Bisnis Yang Menjanjikan Saat Ini Dengan Potensi Digital Textille Printing

Bisnis Yang Menjanjikan Saat Ini Dengan Potensi Digital Textille PrintingSahabat PoBis, berikut ini saya ulas bisnis yang menjanjikan saat ini dengan konsep Digital Textille Printing. Konsep DTP atau Digital Textille Printing adalah konsep pengembangan terbaru dari konsep cetak digital generasi sebelumnya yang biasa disebut dengan istilah Digital To Garment yang kemudian disingkat menjadi DTG.

Dan dari perkembangan teknologi cetak digital inilah Anda bisa mengembangkan satu lagi ide bisnis yang menjanjikan saat ini. Pada dasarnya konsep bisnis DTP hampir serupa dengan sistem dalam bisnis DTG. Hanya saja keunggulan dari bisnis DTP adalah mesin cetaknya yang mampu bekerja tidak hanya pada jenis kain katun dan kaus sebagaimana pada sistem kerja mesin cetak DTG.

Bila mesin printing DTG bekerja efektif untuk Anda yang menjalankan bisnis sablon banner dan kaos, maka bisnis dengan mesin cetak DTP akan menghasilkan beragam jenis kain sandang dengan cetak yang beragam. Benar-benar beragam jenis kain, bahkan pencetakan bisa diterapkan pada begitu banyak jenis kain, dari kain sutra, kanvas, kulit hingga hyget dan bahan tissue untuk scarf dan jilbab.

Bila dengan bisnis cetak DTG maka fokus Anda pada umumnya adalah menyediakan produk kaos dengan sablon limited, atau menyediakan jasa cetak sablon kaos limited, ditambah dengan beberapa layanan pencetakan banner dan spanduk, maka bisnis dengan cetak DTP akan memberi Anda ruang usaha yang lebih luas.

Baca juga: Bisnis Kecil Yang Menjanjikan Popok Kain Bayi Gee Gallery

Anda bisa memasuki bisnis yang menjanjikan saat ini ke pasar konsumsi dengan menyediakan beragam tekstil meteran ke pasar dengan cetak digital yang unik dan custom. Anda bahkan bisa melayani pesanan khusus kain meteran untuk keluarga.

Namun di sisi lain Anda bisa memasuki bisnis pemasok dengan menyediakan bahan untuk pembuatan berbagai produk kreatif seperti busana sampai tas dan berbagai produk dekorasi lain. Ada banyak pelaku usaha kreatif seperti usaha pembuatan sprei, cussion, jilbab, busana atau aksesoris seperti tas akan membutuhkan bahan baku berupa kain.

Yang menarik, trend saat ini membutuhkan pelaku usaha untuk lebih berani dalam desain dan menyediakan produk yang tidak pasaran dan mudah didapat begitu saja di toko-toko lain. Dengan menggunakan kain cetak yang dipesan khusus corak dan warnanya akan membuat produk mereka lebih eksklusif dan tidak bisa disamakan dengan produk lain di pasaran.

Mereka juga bisa memesan dengan terbatas, karena batas minimal cetak hanya sekitar 1 – 1,5 meter saja. Mereka bisa membatasi jumlah stok bahan baku untuk alasan limitasi produk atau eksklusifitas produk. Bisa pula sekedar untuk menyesuaikan stok dengan rata-rata pesanan yang masuk sehingga mengurang resiko stok bahan baku yang berlebihan.

Anda bisa membuka bisnis yang menjanjikan saat ini dalam bentuk konvensional dengan menyediakan toko khusus untuk memajang kain meteran hasil cetak dan desain Anda dan tim, termasuk juga menyediakan jasa penjahitan untuk menjadi busana atau tas. Tetapi beberapa memilih untuk membuka usaha ini dengan cara online.

Perkembangan teknologi ini meningkatkan permintaan tekstil di tahun 2015 di seluruh dunia. Bahkan konsep mesin cetak pada beragam jenis tekstil ini turut berperan meningkatkan permintaan mesin DTP dan tinta tekstil. Menurut salah satu data, dari angka 500 jutaan dollar di tahun 2012 beranjak hingga 2 milyar dollar di tahun 2015 lalu. Sangat tepat bila kami jadikan ide bisnis ini sebagai salah satu ide bisnis yang menjanjikan saat ini.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis satu ini? Yang perlu Anda sediakan adalah sebuah ruang usaha yang relatif luas. Kebutuhan untuk membentang tekstil dan mesin cetak tekstil yang cenderung besar, menuntut Anda menyediakan ruang usaha besar.

Baca juga: Tips Bisnis UKM Yang Menjanjikan Hasil Lebih Optimal

Tak harus strategis, bahkan beberapa pelaku usaha hanya menempatkan kantor pemasaran di lokasi strategis dalam ukuran kecil dan melokasikan percetakan di tempat yang lebih luas namun dengan harga sewa bangunan lebih murah. Sehingga bisa menekan modal.

Modal Anda mungkin tidak sepenuhnya bisa dikatakan kecil, Anda perlu mesin cetak DTP yang biasanya dikenakan harga kisaran 25 juta sampai 70 jutaan tergantung kapasitas dan kemampuan cetaknya. Ditambah biaya sewa ruang usaha dan beberapa bahan baku, Anda bisa mengeluarkan modal sekitar 100 jutaan.

Namun menurut salah satu pelaku usaha cetak DTP secara online dari kawasan Bandung, bernama Aswin Dwiandaru, dalam satu bulan keuntungan bersih yang berhasil di kantonginya bisa mencapai 10 jutaan. Maka masih layak bukan bisnis ini dinobatkan sebagai bisnis yang menjanjikan saat ini?

sumber gambar: global.epson.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bisnis Yang Menjanjikan Saat Ini Dengan Potensi Digital Textille Printing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bisnis Yang Menjanjikan Saat Ini Dengan Potensi Digital Textille Printing