Bisnis Ibu Rumah Tangga Yg Menjanjikan Sebagai Penjual Sayuran Segar

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yg Menjanjikan Sebagai Penjual Sayuran SegarKali ini Sahabat PoBis akan saya suguhi ide bisnis ibu rumah tangga yg menjanjikan sebagai penjual sayuran segar. Banyak ibu rumah tangga yang sebenarnya sangat berhasrat untuk memulai sebuah bisnis kecil-kecilan yang menguntungkan. Namun sering kali terbentur banyak rintangan seperti urusan permodalan dan keterbatasan mereka dengan waktu. Sebenarnya yang perlu Anda temukan adalah bisnis rumah tangga yang menjanjikan struktur permodalan kecil, waktu pengelolaan yang pendek dan tentu saja hasil yang cukup memuaskan.

Dan salah satu ide menarik yang bisa Anda jajal untuk sebuah bisnis ibu rumah tangga yg menjanjikan adalah usaha penjualan sayuran segar. Bisnis ini bisa Anda mulai dengan modal yang cenderung kecil dan tidak memakan waktu yang pengelolaan yang lama. Usaha ini juga cukup mudah Anda jalankan terutama karena Anda sebagai ibu rumah tangga sudah pasti cukup memahami seluk beluk bahan makanan dan sayuran.

Usaha satu ini jelas sangat cocok untuk Anda jalankan di rumah Anda tanpa harus meninggalkan rumah terlalu lama. Juga sangat tepat dikembangkan di kawasan pemukiman penduduk mengingat pasar Anda juga keluarga dan rumah tangga yang tiap harinya membutuhkan ketersediaan bahan sayuran untuk sajian harian mereka di rumah.

Baca juga: Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Dengan Usaha Rias Pengantin

Usaha ini juga tidak membutuhkan modal besar, menurut salah seorang pelaku usaha penjualan sayuran segar ini di daerah Yogyakarta bernama Ibu Sri Mulyani, tiap harinya beliau harus menyediakan modal sekitar 800 ribu sampai 1 juta untuk membeli aneka sayuran, bumbu, makanan siap saji, aneka makanan instant, minuman kemasan, bumbu siap pakai kemasan, sembako dan aneka bahan lauk mulai dari tempe, tahu dan aneka jenis daging sampai jenis seafood.

Untuk memenuhi kebutuhan warung miliknya, Ibu Sri harus belanja di pagi buta sekitar pukul 4 pagi dan mulai menata kedainya sejak jam 6 pagi. Dengan hanya menunggu para tetangga datang berkunjung ke warungnya, dagangan sayuran dan bahan makanan ini sudah habis dalam tempo 5 jam saja. Itu artinya bisnis ini hanya membutuhkan waktu pengelolaan sekitar 7 jam saja dengan 5 jam cukup dikerjakan dengan menunggu warung di rumah.

Potensi dari bisnis ibu rumah tangga yg menjanjikan ini bisa Anda lihat dari besaran keuntungan yang didapat oleh ibu Sri per harinya yang mencapai kisaran 20% dari total omset hariannya. . Artinya dalam 1 bulan saja Ibu Sri sudah mengantungi untung sekitar 6 jutaan. Padahal untuk membuka usahanya, beliau hanya memakan modal sekitar 1 juta untuk membuat rak-rak kayu buatan sendiri.

Menurut ibu Sri untuk bisa mengembangkan bisnis ibu rumah tangga yg menjanjikan ini memang tetap diperlukan strategi khusus. Pasalnya, diakuinya persaingan dalam bisnis ini bisa cukup ketat, karena di kawasan perumahan seperti tempatnya tinggal saja sudah terdapat beberapa penjual sayuran segar seperti dia, hanya bedanya mereka berkeliling sedang Bu Sri memilih membuka warung di rumahnya.

Strategi Bisnis Ibu Rumah Tangga Yg Menjanjikan Sebagai Penjual Sayuran Segar

Beberapa strategi yang dijalankan oleh Bu Sri Mulyani dengan usaha penjualan sayuran segarnya adalah.

  • Sediakan budget untuk membeli kulkas dengan daya tampung besar.
    Ini akan sangat membantu melakukan efisiensi biaya seperti menyimpan sisa bahan dengan lebih tahan lama serta menampung stok daging dengan awet. Anda bisa membeli beberapa bahan dalam jumlah lebih banyak dan menyimpannya di dalam lemari pendingin, biasanya dengan membeli lebih banyak sekaligus Anda bisa mendapat harga beli lebih murah.
  • Selalu komunikatif dengan konsumen
    Pahami dengan baik gaya dan selera kuliner konsumen Anda. Di beberapa daerah masakan seafood kurang digemari sehingga perputarannya cenderung lambat, hindari membeli terlalu banyak bila demikian kondisinya karena akan menimbulkan resiko busuk bila terlalu lama tersimpan. Tetapi di daerah lain permintaan sayuran unik seperti bayam merah, lettuce, asparagus justru lebih tinggi sehingga sebaiknya mencari akal untuk menemukan supplier skala kecil untuk Anda sehingga dapat menarik pasar lebih baik.
  • Jual produk siap jadi
    Beberapa penjual sayuran dan bahan makanan juga bisa menambahkan penghasilan mereka dengan membuat olahan makanan berbumbu siap olah. Misalkan ayam bumbu, nugget rumahan, daging bumbu dan lain sebagainya. Di lingkungan perumahan padat, permintaan kana produk ini cukup tinggi dari kalangan keluarga dengan ibu yang juga berkarier di luar rumah.
  • Menyediakan sistem pembayaran bulanan
    Banyak konsumen yang memiliki sumber pendapatan bulanan, sehingga akan sangat terbantu bila mereka bisa berbelanja dengan model pembayaran bulanan sesuai dengan tanggal gajian mereka. Ini akan mengikat konsumen untuk tetap membeli pada Anda karena layanan tambahan semacam ini.

Itulah beberapa informasi terkait bisnis ibu rumah tangga yg menjanjikan Anda hasil memuaskan, modal relatif kecil dan waktu yang singkat dalam pengelolaan. Apakah menurut Anda bisnis ini juga menjanjikan untuk Anda jalankan?

sumber gambar: anikina.wordpress.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yg Menjanjikan Sebagai Penjual Sayuran Segar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yg Menjanjikan Sebagai Penjual Sayuran Segar