Bisnis Menguntungkan Dengan Modal Kecil Dengan Agribisnis Melati Gambir

Bisnis Menguntungkan Dengan Modal Kecil Dengan Agribisnis Melati GambirBisnis menguntungkan dengan modal kecil berikut ini sangat cocok untuk dikembangkan di pedesaan. Bisnis agro memang selalu memiliki potensi yang tidak ada redupnya. Meski teknologi semakin modern, faktanya permintaan terhadap produk agro tak menunjukan tanda akan surut. Malah seiring perkembangan  teknologi tersebut, bisnis agro mengalami peningkatan permintaan yang signifikan. Sangat menarik, karena pada umumnya bisnis agro cenderung membutuhkan modal kecil.

Itulah alasan kami mencoba menemukan ide bisnis menguntungkan dengan modal kecil dalam bidang agro. Dan bisnis agro pilihan kami kali ini, yakni bisnis budidaya tanaman melati gambir ternyata sangat menarik untuk kita ulas lebih dalam sebagai salah satu wujud bisnis menguntungkan dengan modal kecil.

Pada masa lalu kebanyakan orang mengenal tanaman melati sekedar sebagai tanaman hias dengan aroma yang harum semerbak. Namun belakangan trend dan teknologi industri produk konsumsi meningkatkan permintaan bunga melati gambir hingga bunga melati ini sangat layak untuk Anda kembangkan sebagai usaha budidaya yang profesional.

Sebenarnya sejak dulu, bunga melati gambir memang kerap dimanfaatkan secara tradisional sebagai penambah aroma pada berbagai sajian termasuk teh dan juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku pewangi dan parfum. Melati gambir memang berbeda dengan jenis melati hias pada umumnya, kelopaknya cenderung lebih tipis sehingga tidak cocok menjadi rangkaian bunga hias, tetapi melati gambir memiliki aroma yang jauh lebih kuat dari melati varietas lain.

Baca juga: Cara Bisnis Kecil-Kecilan Yang Menguntungkan

Dari sinilah kemudian kini berkembang permintaan cukup besar terhadap bunga melati gambir segar untuk industri pembuatan minuman teh baik itu teh serbuk sampai minuman teh kemasan botol. Permintaan bunga melati gambir dari industri kimia produsen perawatan rumah tangga sampai produsen parfum kelas premium juga berkembang sangat pesat.

Tingginya permintaan bunga melati gambir diakui oleh salah seorang pelaku budidaya tanaman bunga melati gambir dari daerah Garut, bernama Irman Suratman. Dengan lokasi di perbukitan dengan suhu udara yang relatif rendah memang menjadikan lokasi ini sangat cocok untuk budidaya tanaman bunga melati gambir. Irman pun tak ragu untuk mengembangkan bisnis menguntungkan dengan modal kecil dengan budidaya bunga melati gambir.

Menurutnya bunga melati gambir itu sangat menguntungkan, dengan memanfaatkan lahan miliknya seluas 1,5 hektar sebagai perkebunan bunga melati gambir, kini dalam satu bulan usaha Irman bisa memproduksi melati gambir hingga 4 kwintal. Sementara harga perkilo bunga melati gambir segar mencapai 20 ribuan yang artinya setidaknya usaha ini bisa menghasilkan omset bulanan sekitar 8 juta perbulan.

Selama ini Irman menjual melati gambirnya pada salah satu produsen minuman teh di kota Garut. Menurutnya permintaan melati gambir dari produsen teh tersebut sendiri bisa mencapai belasan ton tiap bulan. Dan untuk memenuhi kebutuhan ini produsen teh ini sampai menarik suplai bunga melati gambir dari berbagai kota di kisaran Jawa Barat.

Kisah lain datang dari pelaku usaha pertanian asal kawasan perbukitan Tegal bernama Sunaryo yang juga menggeluti bisnis melati gambir di samping bisnis perkebunan teh yang dijalankannya. Lokasi berdekatan dengan pusat industri pembuatan teh memudahkannya mendapatkan permintaan. Dalam 1 bulan, beliau mengaku bisa menghasilkan omset hingga 7 – 10 jutaan hanya dari penjualan melati gambir.

Malah rencananya beliau ingin menambah lagi kapasitas produksinya karena mengincar pasar dari produsen parfum yang juga banyak muncul di sentra pertanian melati di kotanya. Konon menurut Sunaryo permintaan melati gambir sendiri juga cukup tinggi di pasar manca, hanya saja memang tidak semarak pamor dari produk pertanian lain.

Yang menarik mengenai bisnis menguntungkan dengan modal kecil ini, adalah modal awalnya yang relatif kecil. Menurut salah satu pengusaha bibit melati gambir asal Bogor bernama Alex Amsory, harga bibit tanaman bunga melati gambir relatif murah, apalagi bila permintaan datang dalam partai besar. Harga eceran untuk ukuran  30 cm sekitar Rp 3.500 saja, sedang harga grosirnya bisa mencapai Rp 2.500 untuk 1000 bibit.

Baca juga: 8 Bisnis Yang Menguntungkan Dan Potensial Dari Dunia Peternakan

Masih menurut Alex Amsory, bisnis bibit melati gambir juga sama menguntungkannya dengan bisnis budidaya partai besar sebagaimana yang dikembangkan di Pamengpek. Karena menurutnya tanaman melati gambir sangat mudah untuk dikembang biakan, cukup dengan teknik stek dan sudah bisa menghasilkan cukup banyak bibit. Dalam satu bulan setidaknya Alex bisa menghasilkan sekitar 4000 bibit melati gambir siap tanam.

Siapa yang sangka tanaman yang selama ini banyak dikenal sebagai tanaman hias pewangi pekarangan rumah, ternyata mendapat cukup banyak perhatian di pasar. Dan bisa berkembang menjadi satu ide bisnis menguntungkan dengan modal kecil.

sumber gambar: antarafoto.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bisnis Menguntungkan Dengan Modal Kecil Dengan Agribisnis Melati Gambir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bisnis Menguntungkan Dengan Modal Kecil Dengan Agribisnis Melati Gambir