Cara Sukses Membuat Usaha Dengan Modal Kecil

Cara Sukses Membuat Usaha Dengan Modal KecilMembuat usaha dengan modal kecil saat ini tengah banyak dilakukan. Usaha dengan modal kecil ini memiliki kelebihan sendiri bila dibandingkan dengan usaha yang menggunakan modal besar. Salah satunya, resiko kerugian yang lebih rendah. Selain itu, usaha dengan modal kecil yang biasa juga disebut dengan usaha micro ini dapat dengan cepat dan segera dilaksanakan karena tak memerlukan jumlah modal yang besar. Jenis usaha ini pun terbilang salah satu usaha yang sederhana.

Meskipun membuat usaha dengan modal kecil terbilang sederhana, bisa cepat dilakukan tanpa perencanaan yang panjang dan mendetail. Namun modal yang sedikit, tak berarti usaha micro seperti ini memiliki penghasilan “seadanya”. Sudah banyak cerita usaha-usaha dagang besar yang awalnya justru bermula dari usaha micro bermodal kecil. Usaha micro dapat bergerak dalam berbagai bidang. Mulai dari bidang kuliner, penyediaan jasa, penjualan barang-barang kebutuhan dan banyak lain.

Baca juga: Peluang Bisnis Pemula Modal Kecil

3 Cara Sukses Membuat Usaha Dengan Modal Kecil

Namun usaha micro jenis apapun yang akhirnya Anda pilih, ada beberapa ketentuan untuk memulai usaha micro ini. Beberapa di antaranya seperti :

  1. Niat. Usaha jenis apapun, baik itu besar maupun kecil, yang perlu Anda miliki pertama adalah niat. Bukan sekedar niat untuk memulai usaha, namun juga bertahan dan bekerja semaksimal mungkin untuk usaha tersebut.
  2. Biasakan membuat perencanaan. Memang, untuk usaha kecil hingga menengah, perencanaan yang akan Anda buat akan sederhana. Namun tak ada salahnya menuangkan ide, rencana hingga detail operasional usaha dalam bentuk proposal. Proposal ini pun akan berguna ketika Anda ingin mencari tambahan dana, atau memulai partnership.
  3. Persiapkan dana. Biasanya, karena modalnya kecil, jadi cukup hanya dengan mengambil uang tabungan pribadi. Namun jika uang tabungan kurang, Anda dapat mencari pinjaman lunak dari saudara atau teman. Atau bisa juga memanfaatkan program pemerintah untuk membantu permodalan usaha micro, seperti KUR dan semacamnya. Tidak jarang yang memulai usaha micro dengan modal yang didapat dari pegadaian, dengan menggadaikan perhiasan atau kendaraan bermotor.

Nah setelah semua hal tersebut Anda siapkan, dibawah ini kami memiliki beberapa peluang membuat usaha dengan modal kecil yang dapat Anda pertimbangkan sesuai dengan keinginan dan kemampuan.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Merintis Usaha Baru

3 Peluang Usaha Kecil

  1. Peluang usaha kecil – Pembayaran online PPOB

Saat ini, pembayaran online sudah bukan hal yang aneh lagi. Mulai dari pembayaran untuk toko-toko online yang banyak bertebaran, pembayaran pembelian pulsa, TV berlangganan, pembayaran internet broadband bulanan hingga pembayaran PLN serta PDAM. Membuka usaha pembayaran online PPOB terbilang usaha rumahan yang dapat dengan mudah dilakukan. Peralatan yang dibutuhkan pun nyaris sama sekali tak ada, kecuali ponsel serta peralatan komputer dan internet. Selain itu, usaha ini pun tak memerlukan modal, bahkan bisa jadi tanpa modal sama sekali.

  1. Peluang usaha kecil – Persewaan Playstation atau komputer untuk game

Jika Anda berniat membuat usaha dengan modal kecil, jangan lupa untuk mempertimbangkan peluang usaha yang satu ini. Warnet memang sudah nyaris “mati”, namun jangan khawatir, usaha persewaan PC masih termasuk laris manis. Hanya saja, yang Anda sasar disini adalah usaha persewaan PC yang digunakan untuk online game. Jenis PC yang dibutuhkan untuk online game memang berbeda dengan PC untuk warnet biasa. Diperlukan spesifikasi PC yang lebih tinggi serta tak lupa jaringan koneksi internet super cepat. Selain usaha persewaan PC, Anda pun bisa menambah usaha persewaan PS baik itu untuk harian maupun jam-jam-an.

  1. Peluang usaha kecil – Berjualan berbagai jenis makanan / usaha kuliner

Usaha kuliner memang salah satu usaha dengan modal kecil yang paling banyak dilirik. Selain terbilang mudah, usaha kuliner pun dipercaya tak ada “matinya”. Kunci dari usaha kuliner, apapun jenisnya, adalah rasa masakan yang enak, harga terjangkau serta kebersihan.

Nah itu tadi Sahabat Pobis beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda berniat membuat usaha dengan modal kecil. Semoga informasi ringkas mengenai 3 peluang usaha kecil tersebut dapat menjadi inspirasi bisnis Anda.

sumber gambar: freepik.com

Artikel Bisnis Pilihan

Cara Sukses Membuat Usaha Dengan Modal Kecil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Cara Sukses Membuat Usaha Dengan Modal Kecil