunak yang dapat dijual di pasaran.

Saat ini yang lagi ngetren adalah programing game online yang marak dimainkan oleh segala umur dan jenis kelamin apa pun. Pangsa pasar di Indonesia masih terbuka lebar untuk membuat software ini. Padahal di Indonesia kebanyakan memainkan software game online buatan luar negeri. Sementara buatan dalam negeri tidak begitu diminati karena kebanyakan meniru buatan luar negeri. Meskipun ada yang mampu membuat software original biasanya dijual di luar negeri karena harga jualnya cukup tinggi.

Hal ini cukup dilematis dan perlu campur tangan pemerintah. Pasalnya, produk-produk software kita yang tidak dilindungi akan terus berada di tangan asing, sementara masyarakat Indonesia biasa menggunakan software buatan asing yang biasanya juga sudah dibajak. Perlu ada aturan atau regulasi untuk melindungi ide dan gagasan dari para programer Indonesia. Lepas dari semua itu, bidang programing tetap menjadi lahan bisnis di industri kreatif Indonesia.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Industri kreatif Ajang Bisnis untuk Pemula. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat, salam sukses.

sumber gambar: thecollegepeople.com

Artikel Bisnis Pilihan

Industri Kreatif Ajang Bisnis Untuk Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Industri Kreatif Ajang Bisnis Untuk Pemula