Contoh Dan Jenis Usaha Yang Cocok Di Pedesaan

Contoh Dan Jenis Usaha Yang Cocok Di PedesaanJenis usaha yang cocok di pedesaan sedikit berbeda dengan usaha di perkotaan. Pada prinsipnya, dimana saja akan selalu ada peluang usaha yang dapat Anda kembangkan. Entah Anda tinggal di perkotaan maupun di pedesaan ada banyak peluang usaha yang dapat Anda kembangkan. Jadi, tinggal di desa bukanlah suatu penghalang bagi Anda untuk terjun dalam dunia usaha.

Beberapa karakteristik usaha yang cocok di pedesaan disesuaikan dengan kondisi alam lingkungan, dan kondisi demografis sosial masyarakatnya. Pertama, dari segi alam lingkungan di pedesaan masih banyak lahan yang tersedia. Dari segi sosial demografis, kepadatan penduduk tidak seperti perkotaan, daya beli masyarakat juga tidak seperti daerah perkotaan.

Baca juga: Peluang Usaha Jahe Merah Lengkap Dengan Analisa Dan Budidaya

Contoh Usaha Yang Cocok Di Pedesaan

Berdasarkan karakteristik tersebut, berikut ini saya sajikan beberapa contoh usaha yang cocok di pedesaan.

1. Usaha Pertanian Dan Perkebunan
Dengan kondisi alam yang memiliki lahan pertanian dan lahan kebun, maka usaha pertanian dan usaha perkebunan berada di urutan pertama sebagai usaha yang cocok di pedesaan. Selain itu orang-orang di pedesaan sebagian besar memiliki pengalaman yang luar biasa untuk bidang pertanian tersebut.
Jika Anda tidak memiliki latar belakang pertanian, Anda dapat merekrut orang yang berpengalaman seumur hidupnya sebagai petani. Di desa banyak, jadi Anda tidak perlu kebingungan mencari karyawan. Jika mengalami kendala berkaitan dengan usaha pertanian yang Anda geluti, Anda dapat berkonsultasi dengan banyak ‘pakar’ pertanian di desa tersebut. Jangan lupa untuk bergabung dengan kelompok tani, dimana para anggota akan saling bantu.

2. Usaha Peternakan
Masih berkaitan dengan kondisi alam pedesaan, lahan kebun selain digunakan untuk menanam tanaman keras, juga biasa dimanfaatkan untuk usaha peternakan. Jika menjalankan usaha peternakan di perkotaan di tengah pemukiman penduduk, Anda akan menerima banyak masalah sosial. Di desa dengan memanfaatkan lahan kebun, lokasi usaha peternakan tidak terlalu dekat dengan pemukiman, sehingga tidak mengganggu masyarakat. Selain itu ketersediaan pakan juga melimpah, karena masih banyak tanaman rumput dan tanaman lain yang bisa dijadikan pakan.

3. Usaha Perikanan
Masih berkaitan dengan usaha peternakan tadi, Anda dapat memanfaatkan lahan di belakang atau samping rumah untuk usaha perikanan. Soal ketersediaan air tergantung pada daerah masing-masing. Namun untuk darah pertanian, biasanya air tersedia banyak yang mengalir di sungai-sungai kecil. Anda dapat memanfaatkan aliran sungai tersebut.

4. Usaha Toko Sarana Pertanian
Karena sebagian besar masyarakat pedesaan bergerak di bidang pertanian, maka usaha toko sarana pertanian secara otomatis menyertai sebagai usaha yang cocok di pedesaan. Usaha pertanian sudah pasti membutuhkan produk pendukung, seperti pupuk, pestisida, fungisida, dan lain-lain. Di situlah toko sarana pertanian memegang peranan.

5. Usaha Toko Kelontong
Pedesaan jauh dari sentuhan supermarket modern, ini bisa jadi satu celah bisnis yang layak untuk diincar. Karena meskipun daya beli masyarakat pedesaan tidak seperti masyarakat perkotaan, namun ada beberapa kebutuhan yang tetap harus terpenuhi, seperti sembako, sabun mandi, sabun cuci, pasta gigi, shampoo, dan lain-lain. Lengkapi toko kelontong Anda dengan produk-produk yang biasa dibutuhkan masyarakat sekitar, seperti rokok, pulsa, dan lain-lain.

6. Usaha Jahit
Masyarakat pedesaan tidak seluruhnya menyukai membeli pakaian jadi, sebagian masih menyukai membeli kain dan kemudian menjahitkannya di tukang jahit terdekat. Karena dengan demikian model dan ukuran pakaian dapat benar-benar sesuai dengan yang diinginkan. Selain itu, membeli kain dan menjahitkannya, harganya lebih murah dibanding membeli pakaian jadi.

7. Usaha Pangkas Rambut
Tidak di desa, tidak di kota. Setiap orang (kecuali orang botak) butuh dicukur rambutnya secara periodik, kurang lebih satu bulan sekali. Jadi peluang usaha pangkas rambut juga memiliki prospek yang menjanjikan untuk dijalankan di pedesaan. Anda tinggal menghitung populasi penduduk di desa tersebut, kalau mau datanya tinggal minta ke kantor desa. Nah, sebanyak itulah potensi pasar yang dapat Anda garap tiap bulan dalam usaha pangkas rambut.

8. Usaha Kreatif
Kreatifitas itu tidak ada batas. Jadi usaha kreatif juga tidak ada batas, bisa dikembangkan dimana saja, di desa maupun di kota. Dari segi permodalan, usaha kreatif cenderung membutuhkan modal kecil, bahkan beberapa diantaranya nyaris tanpa modal. Dalam usaha kreatif, modal paling penting adalah kreatifitas. Dengan kreatifitas Anda dapat mengolah bahan-bahan yang tidak berharga menjadi produk kerajinan bernilai jual tinggi. Sudah banyak contoh sukses dalam bidang ini, ada yang mengolah kertas bekas, kaleng bekas, kerang bekas, limbah kayu, dan lain-lain.

Selain kedelapan contoh usaha yang cocok di pedesaan tersebut diatas, masih banyak usaha lain yang cocok untuk Anda kembangkan di pedesaan. Asalkan usaha tersebut sesuai dengan karakteristik alam lingkungan, dan sosial budaya masyarakat pedesaan.

sumber gambar: nandawikyta.blogspot.com

Artikel Bisnis Pilihan

Contoh Dan Jenis Usaha Yang Cocok Di Pedesaan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Contoh Dan Jenis Usaha Yang Cocok Di Pedesaan