Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan: Rias Pengantin

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Dengan Usaha Rias PengantinPasangan pengantin pasti ingin tampil anggun bak raja dan ratu di hari pernikahan. Para perias pengantin lah yang membuat wajah mereka terlihat berkilau di atas pelaminan. Meski tidak setiap hari ada hajatan pernikahan, namun prospek bisnis perias pengantin sangat menjanjikan. Bahkan bisnis rias pengantin ini bisa jadi bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan.

Demi hari istimewa pernikahan, kaum perempuan rela bersusah payah mempercantik diri sejak jauh hari dengan aneka perawatan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Apalagi ketika hari H, tampil cantik maksimal menjadi satu keharusan.

Meski hanya berlangsung beberapa jam, riasan pengantin di hari pernikahan membutuhkan persiapan ekstra dan ketrampilan khusus. Maklum, si pengantin harus terlihat cantik dan segar, meski berdiri berjam-jam bersalaman dan menyapa semua tamu undangan.

Sehingga riasan pengantin sangat berbeda dengan riasan sehari-hari. Apalagi bila mengenakan pakaian adat, riasan pengantin harus menyatu dengan nilai-nilai tertentu agar menyatu dengan pakaian adat dan sesuai dengan kaidah adat bersangkutan.

Peluang usaha rias pengantin ini merupakan bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan yang layak untuk Anda bidik. Merias pengantin tidak bisa dilakukan sembarangan, harus dilakukan oleh profesional. Karena para perias ibaratnya melukis di atas kanvas wajah. Namun ibu rumah tangga seperti Anda juga dapat memulai bisnis rias pengantin ini, karena prospek yang dimiliki sangat menjanjikan.

Perias pengantin tidak sekedar merias wajah pengantin pada hari H. Sebelumnya perias sudah bertemu dan berdiskusi untuk mengetahui tema dan kepribadian pengantin. Jadi tidak sekali datang, minimal dua kali pertemuan. Kedekatan emosional antara perias dengan pengantin juga memberi pengaruh agar hasil riasan bisa memancarkan kecantikan pribadi sang pengantin. Menjelang hari H biasanya pengantin stres, jadi perias harus bisa membuat nyaman pengantin.

Perias pengantin secara efektif hanya bekerja selama dua hari, yaitu di akhir pekan, jadi tidak akan mengganggu tugas Anda sebagai ibu rumah tangga. Biasanya bukan hanya pengantin saja yang dirias. Kedua orang tua mempelai, para pengiring dan penerima tamu biasanya juga membutuhkan riasan. Jadi, meski hanya bekerja di akhir pekan, pekerjaan para perias pengantin ini terbilang banyak.

Hal ini berimbas pada rejeki yang diperoleh dari usaha rias pengantin ini cukup melimpah. Tari Hartono, salah seorang perias pengantin mengaku mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari rias pengantin dibanding salon umum. Dulu dia pernah membuka usaha salon umum, sebelum akhirnya fokus mengelola salon rias pengantin.

Sekedar perbandingan, Tari mengantongi omset Rp 15 juta per bulan dari usaha salon rias pengantin. Itu omset ketika sepi order, jika ramai tentu saja lebih. Sementara omset salon umum paling banyak hanya separuhnya, sekitar Rp 7,5 juta per bulan.

Yuyuk Endi, perias tradisional sanggar Paras Ayu Jogja menambahkan, tarif itu bisa bertambah tergantung pada jumlah orang yang dirias, jenis make up, dan merek kosmetik yang dipilih. Apalagi kalau si pengantin mengganti riasannya untuk setiap acara ritual yang dilakoninya. Misalnya, ritual adat Jawa meliputi siraman, malam midodareni, akad nikah, dan resepsi.

Nah, semakin sering pengantin dirias, tarifnya tentu akan makin besar. Merias pengantin bukanlah pekerjaan cepat, tak jarang tim perias harus datang subuh agar pengantin siap saat resepsi pada siang harinya.

Dari total omset bisnis rias pengantin dapat meraup untung bersih antara 50% hingga 70%. Biaya operasional digunakan untuk membayar asisten dan belanja produk kosmetik. Nilai untuk belanja kosmetik cukup tinggi, bisa mencapai 70% dari total belanja modal. Untungnya, produk kosmetik itu tidak langsung habis sekali pakai. Penghematan belanja kosmetik tentu akan berimbas baik bagi profit bisnis. Dalam hal ini penghematan dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan produsen kosmetik untuk memasok kebutuhan riasan.

Belanja kosmetik tidak dilakukan setiap bulan. Biasanya dalam bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan ini, perias hanya melakukan belanja kosmetik dalam dua atau tiga bulan sekali. Dengan nilai belanja kosmetik sekitar Rp 3 juta untuk produk kosmetik lokal. Belanja bulanan untuk produk sekali pakai hanya sekitar Rp 1 juta saja.

Memulai Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan Dengan Usaha Rias Pengantin

Modal awal yang diperlukan untuk bergelut dalam bidang bisnis ini sekitar Rp 5 juta. Modal tambahan lain adalah ketrampilan tata rias wajah. Ketrampilan ini dapat diperoleh dengan mengikuti kursus tata rias wajah. Atau dapat juga dilakukan dengan magang terlebih dahulu pada penata rias senior.

Pengalaman dalam merias menjadi hal penting bagi Anda jika ingin memulai usaha rias pengantin ini. Selain itu Anda juga harus mengembangkan jaringan. Jaringan distribusi akan memudahkan Anda dalam mendapatkan kosmetik dengan harga yang bersaing. Jaringan pemasaran akan memperluas jangkauan bisnis Anda, semakin banyak orang mengenal Anda semakin banyak order rias pengantin Anda dapatkan.

Biaya promosi saat merintis bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan ini harus dianggarkan secara khusus. Dengan asumsi belum dikenal sama sekali, maka Anda harus melakukan promosi ekstra, salah satunya dengan melakukan promosi iklan di media cetak. Pilih media cetak lokal, karena biaya promosi akan lebih murah dibanding media nasional. Juga pilih hari tertentu untuk beriklan agar iklan Anda lebih efektif.

Disamping itu Anda juga harus memanfaatkan pemasaran online, terutama dengan menggunakan social media. Karena sifat viral dari social media akan sangat membantu bisnis Anda agar cepat dikenal.

Dari semua itu, iklan yang paling efektif adalah promosi yang dilakukan oleh mantan klien, atau istilahnya word of mouth, marketing dari mulut ke mulut. Karena itu, kepuasan pelanggan menjadi hal yang sangat penting dan harus dijaga agar bisa bertahan dalam bisnis rias pengantin ini. Bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan jenis ini tidak akan pernah lekang oleh jaman.

Semakin lama Anda menggeluti bisnis ini, nama Anda akan semakin dikenal. Jam terbang makin tinggi bukan hanya membuat Anda makin luwes dalam merias, namun juga membuat nama Anda makin besar dalam bidang rias pengantin. Untuk mempercepat proses publikasi atau personal branding, sering-seringlah mengikuti lomba tata rias.

Jurus selanjutnya setelah Anda dikenal dan memiliki pangsa pasar adalah menjaga kepercayaan konsumen dan menjaga jalannya bisnis dari derasnya arus persaingan. Salah satunya adalah dengan melakukan inovasi dan selalu update terhadap tren rias terbaru.

Itulah tadi ide bisnis ibu rumah tangga yang menjanjikan yang patut dipertimbangkan jika Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin membuka usaha sendiri.

sumber gambar: solopos.com

Artikel Bisnis Pilihan

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan: Rias Pengantin

3 COMMENTS

  1. Perkenalkan nama saya yiyin yuliatin …..alhamdulillah dengan semua artikel yang aku baca menjadikan aku lebih berwawasan …dan alhamdulillah sebagai seorang perias pengantin sangat membantu buat keluarga kecilku semoga berkah aminnnnn

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Bisnis Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan: Rias Pengantin