Bisnis Makanan Dan Minuman Paling Gampang

Bisnis Makanan Dan Minuman Paling GampangBisnis makanan dan minuman akan tetap menjadi bisnis yang menguntungkan. Siapa di dunia ini yang “tidak doyan” makan dan minum? Jawabnya, jika ada yang tidak doyan, maka dia patut dipertanyakan. Orang gila saja doyan makan, apalagi kita yang sehat fisik dan jiwanya. Seorang penjual makanan pun tetap doyan makan. Karena biasanya sesama pelaku bisnis makanan dalam menjajakan bisnisnya saling bertukar produk masakannya, termasuk juga bisnis minuman. Dari hipotesa faktual inilah kita bisa mendeklarasikan bahwa bisnis makanan dan minuman adalah bisnis yang paling gampang dimulai dan tahan krisis, karena tidak mengenal usia, pendidikan dan status sosial.

Baca juga: Optimalkan Pemanfaatan Internet Pada Bisnis Makanan Online

Bisnis Makanan Dan Minuman Selalu Menguntungkan

Bisnis makanan dan minuman merupakan bisnis yang selalu menguntungkan, bisnis ini identik dengan bisnis UKM. Meskipun jenis bisnis ini berlabel “KM” – Kecil Menengah, namun tidak menjadikan ciut mental para pelakunya. Tidak jarang pelaku bisnis yang sudah matang dan sukses bahkan bergelar milyarder terus mencoba mengekspansi bisnisnya dengan membuka bisnis UKM dengan inovasi dan kreasi produknya. Bisnis UKM yang paling banyak diminati dan menjadi trend bisnis 2016 ini adalah masih seputar bisnis makanan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis makanan berlaku pernyataan umum “cocok di lidah kenyang di perut”. Kesepakatan ini mengisyaratkan bahwa makanan akan menjadi kejaran dimanapun jauhnya, sepanjang rasa dan selera cocok dengan lidah konsumen apalagi jika yang dijajakan adalah jenis menu makanan pokok.

Membincang bisnis makanan kita sudah terbiasa dipopulerkan dengan brand kuliner “Nasi Padang, Warteg, Sate Madura, Soto Lamongan”. Apa rahasia kekuatan dan eksistensi brand tersebut? Rahasianya sudah bisa kita lihat, yakni mendekatkan kepada konsumen dengan pendekatan emosional etnisitas. Kekhasan daerah/kota istimewa selalu diikutkan dalam mendagangkan produk makanannya. Emosional etnisitas ini ternyata mempengaruhi selera makan dan kecocokan pilihan makanan. Kita juga bisa melihat jajanan minuman; dawet ayu, wedang rondhe, bandrex, teh tarek, the obeng, dan kuliner minuman lainnya, semuanya mendekatkan pada emosional etnisitas.

Jajanan kuliner merupakan bisnis yang prospektif bagi anda yang punya hoby memasak atau menyayur. Jika anda pandai memasak dan hoby mengolah inovasi masakan baru sangat cocok menggeluti bisnis makanan. Tentunya semua prosesnya harus melalui ketekunan dan semangat berbisnis. Bisnis makanan dan minuman akan terus menjadi trend bisnis sepanjang massa, karena ini merupakan paduan antara jasa dan produk nyata. Bisnis makanan akan selalu menjadi idola para konsumen muda mudi, apalagi jika konsep bisnisnya menyatu dengan lokasi wisata atau pusat keramaian. Namun inipun tidak menjadi jaminan, karena kedai makanan yang lokasinya jauh dari keramaian pun dapat ramai dikunjungi orang jika rasa dan sajiannya dikenal enak dan lezat.

Marketing Waralaba Bisnis Makanan Dan Minuman

Rasa masakan yang enak, cocok di lidah, sajian yang higienis dan unik akan menjadi kejaran konsumen dimanapun. Tapi perlu diingat untuk menjadikan produk masakannya laris manis memerlukan teknik marketing yang terencana dan publikasi yang massif dengan berbagai media. Salah satu teknik memasarkan produk makanan yang paling efektif dan dahsyat adalah dengan menerapkan sistem waralaba (franchise). Untuk memahami apa itu franchise dan mempraktikkannya memerlukan sharing bisnis dan membangun jaringan bisnis dengan sesama pelaku bisnis kuliner.

Jika anda punya tips memasak yang berbeda dan khas, maka punya peluang untuk membuka waralaba murah (franchise) produk makanan yang anda olah. Jika anda ingin memiliki usaha franchise makanan, giatlah browsing internet dan sharing lapangan dengan berkunjung ke lokasi wisata kuliner, disana anda bisa mensurvey dan membandingkan jajanan yang satu dengan yang lain bahasa gaulnya “cicip-mencicip” masakan orang lain. Kenapa anda mensurvey dan membandingkannya? Karena dipastikan anda sudah bisa mengolahnya, dan anda akan bikin sendiri kemudian dibuatlah branding masakan khas anda, kemudian sajikan dan kemas makanan olahan tersebut yang seunik mungkin.

Produk masakan yang sudah siap makan sama dengan siap jual, lakukan penjualan baik direct selling dari mulut ke mulut maupun melalui sebar leaflet/brosur produk. Sambil memasarkan langsung ke kerabat dan tetanga, anda bisa berpikir membuat peraturan kanggotaan sistem franchise. Jika syarat dan peraturan franchise telah dibuat, maka saatnya anda memasarkannya secara online, buatlah blog gratisan dulu atau langsung membeli domain berbayar untuk sarana marketing nasional. Dengan itulah anda menjadi owner franchise yang siap Go Nasional.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai bisnis makanan dan minuman. Semoga dapat memberikan informasi dan menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat, terimakasih. Salam sukses.

sumber gambar: suhedribusli.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bisnis Makanan Dan Minuman Paling Gampang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bisnis Makanan Dan Minuman Paling Gampang