Contoh Usaha Sampingan Di Rumah Dengan Produksi Tauge

Contoh Usaha Sampingan Di Rumah Dengan Produksi TaugeMenjalankan bisnis agro tak selalu berarti mengharuskan Anda memiliki lahan tanah luas dan subur. Karena beberapa usaha agro juga bisa Anda kembangkan di rumah Anda cukup dengan memanfaatkan sebuah ruangan kosong di belakang rumah Anda. Seperti contoh usaha sampingan di rumah yang satu ini.

Contoh usaha sampingan di rumah yang dijalankan oleh seorang ibu paruh baya bernama Nyoman Lemon, usaha produksi rumahan tauge. Wanita ini membuka usaha produksi tauge di area belakang rumahnya dikawasan Denpasar. Bahkan wanita ini sudah menekuni usaha sampingannya ini sejak 30 tahun lalu hingga sekarang.

Anda sudah pasti tidak asing dengan sayuran bernama tauge bukan? Tauge sendiri adalah bentuk benih dari biji yang sudah dipanen, biasanya dibuat dari kacang hijau, kacang kedelai sampai kacang tolo hitam.

Menurut Manmon demikian wanita ini biasa disapa, proses pembuatan tauge sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Hanya saja dibutuhkan cukup ketekunan dalam proses pembuatannya mengingat proses manual yang masih harus dikerjakan setiap harinya. Karena proses yang mudah itulah maka produksi tauge dapat menjadi salah satu contoh usaha sampingan di rumah.

Baca juga: Cara Bisnis Tanpa Modal Yang Bisa Anda Mulai Dari Rumah

Proses Pembuatan Tauge Sebagai Contoh Usaha Sampingan Di Rumah

Berikut adalah proses pembuatan tauge menurut keterangan yang disampaikan oleh Manmon.

  1. Cuci bersih kacang hijau atau kacang kedelai hingga bersih.
  2. Rendam kacang dalam air hingga sepenuhnya tenggelam. Diamkan selama setidaknya 6 sampai 8 jam sampai kacang tampak mengembang.
  3. Tiriskan dalam saringan bambu kemudian gunakan saringan bambu ini sebagai wadah pertumbuhan kecambah.
  4. Pasang saringan di atas ember, kemudian pasang lapisan plastik pada tepian saringan untuk menahan air. Biasanya lapisan plastik ini berasal dari ember lama yang dirobek bagian dindingnya. Dinding ember ini dipasang berdiri di tepian saringan serapat mungkin.
  5. Sirami kacang dalam saringan ini setiap 3 jam sampai terendam, biarkan air tersaring masuk ke dalam ember di bawahnya dan ulangi kembali langkah ini 3 jam kemudian.
  6. Lakukan perawatan ini selama 1 – 3 hari tergantung jenis kacang dan ukuran kecambah yang ingin dihasilkan.

Contoh usaha sampingan di rumah dengan produksi tauge ini mampu memproduksi sebanyak 70 kg kecambah setiap harinya dari 3 jenis kacang, Manmon bahkan hanya membutuhkan ruang usaha seukuran 8 x 8 m berupa ruang tertutup di belakang rumahnya. Sengaja ruangan ini didekatkan dengan sumur untuk memudahkan aliran air untuk kebutuhan penyiraman.

Untuk mempersiapkan produksi, setiap harinya Manmon mendatangkan suplai kacang dari seorang pemasok kacang di pasar. Mereka siap mengantarkan kacang pesananya sebanyak 80 kg langsung kekediamannya. Diakui Manmon selama ini beliau lebih kerap menggunakan jenis kacang impor karena kualitas yang lebih terjaga dan suplai yang lebih pasti.

Faktanya bila sedang musim tanam padi, tidak mudah untuk mendapatkan suplai kacang dengan lancar. Karena di daerah sekitarnya kacang hijau, kacang kedelai dan kacang tolo hitam hanya ditanam ketika musim tanam ketiga sebagai selingan dari padi. Itupun ditanam di musim kemarau sehingga kacang cenderung kurus dan kecil, sehingga kurang nyaman untuk diolah menjadi tauge atau kecambah.

Masih soal suplai kacang ini, karena sudah berlangganan selama puluhan tahun, kadang soal harga memang terbilang cukup bisa dikompromi. Kadang Manmon bisa mendapatkan harga miring di bawah harga pasaran.

Sementara untuk penjualan, Manmon lebih banyak mensuplai produksinya ke pasar. Sudah ada penampung tauge yang menjadi penadah produksi tauge miliknya setiap hari. Sehingga Manmon sama sekali tidak dibuat repot untuk penjualan. Biasanya untuk harga jual penadah perkilonya antara 8 ribu sampai 9 ribuan.

Ini artinya dalam satu hari saja Manmon sudah bisa mengumpulkan omset setidaknya 640 ribu yang artinya juga bisa mendapatkan omset sekitar 19, 2 juta perbulan. Dari angka ini Manmon bisa menghasilkan margin sekitar 30%. Sebuah pendapatan yang lumayan besar untuk sebuah contoh usaha sampingan di rumah.

Sebenarnya, Manmon akui ada banyak permintaan lain yang juga masuk kepadanya, seperti permintaan dari pedagang kuliner bahkan permintaan dari restoran. Tetapi karena usaha taugenya ini hanya sekedar dijalankan untuk mengisi waktu dan memanfaatkan ruang kosong saja, Manmon belum memiliki rencana untuk meluaskan usahanya dan menambah kapasitas produksinya.

Untuk kapasitas usahanya sekarang saja, Manmon sudah melibatkan 3 orang karyawan untuk membantunya menjalankan usaha. Karena usahanya bersifat manual sementara untuk menjaga hasil yang baik kacang harus benar-benar mendapatkan suplai air setiap 3 jam sekali.

Bisa Anda bayangkan, dari sebuah contoh usaha sampingan di rumah dengan hanya mengandalkan ruang sisa di belakang rumah, Manmon bisa menghasilkan keuntungan lebih dari  5 jutaan tiap bulan. Angka yang cukup menggiurkan bukan?

sumber gambar: suamiistri.co.id

Artikel Bisnis Pilihan

Contoh Usaha Sampingan Di Rumah Dengan Produksi Tauge

2 COMMENTS

  1. Kami supplier kacang hijau Afrika
    Untuk lengkapnya bisa hubungi kami langsung di
    Wa 089601756229

    Kami juga menyediakan vitamin tauge, tanggok, tahang, dan kepeeluan produksi tauge lainnya

  2. Bu sy sdh 2 thn suplay togeh kepsr tradisional . dan sy mengambilnya stiap hri dr home industri
    ingin produksi sendiri tapi masi sulit mendapat bibitnya,dan jg air dirmh sy keruh tpi tdk berbau amoniak. Dimna sy bisa dpt bibit dan bagaimana caranya agar air bisa layak dipakai untuk usaha taugeh.trimakasih sblmnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Contoh Usaha Sampingan Di Rumah Dengan Produksi Tauge