Ide Usaha Toko Sembako Modal Kecil Hingga Grosir

Ide Usaha Toko Sembako Modal Kecil Hingga GrosirUsaha toko sembako adalah pilihan yang tepat, karena sembako merupakan produk fast moving (cepat laku). Bagi Sahabat PoBis yang sedang bingung memilih usaha, tak ada salahnya melirik ide usaha toko sembako produk fast moving. Selain karena modal usaha toko kelontong dapat menyesuaikan dengan budget, perputaran usaha produk fast moving juga sangat cepat karena selalu dicari masyarakat.

Meski margin keuntungan dalam usaha toko sembako terbilang kecil, yaitu sekitar 10% – 20%, namun tingkat perputaran yang sangat cepat dan repeat order yang tinggi menjadi keunggulan dalam usaha toko kelontong. Karena itu, jika menekuni usaha toko sembako, Anda harus mengejar kuantitas.

Sebagai langkah awal, Anda dapat merintis usaha toko sembako dengan modal kecil. Dan menjadi suatu usaha kecil kecilan ibu rumah tangga yang dapat dikerjakan di rumah sambil mengerjakan tugas rumah tangga. Namun demikian usaha toko sembako di rumah tersebut tidak menutup kemungkinan untuk berkembang lebih besar menjadi usaha usaha toko kelontong grosir. Untuk usaha toko sembako grosir tersebut Anda dapat memperbesar margin keuntungan dengan menjadi distributor produk fast moving.

Namun untuk menjadi distributor brand besar, hampir tidak mungkin, karena brand besar sudah memiliki distributor di tiap wilayah. Namun demikian Anda tetap dapat menjadi agen atau alternatif lainnya adalah menjadi distributor brand baru yang saat ini sedang bermunculan.

Wajib baca: Cara Membuka Usaha Sendiri Toko Kelontong

Jika Anda memiliki modal lebih, tak ada salahnya melirik tawaran menjadi distributor dari Beras Berkahku, Golden Telur, AKU Food, PT Karya Baru Indonesia, PT Milenium Masa Manunggal (Jojo Sabun). Dengan nilai investasi mulai dari Rp 60 juta – Rp 300 juta. Margin keuntungan yang diperoleh dengan menjadi distributor tentu saja lebih besar, selain itu distributor juga memiliki couverage area tertentu yang terlindungi.

AKU Food merupakan produsen kecap dan saus sambal yang berdiri sejak 2005, nilai investasi untuk menjadi distributor AKU Food kurang lebih Rp 60 juta. Beras Berkahku merupakan keagenan toko beras Cianjur yang berdiri sejak tahun 2000, nilai investasi menjadi agen sebesar Rp 200 juta. Golden Telur merupakan keagenan telur ayam yang dirintis sejak 1999, dengan modal mulai dari Rp 5,5 juta Anda dapat menjadi agen Golden Telur.

Sedang PT Karya Baru Indonesia merupakan keagenan berbagai macam hasil bumi (palawija) seperti beras, kedelai, kacang hijau, kacang tanah, ketan hitam. Usaha ini dirintis sejak 30 tahun yang lalu, modal yang diperlukan untuk menjadi mitra sebesar Rp 300 juta.

Namun jika modal usaha toko kelontong yang Anda miliki terbatas, coba menjadi agen atau reseller. Misalkan Sabun Jojo menawarkan investasi modal kecil untuk menjadi reseller aneka sabun mulai dari hand soup, detergen cair, sabun cuci piring, pelembut pakaian, pembersih lantai, dan karbol wangi. Hanya dengan Rp 250 ribu Anda sudah menjadi reseller Sabun Jojo, sedang untuk menjadi agen ditawarkan dengan nilai investasi Rp 10 juta.

Potensi usaha toko sembako terbuka luas, tidak hanya terkonsentrasi di kota besar. Bahkan daerah justru memiliki potensi yang sangat bagus untuk dikembangkan. Disamping itu masih banyak brand fast moving yang masih mencari calon distributor di berbagai daerah. Salah satunya AKU Food yang mengaku masih mencari distributor untuk daerah Indonesia Timur, terutama di Kalimantan dan Sulawesi.

Potensi usaha toko kelontong di daerah bisa jadi justru lebih bagus dibanding kota besar seperti Jakarta. Soalnya masih banyak daerah yang belum tercover oleh produk fast moving yang familiar sekalipun. Di daerah persaingan tidak seketat di kota besar, karena pelaku usaha toko sembako kelas besar belum bisa menjangkau daerah-daerah tersebut. Tentu ini menjadi peluang yang sangat bagus.

Hanya saja memang dibutuhkan modal yang lebih besar, karena biaya pengiriman yang tidak murah. Namun modal tersebut sebanding dengan potensi keuntungan yang diraup.

Soal pemasaran, usaha toko sembako tidak terlalu sulit. Beberapa cara promosi usaha toko sembako yang dapat Anda terapkan seperti menyebarkan brosur, poster, promosi menggunakan tas kresek, menggunakan kartu membership. Dan masih banyak lagi strategi promosi yang dapat Anda kembangkan sesuai dengan kreatifitas Anda.

Cara meningkatkan omset penjualan usaha toko sembako dapat dilakukan dengan menjaga stock produk fast moving selalu tersedia cukup, selalu ikuti perkembangan harga terbaru, beri pelayanan terbaik pada konsumen, percantik toko Anda, maksimalkan fungsi etalase agar menarik perhatian konsumen.

Demikian ide usaha toko sembako yang dapat Anda mulai sebagai usaha di rumah dengan modal kecil. Dan pada perkembangannya dapat Anda kembangkan menjadi usaha toko kelontong grosir dengan menjadi distributor produk fast moving.

sumber gambar: grosirsembako18.blogspot.com

Artikel Bisnis Pilihan

Ide Usaha Toko Sembako Modal Kecil Hingga Grosir

3 COMMENTS

    • Saya ingin buka usaha agen ataupun grosir sembako di dekat bandara adi soemarmo boyolali, saya mencari supplyer. Mohon hubungi saya segera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Ide Usaha Toko Sembako Modal Kecil Hingga Grosir