Contoh Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Produksi Abon Ikan Lele

Contoh Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Produksi Abon Ikan LeleSiapa tidak kenal dengan makanan abon. Bisa dikatakan makanan satu ini adalah makanan siap saji tradisional Indonesia. Saking siap sajinya, tak perlu goreng atau dipanaskan, sudah siap disantap bersama nasi panas.

Kali ini saya tidak sedang membahas soal nikmatnya kuliner abon, tetapi melihat abon sebagai salah satu produk yang layak menjadi contoh bisnis rumahan yang menguntungkan. Dan kali ini saya juga tidak akan membahas soal abon sapi yang sudah populer di pasaran, tetapi abon ikan lele, jenis sajian abon alternatif yang belakangan mencuri perhatian di pasaran.

Berbeda dengan abon sapi yang lebih terasa berserat, abon ikan lele cenderung lebih halus dengan rasa gurih khas sehingga juga cocok untuk pasaran anak-anak. Lagi pula, karena menggunakan bahan baku lele, maka abon satu ini lebih rendah lemak jenuh, lebih kaya nutrisi dan cenderung lebih sehat dan aman, karena tidak kaya kolesterol sebagaimana abon sapi. Itu sebabnya produk ini dengan cepat mencuri pasar dan mendapat tempat di mata konsumen.

Usaha abon ikan lele bisa menjadi satu contoh bisnis rumahan yang menguntungkan dengan modal  kecil-kecilan. Apalagi lele adalah jenis ikan yang sangat mudah Anda dapatkan. Jenis ikan perikanan ini banyak dibiakan oleh pelaku usaha perikanan dan dengan mudah pula Anda dapatkan di pasaran. Stok di pasar sangat berlimpah dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi tidak membutuhkan modal awal yang besar.

Abon ikan memang bisa Anda buat dari beragam jenis ikan. Mulai dari ikan patin, gurame, gabis sampai jenis ikan laut macam tuna, tenggiri atau cakalang. Tetapi dari sekian banyak jenis ikan, ikan lele adalah satu-satunya jenis ikan yang mudah Anda akses bahan bakunya.

Biasanya untuk mendapatkan abon ikan lele berkualitas, dibutuhkan bahan baku lele berusia matang, ukuran ubuh relatif besar dengan daging yang sudah berserat. Sehingga dapat menghasilkan abon yang sempurna. Hindari penggunaan lele usia muda karena dagingnya terlalu halus dan sulit diolah menjadi abon ikan lele yang baik.

Proses pembuatannya juga relatif mudah, cukup dengan membersihkan ikan lele ukuran besar, kuliti dan sisir dagingnya dari duri. Buang semua jeroan dan sisakan dagingnya yang sudah Anda cincang halus aau digiling dengan mesin giling daging. Campur dengan bumbu bawang, garam dan beberapa rempah kemudian diamkan selama 1 jam. Setelah itu, goreng hingga daging lele giling tadi kering dan menampakan warna kecoklatan.  Proses ini hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam penggarapan.

Sangat cepat dan mudah dijalankan, apalagi semua proses ini bisa Anda garap dengan hanya memanfaatkan perabot dapur yang sudah tersedia di rumah Anda. Jadilah usaha abon ikan lele ini sangat tepa menjadi pilihan contoh bisnis rumahan yang menguntungkan. Cocok menjadi pilihan usaha kalangan ibu rumah tangga yang tengah mencari ide sumber pendapatan tambahan.

Pemasaran usaha abon ikan lele ini juga tergolong sederhana. Untuk skala usaha kecil, Anda bisa pasarkan dengan dititipkan pada penjual makanan di pasar tradisional atau dengan bekerja sama dengan penjaja makanan oleh-oleh.  Beberapa pelaku usaha ini juga menjajal pemasaran dengan teknik pembagian sampel gratis ke komunitas ibu rumah tangga seperti acara arisan.

Peralatan yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis ini sebenarnya terbilang sederhana. Cukup dengan wajan, pisau, kompor, wajan besar dan alat spinning minyak goreng.  Lalu bagaimana dengan potensi dari contoh bisnis rumahan yang menguntungkan ini?

Tentu saja cukup besar. Anda bisa dapatkan keuntungan tak kurang dari 30 ribu dari 5 kg ikan lele mentah. Dari 5 kg lele mentah ini Anda bisa dapatkan setidaknya 2 -3 kg abon ikan lele yang siap Anda jual dengan harga kisaran 40 – 55 ribuan untuk tiap kilonya. Biasanya abon ikan lele ini dijual dalam kemasan 2 ons yang dijual dengan harga 10 ribuan.

Tertarik dengan contoh bisnis rumahan yang menguntungkan ini? Asal Anda jeli mencari pasar yang potensial untuk produk abon ikan lele yang Anda buat, bukan tidak mungkin usaha kecil rumahan ini berkembang menjadi usaha beromset besar.

sumber gambar: bibitikan.net

Artikel Bisnis Pilihan

Contoh Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Produksi Abon Ikan Lele

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Contoh Bisnis Rumahan Yang Menguntungkan Dengan Produksi Abon Ikan Lele