Bisnis Mudah Dan Menguntungkan Usaha Tusuk Sate

Bisnis Mudah Dan Menguntungkan Dengan Usaha Tusuk SateBicara soal peluang dari usaha sate ayam dan sate kambing memang tidak ada habisnya. Potensi ini sangat besar selaras dengan tingginya minat pasar akan kuliner satu ini. Bahkan di beberapa daerah dengan mudah kita jumpai sate dengan ragam rasa, olahan dan ramuan khas yang membuat kuliner satu ini semakin digemari.

Tahukah Anda dibalik gemilang dari usaha sate tadi, terdapat peluang bisnis mudah dan menguntungkan yang layak menjadi pilihan Anda. Peluang bisnis tersebut adalah usaha produksi tusuk sate. Usaha tusuk sate merupakan salah satu cara membuka usaha dengan modal kecil. Tidak hanya itu, usaha satu ini terbilang memiliki potensi besar. Terbukti dari banyaknya pelaku usaha yang berhasil mencatatkan keuntungan hingga lebih dari 20 juta tiap bulan.

Keberhasilan ini dibuktikan oleh seorang pelaku usaha tusuk sate dari Malang bernama Andi Febrianto. Pria ini mengaku memulai usahanya sekitar 8 tahun lampau dengan bermodal sekitar 20 jutaan, kini beliau mampu memproduksi tak kurang dari 2 ton tusuk sate dari bahan bamboo setiap minggunya. Dari jumlah itu setidaknya Andi bisa mencatatkan omset hingga 50 jutaan perbulan dengan perkiraan margin mencapai kisaran 20%.

Tusuk sate yang diproduksi oleh Andi dengan dibantu setidaknya 2 karyawannya ini tidak hanya dijual di kawasan Malang saja. Pasar Andi sudah menyebar hingga Jakarta, Yogya dan sesekali sampai ke kawasan Sulawesi  dan Ternate.

Kisah serupa juga kami dapatkan dari seorang pelaku usaha sate bernama Syaiful yang sudah mengeluti bisnis mudah dan menguntungkan ini sejak tahun 2010. Dengan kapasitas produksi lebih besar mencapai 3,5 ton perminggunya, Syaiful jelas berhasil menorehkan keuntungan lebih besar dengan hasil bersih sekitar 18 jutaan perbulan.

Syaiful mengaku tak kesulitan mendapatkan suplai bambu, karena justru ide usaha ini terbit dalam pikirannya sejak menyadari bagaimana kawasannya tinggal di Sidoarjo merupakan penghasil bambu berkualitas dengan kuantitas yang tinggi.

Bisnis mudah dan menguntungkan ini dikatakan mudah karena proses usahanya terbilang sederhana dan tidak membutuhkan kemahiran tinggi. Seluruh proses pembuatan memanfaatkan mesin pembuat tusuk sate yang sepaket harganya berkisar antara 20 – 30 jutaan. Dan untuk lebih jelasnya berikut ini adalah informasi mengenai bagaimana memulai usaha dan cara berbisnis dengan modal kecil melalui usaha tusuk sate.

  1. Siapkan peralatan pembuatan tusuk sate
    Untuk membuat tusuk sate, Anda membutuhkan seperangkat peralatan atau mesin khusus untuk membuat tusuk sate. Untuk mesin dengan sistem manual yang terdiri dari mesin potong bambu, mesin pembuat stik, mesin pemotong stik, oven, mesin penghalus dan peruncing, dibutuhkan modal sekitar 20 – 30 jutaan. Sedang untuk mesin yang sepenuhnya otomatis, Anda akan menghabiskan modal sekitar 50 jutaan.
  2. Siapkan suplai bahan baku
    Bahan baku dari tusuk sate adalah bambu. Sebaiknya siapkan sumber bahan baku yang siap memenuhi kebutuhan suplai bambu Anda sesuai kapasitas usaha. Jangan sampai usaha Anda harus mandek hanya karena Anda tidak memiliki cukup bahan baku untuk memenuhi target produksi. Perhatikan juga kualitas suplai bambu yang masuk. Karena bambu yang digunakan sebagai bahan baku tusuk sate harus berusia matang tetapi belum terlalu tua supaya lebih mudah untuk Anda proses.
  3. Siapkan pasar
    Selain memastikan suplai bambu yang terpenuhi dan produksi yang baik, penting pula untuk memastikan produk Anda mampu diserap oleh pasar. Beberapa pelaku usaha produksi tusuk sate biasanya memilih untuk memasuki pasar dengan bekerja sama dengan pemasok tusuk sate di pasar-pasar besar. Beberapa pelaku usaha yang lain memilih menjadi suplai tusuk sate untuk usaha sate berskala restoran atau rumah makan.  Untuk meningkatkan nilai jual ada baiknya untuk mengemas tusuk sate produksi Anda dalam kemasan bersegel sehingga terkesan lebih berkualitas.
  4. Proses produksi
    Pahami dengan baik bagaimana proses produksi seharusnya Anda jalankan untuk membuat tusuk sate. Mulai dari proses pemotongan, pembentukan stik lengkap dengan ukurannya, sampai pengeringan dan penghalusan. Ukur dengan tepat jumlah bahan baku yang Anda butuhkan. Menurut kedua pelaku usaha diatas, setidaknya dari 1.5 ton bambu bisa diperoleh 1 ton tusuk sate ukuran 2 sampai 3 milimeter dengan panjang kisaran 20 cm. Sedang pada sisa potongan kecilnya, bisa diolah menjadi tusuk sate untuk dagangan makanan kecil anak-anak dengan panjang 15 cm. Biasanya jenis terakhir ini dijual dengan harga lebih murah dari tusuk sate ukuran besar. Tentukan pula jumlah tenaga kerja yang Anda butuhkan, biasanya Anda akan membutuhkan lebih banyak tenaga kerja pada usaha dengan mesin manual ketimbang dengan mesin otomatis.

Itu tadi panduan dalam menjalankan bisnis mudah dan menguntungkan dalam bidang usaha tusuk sate. Ternyata dari balik potensi besar usaha kuliner sate, tersimpan potensi usaha yang tidak kalah menarik dan menjanjikan, salah satunya usaha tusuk sate.

sumber gambar: medanbisnisdaily.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bisnis Mudah Dan Menguntungkan Usaha Tusuk Sate

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bisnis Mudah Dan Menguntungkan Usaha Tusuk Sate